10 Film Zombie Terbaik

Wadezig! baru saja merilis Artist Series: Benjamin Lande for Wadezig! yang merupakan t-shirt dengan ilustrasi zombie buatan Benjamin Lande, seorang ilustrator asal Atlanta, Amerika. Salah satu hobinya adalah menonton film horror kelas B, dan hal tersebut mempengaruhi karya-karya yang dibuatnya bertema zombie, gore, binatang dengan bentuk aneh, hingga tengkorak.

L White

 

Ngomong-ngomon soal zombie, apakah kamu suka menonton film bergenre horror, zombie khususnya? Nah, buat kamu yang senang dengan film jenis ini kami berikan list 10 film zombie terbaik yang pernah dibuat. Dijamin, bulu kuduk kalian berdiri kalau menonton film-film yang akan kami bahas kali ini.

10. 28 Days Later
Film ini berkisah tentang kehidupan 28 hari setelah merebaknya virus zombie. Jim yang baru saja tersadar dari koma panjang di rumah sakit dipaksa untuk menerima kenyataan bahwa orang-orang tercintanya sudah berubah menjadi zombie haus darah. Ia pun akhirnya memutuskan untuk melarikan diri dari kota tersebut bersama Selena dan Mark ke sebuah markas militer. Namun di markas militer itulah justru masalah yang lebih besar menanti mereka semua.

28 Days Later

Berbeda dari film zombie kebanyakan, zombie-zombie di “28 Days Later” mampu berlari dengan sangat cepat dan menerkam para survivor. Hal inilah yang makin mempertinggi kesan tegang dan mencekam di dalam film.

9. Rec

Rec

Seorang reporter TV untuk acara malam, Angela Vidal, dan juru kameranya Pablo meliput kegiatan sebuah stasiun pemadam kebakaran. Sebuah telepon darurat datang dan dua pemadam kebakaran bersama Angela dan Pablo pergi ke sebuah apartemen tempat si penelepon. Setelah beragam kejadian mengerikan dan aneh, semua penghuni apartemen beserta Angela dan kawan-kawan mengetahui bahwa apartemen itu disegel karena terdapat virus berbahaya yang mempunyai gejala seperti zombie. Dan setelah itu, seorang nenek yang pertama kali tertular menulari orang-orang lain. Sadar atau tidak, Angela dan Pablo tahu cara mereka bisa keluar hanyalah dengan kabur lewat loteng apartemen itu, yang ternyata merupakan tempat virus itu berasal.

8. 28 Weeks Later

28 Weeks Later

Film ini diproduksi sebagai sekuel dari “28 Days Later”, namun dengan tokoh yang sama sekali berbeda.  Setting tempatnya masih sama, hanya saja waktunya menunjukkan 28 minggu setelah infeksi zombie merebak.  Pemerintah sudah mulai bisa mengontrol penyebaran virus dan mengamankan penduduk yang berhasil selamat dalam sebuah penampungan.  Masalah terjadi ketika di dalam rumah sakit khusus penampungan, beberapa zombie berhasil terlepas.  Para penduduk di dalam penampungan pun terjebak dalam situasi berbahaya, di mana mereka tak bisa keluar, namun juga tak bisa tetap bertahan dalam penampungan yang sudah mulai dikuasai oleh para zombie.  Bagaimanakah strategi mereka untuk bertahan hidup?

7. Dead Snow

Dead Snow

Dead Snow merupakan film horor Norwegia yang dirilis 9 Januari 2009, disutradarai oleh Tommy Wirkola dan pemerannya Charlotte Frogner, Stig Frode Henriksen, Bjørn Sundquist, Ane Dahl Torp dan Jenny Skavlan. Film ini bercerita tentang 7 mahasiswa yang berlibur di daerah Øksfjord, Norwegia yang penuh oleh salju putih. Namun, mereka tidak mengetahui bahwa ternyata di daerah tersebut terkubur para tentara-tentara NAZI pada saat Perang Dunia II.

6. Planet Terror

Planet Terror

Jika anda mencari sebuah film zombie yang penuh dengan aksi, pertarungan, tembakan senjata, dan ledakan-ledakan besar, Planet Terror adalah film yang tepat. Film ini berkisah tentang Cherry Darling, seorang wanita petualang yang terpaksa memotong kakinya sendiri untuk bisa bertahan hidup. Ia pun mengganti sebelah kakinya dengan pistol otomatis, dan tetap berjuang bersama para survivor lainnya untuk membasmi para zombie. Berbagai aksi dan pertarungan berdarah terus-menerus disajikan di sepanjang film.  Sangat menegangkan dan memicu adrenalin.

5. Shaun of the Dead

Shaun of the Dead adalah sebuah film zombie bertemakan komedi yang pastinya bisa membuat anda tertawa terpingkal-pingkal. Film ini diperankan oleh Simon Pegg, seorang aktor Inggris yang sudah dikenal reputasinya dalam berbagai film komedi.

Shaun of the Dead

Film ini sedikit banyak adalah parodi dari film “Dawn of the Dead”, salah satu film zombie paling legendaris yang dirilis tahun 1978. Singkat cerita, Shaun yang seorang pegawai kantoran biasa tiba-tiba menemukan hampir seluruh penduduk di kotanya berubah menjadi zombie haus darah. Ia pun berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan ibunya, pacarnya (yang berniat memutuskan Shaun dalam waktu dekat), dan juga sahabat baiknya, Ed. Dalam usahanya membawa grup kecilnya menuju ke titik evakuasi, anda akan menyaksikan banyak aksi seru sekaligus lucu, mengerikan, menjijikkan, bahkan mengharukan. Yang jelas, Shaun the Dead hingga saat ini menjadi salah satu film zombie yang tidak terlupakan.

4. Zombie Land

Zombie Land

Satu lagi film zombie bertemakan komedi yang berhasil meraih sukses di pasaran, bahkan dianggap lebih sukses dari seri Resident Evil yang dianggap mengecewakan para penggemar video gamenya. Zombieland bercerita tentang kehidupan seorang anak muda introvert dan pemalu bernama Columbus Ohio (diperankan oleh Jesse Eisenberg). Namun justru karena sifatnya itulah, Columbus berhasil bertahan hidup di tengah kiamat zombie dan menciptakan sendiri “Aturan-Aturan Untuk Bertahan Hidup”. Di tengah perjalanannya, ia bertemu dengan Tallahassee, seorang laki-laki paruh baya yang sangat ahli dalam membunuh zombie dengan berbagai cara yang keren sekaligus konyol. Ia bertemu juga dengan sepasang kakak-adik perempuan, Wichita dan Little Rock.  Empat orang survivor ini kemudian membentuk grup kecil untuk berpetualang bersama menuju tempat evakuasi yang lebih aman.

3. Doghouse

Doghouse

Vince, Matt, Graham, Bansky, Neil, Mikey pergi ke kota Moodley untuk menghibur Vince yang akan bercerai. Mereka menuju kota Moodley yang menurut kabar didominasi oleh kaum perempuan. Namun keadaan kota begitu sepi malah kosong melompong. Setelah menyusuri kota ini, satu-persatu wanita mulai muncul tapi bukan bergaya cantik melainkan rupa wajah yang amat seram dan mencoba untuk membunuh mereka.  Keenam pria ini pun sadar kalau mereka semua bukanlah wanita normal.

2. Dawn of the Dead

Dawn of the Dead

Dawn of the Dead yang dirilis tahun 2004 ini merupakan remake dari “Dawn of the Dead” tahun 1978. Cerita dalam film ini cukup dramatis, di mana Ana, seorang perawat biasa dipaksa untuk membunuh suaminya sendiri yang berubah menjadi zombie. Ia makin panik ketika menyadari seluruh kota juga telah berubah menjadi monster-monster haus darah. Setelah berusaha mati-matian, ia berhasil menemukan sebuah mall, di mana di dalamnya juga terdapat beberapa survivor lain. Pada awalnya mereka berpikir bahwa mereka bisa hidup nyaman di mall tersebut. Namun masalah mulai berdatangan, diawali dari bahan makanan yang mulai membusuk hingga invasi beberapa zombie yang berhasil menerobos barikade pertahanan. Tak ada jalan lain, maka mereka semua memutuskan untuk pergi dari mall tersebut dan mencari tempat yang lebih aman, walaupun sangat beresiko dan berbahaya, mengingat mall sudah dikepung oleh ribuan zombie. Berhasilkah usaha Ana untuk bertahan hidup?

1. Night of the Living Dead

Night of the Living Dead

Film ini adalah film zombie paling orisinil. Film garapan Goerge A. Romero ini dirilis 1968 dan masih hitam putih. Begitu rilis di bioskop kala itu, film ini langsung laris dan mengawali wabah film zombie di Hollywood. Ceritanya tentang Barbara, seorang gadis yang berlindung di sebuah rumah bersama sekelompok survivor lainnya dari kejaran zombie yang bangkit dari kubur. Namun ia kemudian sadar bahwa salah satu dari mereka justru lebih jahat daripada zombie-zombie itu sendiri. Memiliki budget yang rendah untuk suatu produksi film, dan sempat diremehkan awalnya, namun kemudian film ini menjadi standar film-film zombie di kemudian hari.

Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *