10 Karya Terbaik Dari Keith Harring

Seniman jalanan asal Amerika sekaligus aktivis sosial, Keith Harring, adalah salah satu seniman kontemporer yang namanya melegenda di ranah seni jalanan. Karyanya memiliki ciri khas figur dengan simbol dan ikon yang penuh warna. Banyak karyanya bertema politik, seksualitas, perang, agama, dan AIDS, terutama menanggapi budaya jalanan New York yang ia alami. Seperti banyak legenda seni jalanan, Keith Harring pertama kali turun ke jalanan dengan menggambar di kereta bawah tanah di awal tahun 1980-an. Gambar tersebut membuat namanya terangkat dan menjadikannya terkenal.

Keith Harring meninggal karena komplikasi AIDS pada 16 Februari 1990 ketika ia berumur 31 tahun. Harring meninggalkan warisan citra menakjubkan dan ikon yang populer. Keith Harring tetap menjadi salah satu legenda seni jalanan, meskipun sudah tidak ada ia terus berkontribusi melalui yayasan yang dibuatnya Keith Harring Foundation. Untuk lebih mengenal tentang dirinya, berikut kami hadirkan 10 karya terbaik yang pernah dibuat Keith Harring.

1. Chalk Street Art

Keith-Haring-Chalk-Street-Art-865x577

Ketika banyak seniman graffiti meninggalkan karya di subway atau dinding menggunakan cat semprot, Keith Harring bereksperimen menggunakan kapur tulis dan latar berwarna hitam. Pendekatan yang tidak biasa ini memunculkan karakter dan bahasa visual yang khas, dan mendapat penerimaan  dari scene graffiti New York. Pada tahun 1984 namanya menjadi terkenal, ia menghabiskan banyak waktu di subway untuk membuat graffiti kapurnya.

2. Houston Bowery Wall

Keith-Haring-Houston-Bowery-Wall-Tribute-865x577

Pada tahun 1982 Keith Harring menciptakan mural luar ruangan pertamanya di dinding Houston Bowery Wall, New York. Mural ini sangat ikonik dan menjadi salah satu karya yang paling dikenali dalam sejarah graffiti dan seni jalanan. Mural ini dibuat sebagai dedikasi akan kesadaran terhadap seni yang meningkat di daerah tersebut. Pada tahun 2008, untuk memperingati ulang tahun Harring ke-50, mural ini di buat kembali sebagai tribute bagi dirinya.

3. Crack is Wack

Keith-Haring-Crack-is-Wack-Mural-Restored.-Photo-Jim-Kieman-via-animal-new-york--865x577

Karya legendaris Crack is Wack awalnya merupakan ilegal piece yang Harring buat di salah satu lapangan di 128 Street dan 2nd Avenue. Akibat perbuatannya ini Harring didenda $25 oleh Departemen Taman Kota. Dalam gamabar ini ia membuat tengkorak, orang, salib, dan uang, diciptakan untuk memberikan pesan masalah obat-obatan dan kejahatan yang menglilingi New York kala itu. Mural ini di restorasi pada tahun 2007, dan masih bisa dilihat hingga kini.

4. Berlin Wall Mural

Keith-Haring-Berlin-Wall-mural

Oktober 1986, Keith Harring melakukan perjalanan ke Berlin, Jerman, atas permintaan dari Checkpoint Charlie Museum. Ditengah hiruk pikuk media perusahaan TV maupun surat kabar internasional yang meliput dirinya, disana ia membuat mural di tembok berlin yang membentang sepanjang 300 meter. Gambar yang dibuat berbentuk rantai manusia saling memegang tangan dan kaki satu sama lain untuk mewakili kesatuan masyarakat terhadap tembok berlin. Namun karya ini tidak diapresiasi semua orang, karena hanya beberapa jam setelah Harring menggambar artist lain menimpanya dengan klaim warna tembok harus tetap pada aslinya yaitu abu-abu. Pada saat Tembok Berlin dihancurkan pada 1991, karya ini lenyap sepenuhnya.

5. Radiant Baby

Keith-Haring-Radiant-Baby

Radiant Baby, dikenal juga dengan radiant child, atau radiant christ merupakan salah satu karya Harring yang paling ikonik. Karakter sederhana ini pertama kali muncul di graffiti kereta bawah tanah, Harring sering menggunakannya sebagai tag untuk menandai karyanya.

6. Religion Artworks

Keith-Haring-Religious-Drawing-2-865x577

Meskipun Keith Harring dikenal karena karya-karyanya yang memiliki tema perang, seksualitas, AIDS, dan politik, tetapi ada juga karyanya yang menuangkan kegelisahan terhadap agama. Karya di atas salah satu contohnya, dengan gambar tersebut ia ingin berkomentar bahwa agama dapat mengontrol kehidupan seseorang, dan hal tersebut berhubungan dengan uang dan kekuasaan.

7. Ignorance = Fear

Keith-Haring-Ignorance-Fear

Keith Harring didiagnosa AIDS pada tahun 1987 yang menyebabkan ledakan aktivitas berkesenian dari dirinya untuk menciptakan karya sebanyak mungkin. Temanya pun memiliki fokus pada AIDS, salah satunya adalah Ignorance = Fear yang selesai pada tahun 1989. Karya ini memberikan pesan tentang epidemik AIDS yang telah merenggut banyak teman-temannya.

8. Fight AIDS Worldwide

Keith-Haring-Fight-AIDS-Worldwide

Sebelum kematiannya, Keith Harring terus memberikan edukasi dan keterbukaan kepada para penderita AIDS. Dalam beberapa tahun, banyak karyanya memiliki konten yang berkaitan dengan AIDS dikombinasikan dengan seksualitas seperti litograf di atas ini. Gambar ini digunakan untuk kampanye melawan AIDS di seluruh dunia serta digunakan sebagai perangko PBB.

9. Andy Mouse

Keith-Haring-Andy-Mouse.-1985

Karakter Andy mouse muncul dalam banyak karya Keith Harring, seperti pada lukisan yang dibuat 1985 ini menggunakan akrilik di atas kanvas. Karakter tikus yang berevolusi merupakan tanggapan terhadap persahabatannya dengan Andy Warhol. Gambar ini menggabungkan Andy Warhol dengan Mickey Mouse, karya ini mengacu pada karya Warhol sebelumnya dengan motif berulang-ulang.

10. Pop Art Figures

Keith-Haring-Figures-865x577

Untuk yang terakhir kami dedikasikan untuk karya Harring yang paling dikenang dan diingat yaitu figur sederhana dengan gaya pop. Gambar-gambar inilah yang membawa Keith Harrin dikenal dunia dan diakui kesenimannya. Meskipun hidup dengan singkat, Keith Harring meninggalkan warisan artistik yang abadi dengan visi unik.

Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *