10 Arcade Game Terpopuler

Bagi yang lahir di era 80 dan 90-an pasti sangat mengenal arcade game, di Indonesia lebih familiar dengan istilah ‘dingdong’. Arcade game berupa mesin game lengkap dengan monitor beserta controller dan hanya menampilkan satu game saja. Untuk memainkannya cukup dengan memasukan koin ke dalam mesin tersebut, dan dalam satu tempat biasanya terdapat banyak mesin arcade game dengan berbagai macam genre game. Pada masanya, arcade game sangat terkenal, ini merupakan salah satu tempat favorit anak-anak era tersebut menghabiskan hari-harinya dengan bermain game. Mereka bisa menghabiskan banyak koin, dan biasanya para orang tua akan menjemput dan menyuruh anaknya untuk pulang. Ayo, siapa yang pernah mengalami kejadian seperti itu?

Dari ribuan game arcade, ada beberapa yang sangat populer, saking populernya biasanya ada antrian panjang untuk memainkannya. Agar menambah nostalgia kalian, #TrueTues kali ini kami berikan 10 game arcade terpopuler yang pernah ada.

10. Donkey Kong

donley-king

Donkey Kong ini dirilis oleh Nintendo pada tahun 1981. Permainan ini merupakan contoh awal dari genre game platform. Isi dari permainan ini berfokus pada tokoh utama yang melakukan manuver di serangkaian platform, menghindari dan melompati rintangan. Dalam permainan, Jump Man (yang kemudian dikenal sebagai Mario Bros) harus menyelamatkan seorang putri yang sedang diculik oleh kera raksasa bernama Donkey Kong. Memiliki empat level dengan tingkat kesulitan berbeda, Donkey Kong merupakan game yang paling kompleks pada masanya. Game ini tercatat sebagai salah satu judul penting di masa Golden Age of Arcade Game, dan menjadi salah satu game arcade populer sepanjang masa.

9. 1942

1942

1942 adalah game dengan genre shoot ’em up yang dibuat oleh Capcom di tahun 1984. Ini adalah seri game 19xx pertama, Setelah itu diikuti oleh seri terbaru “1943: The Battle of Midway”. Game ini mengambil set di laut pasifik dan mengambil latar Perang Dunia ke II. Tujuannya adalah untuk mencapai Tokyo dan menghancurkan seluruh armada udara Jepang. Dengan grafik vertikal yang bergerak, pemain diberikan satu pesawat yang bisa berubah amunisinya untuk menghancurkan pesawat musuh.

8. Mortal Kombat

Mortal-Kombat-Arcade-Kollection

Mortal Kombat merupakan game dengan genre fighting yang pertama kali dirilis oleh Midway Game pada tahun 1992. Permainan ini berfokus pada perjalanan biarawan Liu Kang untuk menyelamatkan bumi dari kejahatan penyihir Shang Tsung, yang berakhir dengan konfrontasi mereka di turnamen yang dikenal dengan sebutan Mortal Kombat.

Dalam permainan, pemain akan melakukan pertarungan satu lawan satu dalam suatu arena. Petarung yang bisa mematikan lawan lebih cepat akan menjadi pemenangnya, hal tersebut bisa diukur dari health bar pada grafik game. Petarung yang telah memenangkan dua ronde terlebih dahulu akan memenangkan pertandingan. Pada setiap putaran terdapat batas waktu, jika kedua petarung belum ada yang mati ketika waktu habis, pemenang ditentukan dari petarung yang memiliki kesehatan yang paling baik.

Pemain bisa memilih tujuh karakter yang berbeda dalam Mortal Kombat ini. Apabila karakter dalam game fighting lain memiliki perbedaan yang cukup besar mengenai skill dan kecepatan, di Mortal Kombat karakter yang dihadirkan hampir identik satu sama lain. Mortal Kombat menjadi game terlaris dan menjadi salah satu game fighting paling populer dalam sejarah genre ini.

7. Space Invader

spaceinv

Space Invaders merupakan game yang dikembangkan oleh Tomohiro Nishikado dan dirilis tahun 1978. Awalnya game ini diproduksi dan dijual oleh Taito, namun kemudian berlisensi untuk diproduksi di Amerika Serikat oleh Midway. Space Invaders merupakan salah satu shooting game yang pertama kali hadir, misi dalam game ini adalah memusnahkan alien dengan meriam laser untuk mendapatkan poin sebanyak mungkin. Game ini merupakan pelopor video game modern dan membantu memperluas industri video game menjadi global industri.

6. Contra

contra-evolution-ios

Contra, dikenal sebagai Gryzor di Eropa dan Oceania, adalah run and gun action game yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Konami pada, 20 Februari 1987. Game memiliki latar tahun 2633, organisasi jahat Red Falcon telah menetapkan basis di Galuga, kepulauan dekat Selandia Baru, dengan tujuan menaklukkan dunia. Dua komando  Pfc. Bill Rizer dan Pfc. Lance Bean dari unit Contra (kelompok elit tentara yang mengkhususkan diri dalam perang gerilya), dikirim ke pulau tersebut untuk menghancurkan pasukan musuh dan mengungkap dalang dibaliknya.

Contra menampilkan beberapa perspektif bermain, yang mencakup sisi tampilan standar, pandangan pseudo-3D, (dimana pemain dapat menembak dan bergerak menuju latar belakang, di samping kiri atau kanan) dan format layar tetap (di mana pemain mengarahkan pistolnya ke atas secara default). Dua orang bisa bermain secara bersamaan, dengan satu pemain Bill (komando berambut pirang dengan tank top putih dan bandana biru), dan pemain lainnya Lance (komando berambut gelap bertelanjang dada dengan bandana merah). Pemain juga bisa menembak ke delapan arah, termasuk ke bawah, sambil melompat. Senjata default pemain adalah senapan dengan amunisi terbatas yang dapat ditingkatkan menjadi salah satu dari empat senjata lainnya. Game ini memiliki tujuh stage dengan tingkat kesulitan berbeda.

5. Warriors of Fate

number07

Warriors of Fate adalah game dengan genre beat-’em-up yang diproduksi oleh Capcom, dan pertama kali dirilis di tahun 1992. Game ini terdiri dari sembilan stage, dengan masing-masing terdapat musuh dengan jumlah besar seperti penombak, pemanah, dan lawan yang memegang bom, dan setidaknya ada satu Wei bos. Tiga pemain bisa bermain secara bersamaan dalam satu layar sekaligus. Setidaknya ada empat karakter yang bisa dipilih dengan skill dan keahlian masing-masing.

4. Cadillacs and Dinosaurs (Mustapha)

Cadillacs-and-Dinosaurs-gameplay

Cadillacs and Dinosaurs merupakan game rilisan Capcom tahun 1993 dengan genre beat-’em-up, dan merupakan adaptasi dari komik “Xenozoic Tales”. Pemain memilih satu dari empat karakter: Jack Tenrec (tipe balance) merupakan mekanik dan dukun, Hannah Dundee (tipe skill), seorang diplomat dan seorang penjelajah, Mustapha Kairo (tipe speed), teman Jack dan insinyur; Mess O’Bradovich (tipe listrik), memiliki masa lalu yang sulit dipahami, masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan mereka sendiri, serta serangan yang unik. Tiga pemain bisa bermain sekaligus dengan bos terakhir bernama Dr. Simon Fessenden.

Dalam Cadillac dan Dinosaurus pemain memiliki akses untuk mengeluarkan beberapa serangan. Setiap karakter memiliki dua skill khusus termasuk salah satunya yang bisa memperburuk kesehatan karakter pada saat kontak dengan musuh. Dan ketika dua atau lebih pemain bermain bersama, mereka dapat mengeluarkan serangan tim. Pemain juga dapat menemukan dan menggunakan senjata api, melemparkan senjata seperti batu dan bahan peledak, dan senjata jarak dekat.

Entah kenapa, di Indonesia game ini populer dengan sebutan ‘Mustapha’, mungkin karena karakternya lah yang sering digunakan pemain.

3. Captain Commando

captaincommando

Captain Commando adalah game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom di tahun 1991 dengan genre beat-’em-up. Beratar kota Metro di tahun 2026 dimana superhero bernama Captain Commando datang untuk membasmi kejahatan di kota tersebut. Dengan dibantu tiga sahabatnya, Jennety, Sho, dan Hoover, mereka bangkit untuk melindungi bumi dan galaksi dari sekelompok penjahat super.

Game ini memungkinkan dua, hingga tiga pemain bermain sekaligus tergantung pengaturan. Pemain dapat memilih satu dari empat ‘komando’ yaitu, Kapten, Jennety, Sho, atau Hoover. Terdiri dari sembilan tahap, dengan musuh yang bermacam-macam dan diakhir stage pemain akan berhadapan dengan bos. Pemain dapat melakukan berbagai kombinasi serangan sambil berdiri atau melompat, termasuk meraih musuh, serta serangan khusus.

Pemain bisa mengambil makanan untuk memulihkan kesehatan yang tersembunyi di dalam barel dan benda-benda lain untuk mengembalikan vitalitas mereka, serta barang-barang lainnya untuk meningkatkan skor dan bonus mereka. Senjata juga dapat diambil, seperti tiga jenis senjata api, serta senjata rahasia yang hanya bisa digunakan oleh Ginzu. Pemain juga bisa naik robot tertentu dan turun dari pengendara mereka dengan cara melompati robot. Robot memiliki ukuran vitalitas mereka sendiri dan jika mereka mengalami kerusakan, maka akan hancur. Ada tiga jenis robot dalam permainan: sebuah robot peninju, robot pelempar api, dan robot pembuat beku.

2. Pac Man

pacman-1

Pac Man merupakan game yang dirilis pertama kali di Jepang oleh Namco pada 22 Mei 1980. Lisensi diberikan kepada Midway untuk perilisan di Amerika Serikat, dan pada Oktober 1980 Pac Man merambah Amerika. Dalam game ini, pemain mengontrol Pac-Man untuk melalui labirin dan memakan semua pac-dots. Ketika semua pac-dots dimakan, pemain akan menuju level berikutnya. Empat musuh (Blinky, Pinky, Inky dan Clyde) berkeliaran labirin dan mencoba menangkap Pac-Man. Jika musuh menyentuh Pac-Man, kehidupan hilang dan Pac-Man akan mati. Ketika semua nyawa hilang, permainan berakhir.

Pac Man dianggap sebagai salah satu game klasik yang identik dengan tahun 80-an, dan menjadi salah satu budaya populer. Pac Man menjadi fenomena sosial kala itu, setelah rilis sejumlah merchandise yang berhubungan dengannya laku keras di pasaran.

1. Street Fighter II

streetfighter

Bisa disebut ini merupakan game ‘dingdong’ paling populer di jamannya, ya Street Fighter II. Game ini dirilis Capcom tahun 1991, merupakan sekuel kedua dari judul yang sama dirilis tahun 1987. Tak jauh berbeda dari pendahulunya, di sekuel kedua ini beberapa konvensi dan peraturan masih tetap sama.Pemain bertarung satu lawan satu dengan dua hingga tiga ronde dalam waktu yang ditentukan. Siapa yang berhasil menguras vitalitas lawan lebih cepat, itu yang akan menang. Game ini memiliki delapan karakter yang bisa dipilih yaitu, Ryu, Honda, Blanka, Guile, Ken, Chun-Li, Zangief, dan Dhalsim, semuanya memiliki skill masing-masing.

Keberhasilan Street Fighter II menandai booming fighting game di tahun 1990-an, yang membuat developer lain berlomba-lomba membuat game serupa, hingga membuat waralaba game fighting mereka sendiri. Tercatat, di tahun 1994 permainan ini telah dimainkan oleh 25 juta orang Amerika. Street Fighter II menjadi game terlaris dan memorable hingga saat ini.

Itulah Crowds, beberapa arcade game yang pernah populer pada masanya. Kamu sering memainkan yang mana Crowds?

*Diolah dari berbagai sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *