10 Street Artist Paling Berpengaruh

Selama 10 tahun terakhir street art mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya karya yang menempel di tembok-tembok seluruh dunia. Selain itu, bermunculannya festival dan pameran street art semakin menguatkan legitimasi seni satu ini. Salah Satu yang menjadi pembicaraan dunia ketika Banksy mengambil alih jalanan New York dan menggelar pameran “Better Out Than In” selama sebulan penuh.

Dalam satu dekade terakhir bermunculan street artist dengan gaya dan ciri khasnya masing-masing. Keberadaan mereka membawa sesuatu yang unik dan memberikan dampak yang besar bagi perkembangan street art. Dari mulai stensil, mosaic, graffiti, mural, hingga ukiran dinding, semuanya memberikan inovasi dan keberagaman bagi dunia street art. Terlebih, mereka menjadi inspirasi bagi seniman-seniman lainnya. Lalu, siapa saja street artist yang memberikan pengaruh besar bagi seni jalanan ini, #TrueTues kali ini kami berikan informasinya.

1. Shepard Fairey

Shepard-Fairey-920x422

Pengaruhnya dalam street art sangat luas meskipun ia tidak secara eksklusif menggarap street art, namun karya yang telah ia buat memberikan dampak yang sangat besar. Wheatpaste posternya “Andre the Giant Has a Posse” pada tahun 1989 menjadi inspirasi bagi seniman lainnya untuk melakukan campaign melalui media poster. Masih soal poster, Fairey membantu kampanye Presiden Obama dengan poster “Hope” nya yang sangat ikonik. Fairey semakin mengukuhkan dirinya di dunia street art dengan mengeluarkan brand OBEY dan sering menggelar pameran karyanya di galeri-galeri tradisional. Keberhasilan dan kepopuleran Fairey sebagai street artist sering diperdebatkan, hal tersebut terus menjadi bumbu bagi legitimasinya dan terus membagi opini publik

2. Invader

Invader-920x422

Invader, artist asal Prancis ini dikenal seluruh dunia karena karyanya menyisipkan mosaik ubin-ubin kecil dari game arcade tahun 70-an “Space Invader”. Mulai dari Kota Paris lebih dari 15 tahun lalu, invasinya menyebar ke lebih dari 60 kota seluruh dunia. Hal tersebut membuat karyanya paling diakui dalam dunia street art. Pengaruhnya tidak hanya soal karya karya, namun juga soal bentuk dan penempatan karya yang dipilih sesuai kriterianya. Invader selalu menempatkan karyanya dengan visibilitas tinggi di sudut-sudut jalan di atas semua graffiti lainnya.

3. JR

JR-920x422

Menyebut dirinya sebagai “photograffeur”, JR dikenal berkat karya foto skala besarnya yang ia potret sendiri kemudian di flyposts pada tembok-tembok bangunan. Seringkali karyanya ini menyampaikan pesan yang sangat kuat, bertujuan untuk mengungkapkan sisi kemanusiaan. Fotonya telah menempel di berbagai tembok belahan dunia dari mulai Paris, Timur, Tengah, hingga Brazil. Terlebih setelah dinobatkan memenangkan TED tahun 2011, JR menjadi salah satu nama yang diperhitungkan dalam dunia street art.

4. Os Gemeos

Os-Gemeos-920x422

Os Gemeos merupakan inisial bagi kembar asal Brasil ini, namanya melambung berkat ciri khasnya menciptakan gaya mereka sendiri. Sebuah penggabungan dari gaya tradisional graffiti hip-hop dan budaya Brasil. Dengan pengaruh yang kuat di Brasil dan scene Amerika Selatan, Os Gemeos berada di garis depan seni jalanan saat ini. Karakter berkulit kuning dan mural berwarna cerah yang benar-benar berkesan, dapat ditemukan menjulang di dinding bangunan berbagai belahan dunia.

5. Banksy

Banksy-920x422

Seniman jalanan anonim ini mengguncang dunia di awal millenium 20oo dengan stensil yang sarat kritik bermuatan politis. Karyanya bermunculan di seluruh penjuru London dan menyebar ke seluruh dunia. Banksy telah menjembatani antara seni tinggi dan seni rendah yang selama ini terdapat sekat dan berjalan masing-masing. Pameran jalanannya di New York membuat ia relevan ketika melontarkan komentar politik dan sosial melalui seni.

6. Blu

Blu-920x422

Street artist asal Italia Blu dikenal karena mural yang sarat provokasi dan komentar sosial politik, dan ia telah memulainnya lebih dari satu dekade lalu. Karyanya memanfaatkan cat tembok dan rol untuk menghasilkan mural dengan skala besar. Blu membatasi karyanya dalam dunia seni tradisional dengan tidak memajang karya pada pameran, ia lebih memilih membuat video tentang karyanya yang ia rilis ke publik secara online.

7. ROA

ROA-920x422

Seniman asal Belgia ini menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir dengan artwork bernuansa hitam-putih dan bertema selalu binatang. Dalam setiap lokasi yang dikunjungi biasanya ia menggambarkan hewan asli tempat tersebut. Perjalanannya ke seluruh dunia menjembatani mural sebagai suatu bentuk seni yang legal.

8. Retna

Retna-920x422

Artist asal Los Angeles, Retna, dikenal karena karyanya yang menyerupai script kuno. Ia terinspirasi oleh teks graffiti dan kaligrafi yang kesemua karyanya merupakan penyampaian suatu peristiwa yang telah dialami oleh si artist. Uniknya, dalam setiap karyanya ia tak pernah menjelaskan secara rinci, ia biarkan orang-orang menginterpretasikan sendiri.

9. Zevs

zev-920x422

Artist asal Paris ini telah membuat berbagai karya dengan berbagai macam gaya graffiti, dengan menyisipkan komentar politik yang pedas. Salah satu karyanya “electric shadows” menggunakan billboard sebagai kanvas dan steam cleaners sebagai kuasnya. Zevs adalah seorang yang inovatif dengan gaya yang segar ditambah pesan di balik karyanya, membuat dirinya berpengaruh.

10. Vhils

Vhils-920x422

Vhils adalah seniman jalanan yang sedikit berbeda, karena karyanya tidak menggunakan cat melainkan dengan pahatan dan bor listrik. Ya, ia membuat ukiran wajah dengan skala besar dengan menciptakan sesuatu yang baru dengan tindakan pengrusakan. Artist asal Portugis ini membuat komentar sosial yang kuat dengan karyanya. Vhils mencerminkan pemikirannya tentang manusia ke dalam seni jalanan.

Sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *