10 Best Murals of 2014

Sepanjang tahun 2014 banyak mural dibuat di berbagai belahan dunia dengan berbagai ciri khas dan keunikannya masing-masing. Dari sekian banyak mural yang ada, beberapa diantaranya sangat memorable dan ikonik. Tantangan yang dihadapi para street artist saat ini adalah menemukan spot yang pas bagi mural mereka. Dengan berbagai pembangunan dimana-mana, para seniman kehilangan tempat bagi lukisan-lukisan mereka.

Satu hal yang paling menonjol dari mural-mural terbaik di tahun 2014 adalah penempatan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, yang ada di benak para seniman adalah bagaimana memanfaatkan dinding beton yang terbatas tetapi menghasilkan karya yang maksimal. Dalam list ini, mural tidak hanya sebagai karya namun menampilkan visi unik dan sarat pesan. Inilah kesepuluh mural terbaik yang ada di 2014.

ROA

roa

Lokasi: Gambia

Dengan rimbun dedaunan dan dinding yang tertutup kotoran, kamu pasti terbayang bahwa tempat tersebut merupakan tempat nyamuk berkumpul. Pemandangan sekitar berupa rumah yang tak terawat sangat pas untuk ROA menggambar sebuah nyamuk berukuran besar berwarna hitam putih. ROA kali ini menonjolkan unsur-unsur alam Gambia. Ia memang dikenal selalu menggambar binatang asli di tempat yang dikunjunginya.

Borondo

borondo

Lokasi: London, Inggris

Borondo menemukan metafor yang sempurna di lokasi ini. Dinding tembok yang bersebelahan langsung dengan sungai. Disini ia menggambar wajah dari Narcicuss dengan terbalik, yang apabila dilihat dari genangan air akan membentuk wajah dengan posisi yang benar. Hal ini merupakan metafora, dimana Narcicuss yang jatuh cinta kepada bayangannya, namun ia tenggelam bersama hal tersebut.

M-City

m-city

Lokasi: Istanbul, Turkey

Mural ini mengangkat tema apokaliptik dan sci-fi. M-City menggunakan warna khasnya yaitu hitam dan putih seperti pada karya-karya ia lainnya. Bercerita tentang spacecraft atau kapal luar angkasa yang sedang menculik mobil-mobil.

Shepard Fairey

obey

Lokasi: New York

Dalam karyanya ini ia menyampaikan pesan yang optimis dengan citra grafis yang tajam. Ia sengaja mencari lokasi dengan view yang mudah dilihat, dan ia menemukannya di Manhattan. Oleh karena itu, karyanya membantu untuk mendorong pesan yang dapat mencerahkan hari setiap orang yang melihatnya. Shepard Fairey dibantu oleh The L.I.S.A Project yang sengaja mencari spot-spot langka bagi dirinya.

Bicicleta Sem Freio

bicicleta

Lokasi: Las Vegas

Kadang-kadang mural tidak perlu menampilkan suatu pesan apapun. Tujuan dibuatnya mural ini hanya untuk menyenangkan dan membawa kebahagiaan bagi masyarakat sekitar.  Hal itu ia tunjukan dengan penggunaan warna-warna cerah pada muralnya yang mengingatkan kita pada buku komik.

Nosego, Tatiana Suarez, Persue1

nosego

Lokasi: Isla Mujeres, Mexico

Sebagai bagian dari “PangeaSeed Sea Walls,” sebuah proyek untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan laut, tiga seniman ini menyelesaikan mural kecil yang mewakili karakter mereka masing-masing. Sejalan dengan tujuan proyek tersebut, Nosego membuat ikan paus, dan dua lainnya membuat karakter yang mengapung di dasar laut.

Frau Isa

Lokasi: Vienna, Austria

Mural tidak harus distorsif, namun ia juga bisa sangat manis. Inilah yang ditampilkan Frau Isa, dua karakter pria dan wanita yang terletak diantara dua pohon dan akan saling memeluk satu sama lain. Seniman ini menangkap cinta yang murni antara tokoh-tokoh tersebut.

Faith47

faith 47

Lokasi: Durban, Afrika Selatan

Skala dan detail sangat diperhatikan dalam setiap karya ini. Dibuat di jembatan penyangga underpass jalan raya di salah satu tempat di Afrika Selatan, Faith47 mengubah tembok lusuh menjadi hiasan dengan wajah beberapa tokoh Afrika Selatan ditambah ekspresi wajah yang detail.

Phlegm

phelgm

Lokasi: Mess, Norwegia

Phlegm selalu menciptakan karaktek dengan ciri khasnya sendiri, dengan ilustrasi berkaki panjang, dan tipis. Mural berpanel enam ini secara visual menakjubkan dalam hal skala dan detail. Siapa saja yang melihat akan takjub melihatnya bahkan tersesat dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengetahui apa arti di balik karya ini.

Morik

morik

Lokasi: Lodz, Polandia

Seniman Eropa beberapa tahun kebelakang berfokus pada bentuk karya mereka, daripada kedalaman dan detail. Morik merupakan salah satunya, ia membuat bentuk geometris dengan warna-warna netral, dan tiruan bangunan di sekelilingnya.

Itulah Crowds beberapa mural terbaik yang ada di 2014. Tidak menjadi mutlak memang, karena rasa dan resepsi pada setiap orang berbeda-beda. Apa komentarmu, Crowds?

Sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *