10 Kegiatan Untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

Ketika Bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia wajib untuk melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh. Nah, di Indonesia sendiri ada kebiasaan unik yang selalu dilakukan menjelang berbuka puasa. Yup, ngabuburit!

Waktu ngabuburit, apa aja sih yang kamu lakuin? Banyak loh, hal-hal seru yang bisa kamu lakukan di saat-saat ngabuburit. Tentunya, kegiatan-kegiatan itu selain bisa mengalihkan rasa lapar dan dahaga, kamu juga bisa mendapatkan pahala lebih dan manfaat buat diri kamu sendiri.

1. Tidur

010811-AJB-BISNIS-01-TIDUR

Banyak yang mengatakan bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Nah, kamu juga bisa kok memanfaatkan waktu ngabuburit dengan tidur. Eits, tapi jangan asal tidur aja loh!

Yang dimaksud tidur yang beribadah itu adalah ketika kamu menggunakan waktu istirahatmu untuk tidur demi menjaga energi untuk melakukan amalan ibadah yang lain. Tidurlah saat kamu benar-benar lelah, agar kamu punya banyak energi untuk melakukan sholat tarawih atau amal ibadah yang lain nanti.

2. Nonton TV atau Film

115610-113568

Ngabuburit cuma nonton TV atau film? Why not? Mungkin kamu terlalu malas untuk pergi jalan-jalan karena tahu pasti jalanan macet di mana-mana, kamu bisa nonton tv atau marathon film aja di rumah. Cuman, pastikan acara TV atau film yang kamu tonton itu bermutu dan bermanfaat ya Crowds!

3. Olahraga

2d0j80z

Bukannya olahraga di waktu puasa bikin lemes sama haus ya? Kata siapa, Berolahraga saat puasa itu punya banyak manfaat loh kalau kamu melakukannya dengan porsi tepat! Kamu cukup memperhitungankan waktumu berolahraga. Berolahragalah di waktu mendekati buka puasa. Olahraga yang kamu lakukan cukup yang ringan-ringan aja, yang penting tubuhmu bisa bergerak dan berkeringat.

4. Bersih-Bersih Rumah

chores

Hal kecil apapun yang kamu lakukan bisa jadi berpahala juga loh, asal niatnya baik. Kalau kamu lagi nggak ada agenda apa-apa dan nggak pengen buat keluar rumah. Kamu juga bisa isi waktu dengan bebersih kamar atau rumahmu. Kan sebentar lagi mau lebaran Crowds! Kalau lagi lebaran, pasti banyak tamu yang berkunjung ke rumah kan? Jangan sampai pas lebaran rumah kamu masih berantakan dan gak terurus. Karena kebersihan juga sebagian dari iman, kan?

5. Baca Buku atau Tadarus Al-Quran

Baca buku juga bisa menjadi cara yang paling ampuh buat ngeabuburit. Apalagi kalau kamu emang hobi banget baca. Baca buku-buku apapun yang kamu suka, seperti novel, buku motivasi, atau buku apapun. Selain buku, untuk mengoptimalkan ibadah kamu juga bisa pergunakan waktu ngabuburit buat lebih giat lagi membaca kitab suci al Qur’an.

6. Berkegiatan Sosial

IMG_7666

Bulan Ramadhan emang saat yang tepat untuk lebih banyak berbuat kebaikan. Isi kegiatan ngabuburitmu dengan kegiatan-kegiatan sosial, seperti berbagi buka puasa dengan adik-adik di panti asuhan, atau bisa juga kamu berbagi takjil buka puasa dengan orang-orang yang membutuhkan. Kalau kamu aktif di organisasi sekolah, kampus atau komunitas, jangan lupa untuk selalu mengadakan kegiatan positif seperti ini ya Crowds!

7. Wisata Kuliner

Pasar-ramdhan

Wisata kuliner waktu ngabuburit itu seru banget. Kamu bisa datengin ke pasar-pasar tumpah dadakan yang biasanya suka muncul saat menjelang buka puasa. Di tempat itu kamu bisa jalan-jalan seru sekalian beli makanan dan cemilan buat buka puasa nanti. Ditambah lagi, di pasar-pasar tumpah seperti ini, kamu juga bisa nemuin cemilan-cemilan khas bulan Ramadhan.

8. Nge-Game

Xpw6kuAHSr

Hal yang paling menyenangkan untuk ngabuburit adalah dengan bermain game. Setidaknya, kamu pasti pernah melakukan hal ini untuk mengisi waktu luang kan? Nah, sambil berpuasa kamu bisa memainkan game melalui gadget atau konsol yang kamu punya. Atau kamu bisa ajak temanmu mencoba permainan tradisional seperti monopoli, asyik kan?

9. Hunting Foto

On-Wednesday-learn-how-to-shoot-the-streets-with-Eric-Kim

Kalau kamu punya hobi fotografi, momen ngabuburit adalah momen yang pas untuk kamu abadikan. Sambil menunggu buka puasa, kamu bisa asyik menyalurkan hobimu dengan mengabadikan momen-momen unik khas Ramadhan.

10. Dagang

Isi waktu ngabuburit buat nambahin uang jajan kamu! Kamu bisa ajak saudara atau teman-teman untuk jualan menu buka puasa, seperti kolak, cendol, es buah atau apapun yang penting halal. Nggak usah takut rugi atau nggak laku, yang namanya rejeki mah nggak kemana kan? Yang penting jangan malu-malu, itung-itung buat nambah pengalaman juga. Uang hasil jualan, anggep aja bonus lebihnya!

Itulah Crowds beberapa kegiatan yang bisa dilakukan agar puasa kamu semakin bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa Crowds.

Referensi


2 replies on “10 Kegiatan Untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *