10 Buku Tentang Graffiti Yang Wajib Dibaca

Sebagai suatu budaya, graffiti tak sebatas karya yang menempel di tembok jalanan. Lebih dari itu, beberapa orang yang berdedikasi tinggi terhadap street art mencoba mencatatkan dan mendokumentasikan semua kejadian-kejadian penting dalam skena ini. Buku menjadi salah satu jalannya, ternyata di luar sana banyak buku-buku yang mengulas tentang seni ini, dari biografi hingga kumpulan foto yang memuat karya beberapa seniman terkenal. Berkat buku juga, rujukan asal mula dari mana seni ini berasal bisa didapatkan. Lebih dari itu, artefak-artefak karya beberapa seniman awal graffiti yang sudah tertimpa bisa terselamatkan berkat foto-foto yang ada di dalam buku. Berikut adalah 10 buku tentang graffiti.

1. The History of American Graffiti

The History of American Graffiti

Shepard Fairey menyebut buku yang dibuat oleh Caleb Neelson ini sebagai buku pertama yang secara komprehensif membahas gerakan graffiti di Amerika.

2. Trespass. A History of Uncommissioned Urban Art

Trespass. A History of Uncommissioned Urban Art

Buku tebal buatan Taschen ini menampilkan karya-karya langka dari seniman urban seperti Keith Harring dan Jean-Michel Basquiat, dengan kata pengantar yang dibuat Banksy. Buku ini menjadi pembimbing untuk para penggemar seni jalanan.

3. Subway Art

Subway Art

Merupakan alkitab bagi para graffiti writers, buku ini menyajikan 239 foto graffiti penuh warna yang dibuat oleh Martha Cooper dan Henry Chalfant. Subway Art menangkap hidup subkultur seni jalanan dalam bentuk penuh.

4. Spraycan Art

Spraycan Art

Pertama kali diterbitkan tahun 1987, buku ini menangkap urban art di kereta bawah tanah NYC dan seluruh dunia, membantu graffiti menjadi budaya global seperti sekarang ini.

5. Street World: Urban Art and Culture From Five Continents

Street World Urban Art and Culture From Five Continents

Dengan lebih dari 500 foto didalamnya, buku ini adalah survei lengkap tentang seni urban. Mendokumentasikan fenomena yang terjadi dari Amerika hingga Brazil, Mumbai, dan Afrika Selatan.

6. The Faith of Graffiti

The Faith of Graffiti

Berkat penulis Norman Mailer, The Faith of Graffiti menjadi salah satu buku pertama yang menempatkan graffiti dalam konteks sosial. Ditambah jepretan foto-foto Jon Naar, membuat karya-karya awal graffiti tetap terjaga yang didokumentasikan di buku ini.

7. Obey: Supply & Demand: The Art of Shepard Fairey

Obey Supply & Demand The Art of Shepard Fairey

Buku yang wajib dimiliki oleh setiap penyuka urban art, berisi konten monografi Shepard Fairey mencakup karyanya selama 17 tahun. Ditambah wawasan dari para krtikus budaya seperti Senior editor Paper Magazine, Carlo McCormick.

8. All City Writers

All City Writers

Bagi siapapun yang tertarik dengan graffiti di Eropa, All City Writers adalah panduan yang wajib dibaca. Satu hal yang berbeda, buku ini memiliki kemasan yang unik dan berbeda.

9. Banksy: Wall and Piece

Banksy Wall and Piece

Merupakan panduan definitif bagaimana warga Inggris memandang Banksy. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi ikoniknya, stensil, lukisan, dan masih banyak lagi.

10. Graffiti Art Coloring Book

Graffiti Art Coloring Book

Isi buku ini merupakan gambar hitam putih dari beberapa street artist dunia seperti Shepard Fairey, Lady Pink, Dondi, hingga Mike Giant. Tugasmu adalah mewarnai gambar-gambar tersebut, persis seperti coloring book anak-anak. Bagi siapapun yang ingin menjadi seniman jalanan, kalian bisa memulainya dengan mewarnai semua gambar dalam buku buatan Aye Jay ini tanpa harus mengotori tembok kota.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *