10 Sneaker Dengan Desain Terbaik

Lebih dari sekedar alas kaki yang fungsional, sneaker kini telah menjadi budaya dikalangan pecintanya. Dikenal dengan bahasa lain seperti kicks, runners, atau daps, sepatu yang awalnya diperuntukan untuk kegiatan olahraga ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat banyak orang. Satu yang menjadi alasan adalah desain atau bentuk dari sepatu tersebut. Seperti lukisan dengan media kanvas, para perupa sneaker berlomba membuat karya seni yang menarik dalam media sepatu. Model sneaker dipasaran sudah tak terhitung jumlahnya, tetapi ada beberapa yang abadi dan disukai sampai saat ini. Berikut 10 sneaker dengan desain terbaik yang pernah dibuat.

1. Nike Airmax 1

nike-air-max-1-620

Sneaker ini bukanlah yang pertama yang menggunakan teknologi bantalan udara yang dikembangkan Nike. Tetapi Airmax 1 adalah yang pertama memperlihatkan teknologi ini secara jelas dengan ‘jendela’ bening di bagian solnya. Pertama kali dibuat tahun 1987 sneaker ini masih tetap keren sampai sekarang.

2. Converse All Star

142334C_standard

Merupakan sneaker legendaris dengan desain klasik yang tak terbantahkan, apapun selera pribadimu. Hampir tidak berubah sejak rilisan pertama tahun 1916, Converse All Star atau lebih dikenal dengan “Chuck Taylor”  telah digunakan berbagai kalangan dari pelajar, skaters, hingga musisi.

3. Onitsuka Tiger Corsair

Ontisuka-Tiger-Corsair-Limited

Dimulai pada akhir tahun 1940-an, merek asal Jepang Onitsuka Tiger mengambil langkah besar dalam pengembangan desain dan teknologinya. Dengan dibantu Nike, Onitsuka mengembangkan desain Corsair yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Nike Cortez. Desain Corsair memiliki garis tegas di bagian samping layaknya belang pada harimau. Garis-garis ini merupakan metafora dari kecepatan, kegesitan gerakan layaknya harimau.

4. Puma State

puma-suede-classic-mens

Puma State atau Puma Suede adalah bagian lainnya dari desain sneaker klasik yang abadi dengan sejarah panjangnya. Tercatat, Tommi Smith atlet Olimpiade 1968 dan legenda basket Clyde Frazier menggunakan sneaker ini di masa jayanya. Saat ini populer di kalangan bintang hip-hop, skateboarders, dan pemakai gaya kasual.

5. Adidas Superstar

8962469888030

Salah satu desain old-school yang banyak digemari karena sol depannya yang unik. Sneaker ini menjalar ke berbagai ranah musik dan youth culture. Popularitasnya menanjak ketika dirilis tahun 1969 sebagai sepatu basket yang kemudian digunakan oleh grup hip-hop RUN DMC di awal 80-an.

6. Vans Era Checkerboard

Vans-Era-Checkerboard-Black-&-Natural-Skate-Shoes--Mens--_226051

Pemain skateboard tahun 70-an tak akan melirik sneakers lain, hanya satu yang ada dalam pikirannya yaitu Vans. Desain klasik nan sederhana adalah kunci mereka bertahan hingga kini. Salah satu yang tidak bisa dilupakan adalah motif kotak-kotak seperti papan catur ini.

7. Nike Air Jordan 1

White Black Red Nike Air Jordan 1 Shoes15161

Air Jordan 1 merupakan awal dari kesuksesan sneaker rilisan Air Jordan lainnya. Dimaksudkan untuk endorsement Michael Jordan, sneakers ini malah disukai banyak penggemarnya dan tak lama kemudian meraih penjualan terbesar. Memiliki paduan warna merah dan hitam, Air Jordan 1 awalnya dilarang digunakan dalam pertandingan NBA karena tak memenuhi regulasi yang ada. Menariknya, Air Jordan 1 adalah satu-satunya sepatu dengan logo “Swoosh” yang menempel.

8. Adidas Stan Smith

adidas-originals-stan-smith-vintage-06-570x260

Dirilis pada tahun 1965 dan merupakan endorsement bagi legenda tenis Stan Smith, sneakers ini tak lama menjadi buah bibir sneakerheads.  Logo Adidas klasik, desain sederhana dengan paduan warna putih malah membuatnya mencolok. Ditambah tiga garis khas Adidas hanya di wakilkan dengan lubang-lubang kecil membuatnya spesial.

9. Nike Air Max 95

nike-air-max-95-neon-wmns-1

Disebut sebagai sneaker dengan desain paling rebel pada masanya, itulah julukan bagi Air Max 95 ini. Lekukan yang mencolok dengan tampilan sol yang meng-expose bantalan udara di setiap sisinya. Ditambah paduan warna abu-abu dengan hijau terang membuatnya berbeda.

10. Adidas Samba

71A6owjrHAL._UL1500_

Menyandang predikat sebagai sepatu Adidas dengan penjualan tertinggi tak bisa ditampikan betapa populernya sneaker ini. Jangan mengaku sebagai pecinta Adidas kalau kamu belum memiliki koleksi satu ini. Sneaker ini mencapai popularitasnya di era 80-an.

Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *