10 Logo Termahal di Dunia

Branding dan logo adalah bagian penting dari identitas suatu perusahaan. Logo biasanya mewakili esensi, simbol, dan beberapa informasi terkait perusahaan tersebut. Pentingnya logo telah diakui dan menjadi industri, beberapa bahkan menyebutnya sebagai suatu karya seni. Kini, perusahaan rela mengeluarkan banyak uang untuk membuat logo yang bisa mewakili bisnis mereka dengan sempurna.

Kamu pasti akan terkejut ketika mengetahui beberapa perusahaan terkemuka dunia ini telah mengeluarkan jutaan dolar hanya untuk logo dan rebranding perusahaannya. Berikut 10 logo termahal di dunia.

10. Logo Kota Belfast – $280.000

belfast_logo

Ketika kota Belfast memutuskan untuk mengubah logo mereka di tahun 2008, secara mengejutkan mereka telah menghabiskan 280 ribu dolar untuk sebuah desain baru. Logo berbentuk hati yang menyerupai huruf “B” dengan nama kota tertulis didalamnya. Simbol ini dipilih untuk menyampaikan pesan cinta dan menunjukan kota Belfast merupakan kota yang ramah. Menurut dewan kota huruf “B” merupakan singkatan dari kata “be” yang bisa berarti “be welcome,” “be vibrant,” dan “be part of it.”

9. Logo Kota Melbourne – $ 625.000

CTM001C01 Logomark FINAL

Dirancang tahun 2009 oleh Landor Associates, logo ini dimaksudkan untuk mendukung strategi pemasaran investasi kota Melbourne, Australia. Siapa sangka, tag harga logo ini berada di urutan ke-9 logo termahal di dunia, dengan total 625 ribu dolar dikeluarkan.

8. Logo Olimpiade London 2012 – $625.000

london

Logo Olimpiade London 2012 dirancang oleh brand konsultan yang berbasis di London, Wolf Olins pada tahun 2007. Wolf Olins banyak dikritik dan mendapat komentar negatif untuk desain ini, dianggap ceroboh dan tidak profesional berkat pembuatan logo yang tidak eye-catching. Harga 625 ribu dolar dianggap terlalu mahal untuk logo ini, namun demikian hal tersebut tidak mengurangi kepopulerannya. Meskipun tidak menjadi logo favorit, tetapi harga yang termasuk fantastis menempatkannya di urutan ke-8 logo termahal di dunia.

7. Logo Baru Pepsi – $1.000.000

pepsilogo

PepsiCo merupakan perusahaan minuman bersoda terbesar di dunia, dan desain ulang logo mereka pada tahun 2008 dilaporkan menghabiskan biaya 1 juta dolar. Namun, logo baru tersebut dianggap banyak orang sebagai suatu kegagalan dan tetap kalah dalam pertarungan “cola wars”, dengan komentar bahwa logo pepsi tidak akan pernah mengalahkan identitas logo abadi coca-cola yang telah bertahan sejak 1885.

Classic-Logos-Coca-Cola-Pepsi-1

6. Rebranding Logo BBC – $1.800.000

old-bbc-logo-3

The British Broadcasting Corporation (BBC) memiliki logo yang mereka desain ulang pada tahun 1997, dan rebranding mereka menghabiskan biaya perusahaan sebesar 1,8 juta dolar. Kesadaran akan merek sangat penting bagi BBC, dan uang tersebut dibelanjakan dengan baik oleh mereka. Logo monokromatik jelas diakui secara universal dan mudah dipahami. Jika BBC masih menggunakan logo ini hingga tahun 2016 nanti, hal tersebut akan menjadi rekor logo dengan hidup terpanjang yang pernah tampil di layar kaca (Sebelumnya rekor ini dipegang logo BBC lama yang bertahan dari tahun 1971-1988).

5. Rebranding Logo ANZ – $15.000.000

ANZrebrand

Kampanye rebranding Australian and New Zealand Banking Group Ltd menghabiskan dua tahun pengerjaan dari 2010 sampai 2012, dan menghabiskan biaya 15 juta dolar. Strategi ini dianggap efektif, dan menjadikan ANZ menjadi bank terbesar di Selandia Baru, serta menempati posisi ketiga bank paling populer di Australia. Dengan pencapaian tersebut, uang yang telah dikeluarkan tidak sia-sia.

4. Rebranding Logo Posten Norge – $55.000.000

tsk-tsk_-posten7

Posten Norge adalah perusahaan yang menyediakan layanan pos di Norwegia. Pada tahun 2008, perusahaan ini melakukan rebranding besar-besaran yang semuanya menghabiskan total biaya 300 juta kroner Norwegia atau setara 55 juta dolar. Strategi logo baru ini berhasil menciptakan brand awarness yang positif antar pengguna dan klien dari Posten Norge.

3. Rebranding Logo Accenture – $100.000.000

accenture

Accenture adalah perusahaan jasa teknologi multinasional, konsultasi manajemen, dan outsourcing yang berbasis di Irlandia. Pada tahun 2000, Andersen Consulting mengakhiri kontrak dan memisahkan diri dengan Andersen Accounting Group, hal tersebut memaksa mereka untuk mengganti namanya. Accenture dipilih sebagai nama baru konsultan ini, dengan arti “accent on the future”. Namun, hal ini dianggap sebagai salah satu kegagalan rebranding terbesar dalam sejarah (nama merek baru ini dikritik karena kurang bermakna).  Meskipun demikian, biaya yang telah dikeluarkan sebesar 100 juta dolar, menempatkan logo ini di tempat ketiga logo termahal di dunia.

2. Rebranding Logo British Petroleum – $211.000.000

bp

Pada tahun 2000, British Petroleum atau disingkat sebagai “BP” mengganti logo yang telah mereka gunakan selama 70 tahun dengan “Helios” logo. Total biaya untuk logo baru ini sebesar 211 juta dolar dengan menyisakan elemen skema warna hijau dan kuning dari logo sebelumnya. Helios logo dimaksudkan untuk mewakili dan melambangkan strategi BP menjadi perusahaan yang ramah lingkungan sekaligus mengkampanyekan “go-green.” Namun, hal ini telah dianggap sebagai suatu kegagalan karena tidak ada yang akan menjadi hijau dari pengeboran minyak secara masiv.

mock bp

Terlebih, bencana tumpahan minyak di laut lepas tahun 2010 semakin menguatkan BP sebagai perusahaan yang tidak ramah lingkungan. Bencana tersebut membuat geram Greenpeace, mereka mengkritik BP dengan membuat logo kontes untuk mengolok-olok logo Helios yang penuh tumpahan minyak.

1. Rebranding Logo Symantec –  $1.280.000.000

verisign-symantec

Symantec telah membuat sejarah dalam mendesain ulang logo dan kampanye rebranding mereka, tak tanggung-tanggung perusahaan ini mengeluarkan total biaya lebih dari satu miliar dolar. Hal tersebut bisa saja dibenarkan untuk suatu logo tetapi beberapa orang melihat ini sebagai suatu kegagalan rebranding. Dengan logo semahal ini seharusnya membuat Symantec tetap menjadi perusahaan raksasa, tetapi kini mereka hanya memposisikan dirinya di pasar sebagai solusi bagi kalangan menengah.

 

Kini, coba bandingkan dengan beberapa logo terkenal lainnya. Berapa banyak uang yang telah dikeluarkan perusahaan raksasa ini untuk logonya? Beberapa dari kalian pasti tercengang, karena perusahaan ini tidak mengeluarkan sepeser pun logo mereka, kalaupun ada itu tidak lebih dari puluhan dolar. Logo mereka lebih abadi, tak lekang oleh waktu, dan memberikan impact “brand awarness” yang besar.

Coca-Cola Logo – $0

2000px-Coca-Cola_logo.svg

Salah satu desain logo terkenal dan paling dikenal sepanjang masa adalah Coca-Cola. Ikon logo ini diciptakan tahun 1886 oleh Frank M Robinson, mitra sekaligus Akuntan John S. Pemberton sebagai pendiri perusahaan. Dia juga yang mengusulkan nama Coca-Cola, ia berargumen dua huruf “C” yang dikapitalkan akan terlihat bagus untuk iklan. Robinson bereksperimen dengan Spencerian script dan membuat logo unik bagi perusahaan minuman bersoda ini. Meskipun ada sedikit perubahan pada logo dalam periode tertentu, desain klasik tetap utuh selama hampir 130 tahun.

Google Logo – $0

google-logo

Terlepas dari perubahan kecil yang dilakukan Google terhadap logo warna-warni yang sangat ikonik, konsep asli logo telah digunakan sejak perusahaan ini berdiri. Logo asli dirancang oleh Sergei Brin, salah satu pendiri Google, pada tahun 1998 menggunakan GIMP, program editing grafis free license atau gratis.

Twitter Logo – $15

twitter-logo

Logo burung khas twitter dibeli dari situs penyedia desain dan vektor, iStockphoto, hanya seharga 15 dolar di awal perusahaan ini berdiri. Pembuat logo, Simon Oxley hanya menerima 6 dolar untuk pekerjaannya setelah melalui beberapa pemotongan. Kini siapa yang tak mengenal burung ikonik berwarna biru ini.

Nike Logo – $35

Nike-Logo

Salah satu logo paling ikonik dan dikenali semua orang adalah logo “Swoosh” milik Nike. Siapa sangka, logo ini dibeli Phil Knight, pendiri Nike, dari seorang mahasiswa desain grafis Portland State University bernama Carolyn Davidson tahun 1971 seharga 35 dolar. Knight secara tak sengaja menemukan logo ini ketika ia mengajar akuntansi di kelas Davidson. Ketika ia akan membelinya, Knight berkomentar, “saya tidak menyukainya, tapi mungkin ini akan berkembang dengan saya.” Sekarang, banyak orang tergila-gila dan berani membayar mahal untuk produk berlogo ini.

Jadi, logo dengan harga jutaan dolar tidak menjamin logo tersebut akan bagus dari segi brand awarness. Dari beberapa contoh diatas, logo yang dibuat dengan tidak mengeluarkan sepeser uang pun kadang lebih ikonik dan mudah diingat semua orang. Oh iya, penasaran bagaimana Wadezig! membuat logonya? Baca selengkapnya di sini.

Referensi


2 replies on “10 Logo Termahal di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *