10 Logo Dengan Simbol dan Arti Tersembunyi

Setiap logo yang dibuat pasti terdapat suatu pesan didalamnya, logo yang terlihat sederhana mungkin memiliki arti yang lebih. Semua itu ditujukan untuk memperlihatkan muka perusahaan atau jasa yang diberikan, dan hal tersebut biasanya disimbolkan oleh benda atau angka. Berikut 10 logo perusahaan terkenal dunia, yang memiliki makna atau arti serta simbol tersembunyi.

1. FedEx – Tanda Panah

FedEx

Dapatkah kamu menemukan sesuatu yang tersembunyi di logo ini? Mungkin sekilas, logo ini terlihat sederhana dan sangatlah jelas artinya seperti express misalnya. Tapi ternyata logo ini memiliki kesan yang lebih mendalam. Jika dilihat ke kata ‘Ex’ pada logo mereka, kamu bakal menyadari ada ruang kosong di antara huruf ‘E’ dan ‘x’. Ruang kosong itu ternyata menyimbolkan tanda panah ke kanan. Arti dari tanda panah ini adalah kecepatan, keakuratan dan pentingnya perkembangan ke depan.

2.Baskin Robbins – 31

Baskin-Robbins-logo-Horizontal

Di tahun 1953, Baskin Robbins menghasilkan sebuah inovasi dimana mereka menawarkan es krim dengan total 31 rasa. Angka 31 ini dimunculkan dalam logo mereka, terlihat jelas di antara nama Baskin dan Robbins, tidak seperti sekarang ini.

Lalu pada tahun 2005, bersamaan dengan perayaan 60 tahun mereka, logo mereka di-desain ulang. Walaupun angka 31 yang terlihat jelas dihilangkan, angka 31 ini disembunyikan di huruf B dan R. Jika warna mereka bukan pink, maka orang-orang kemungkinan besar tidak akan menyadarinya. Arti dari angka 31 ini sendiri dimaksudkan agar setiap orang dapat merasakan rasa yang berbeda setiap hari, dimana 1 bulan paling banyak terdiri dari 31 hari.

3. Somy Vaio – Simbol Analog dan Digital

Sony-Vaio-Logo

Video Audio Intelligent Organizer atau singkatnya Vaio adalah salah sub-brand yang digunakan oleh Sony untuk berbagai produk komputernya, dan nama logo atau brand ini sangatlah terkenal. Di samping dari kata ‘vaio’, ada makna tersembunyi yang jika kamu mengerti sedikit akan istilah digital atau analog, maka kamu akan menyadarinya.

Sisi kiri dari logo dibuat menyerupai simbol gelombang yang menggambarkan ide teknologi analog. Sedangkan sisi kanannya terdiri dari angka “1” dan “0”, dimana berartikan 2 digit binari komputer, yaitu teknologi digital.

4. NBC – Burung Merak

2000px-NBC_logo.svg

NBC atau National Broadcasting Company merupakan perusahaan penyiaran jaringan televisi dan radio Amerika, jika kamu menilik logo mereka ada suatu hal yang menarik. Lihat gambar logo mereka di atas, sadarkah bahwa ada gambar burung merak di sana?

Oleh karena itulah NBC dikenal sebagai “Jaringan Merak” (Peacock Network). Selain itu, logo mereka juga memiliki arti lain, dimana 6 bulu ekor merak ini menunjuk ke 6 divisi NBC pada saat mereka dibuat, yakni divisi Berita, Olahraga, Entertainment, Stasiun, Jaringan dan Produksi. Kepala burung merak yang menghadap ke kanan juga berartikan bahwa ia selalu melihat ke depan, bukan ke belakang.

5. Toblerone – Beruang

logos-toblerone-bear

Suka coklat? Mungkin kamu pernah melihat coklat ternama dari Swiss ini. Jika dilihat sekilas, maka kamu akan melihat logo ini menggambarkan gunung, tepatnya gunung antara perbatasan Swiss dan Italia. Tapi sadarkah bahwa ada beruang di sana? Itu karena Toblerone pada awalnya diproduksi di kota Bern, dimana beruang merupakan simbol dari kota tersebut. Nama Toblerone sendiri berasal dari pembuatnya, “Tobler” dan kata “Torrone” (kata Italia untuk madu dan nougat).

6. Carrefour – Huruf C

Carrefour-logo-1024x768

Arti dari logo Carrefour sendiri merupakan 2 panah yang satu mengarah ke kiri dan satunya lagi mengarah ke kanan. Mengartikan kata “carrefour” dalam Perancis yang berarti “persimpangan”, sama halnya seperti banyaknya produk yang ditawarkan oleh supermarket ternama ini kemanapun kamu berjalan. Warnanya sendiri berdasarkan bendera Perancis, tempat dimana Carrefour didirikan.  Apakah kamu menyadari ada huruf ‘C’ yang tersembunyi di balik logo Carrefour tersebut?

7. Amazon – Senyum dan Keragaman

Amazon.com-Logo.svg

Logo perusahaan ini memberikan kata amazon dengan panah di bawah huruf a sampai huruf z. Panah itu sendiri memberikan dua arti, yang pertama adalah bahwa amazon selalu memberikan kepuasan kepada pelanggannya sehinga mereka tersenyum, dengan lubang di kedua huruf a sebagai mata. Kedua adalah bahwa amazon memberikan keragaman produk yang tidak terbatas dari ‘a’ sampai ‘z’.

8. Sun Microsystem – Kata SUN

sun-microsystems-logo1

Logo ini memiliki konsep dari sebuah ambigram, yakni sebuah bentuk desain permainan huruf atau bentuk suatu kata akan dapat dibaca dari berbagai macam sudut atau pandangan. Logonya ini membentuk kata ‘SUN’ dan dapat dibaca dari berbagai arah.

Uniknya, orang yang mendesain logo ini tidak mengerti sama sekali mengenai simbologi, ia adalah seorang professor ilmu komputer di Universitas Stanford, Vaughan Pratt. Hal Ini memberikan pengaruh dan pandangan bahwa setiap orang dapat mendesain logo yang baik jika mereka memikirkannya dengan baik.

9. F1 – Angka 1

F1_logo.svg

Pada awalnya mungkin kamu tidak menyadari apa arti dari logo ini, mungkin hanya huruf F dan sesuatu yang cepat menyerupai angka satu. Tetapi jika dilihat lebih teliti, kamu akan menyadari bahwa ada angka satu di ruang antara F dan strip-strip merah. Strip-strip merah ini menggambarkan kecepatan mobil-mobil F1.

10 My Fonts – Tangan

myfonts

Distributor yang dibeli oleh Monotype Corporation senilai 50 Juta Dollar (sekitar 490 Miliar Rupiah), ini memiliki logo yang sangat cerdik dan unik. Sadarkah bahwa kata ‘My’ ini menggambarkan tangan yang memberikan arti bahwa jika kamu menggunakan situs mereka maka serupa dengan tangan yang mengambil font mereka. Uniknya kata ‘My’ saja sudah memberikan gambaran seperti itu, bahwa font mereka adalah milik siapapun yang memakainya.

Referensi


5 replies on “10 Logo Dengan Simbol dan Arti Tersembunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *