10 Urban Artist Asal Asia

Urban artist Asia menggila hari ini, banyak bakat besar dalam seni kontemporer berasal dari benua ini. Beberapa-nya telah melanggar kekangan batas geografi dan melanglangbuana ke berbagai belahan dunia. Konsistensi dalam berkarya membuat mereka menjadi tokoh internasional yang menciptakan karya seni terbaik di seluruh dunia. Dari Iran, Korea Selatan, Jepang, Thailand, China, Indonesia, dll, semuanya memiliki seniman urban yang layak diperhitungkan. Berikut adalah 10 seniman urban asal Asia yang membuat karya seni menakjubkan!

1. Xeme – Pionir Graffiti

01-Xeme

Kita mulai daftar ini dengan salah satu nama seni jalanan terbesar dari Hong Kong, sebuah daerah dimana graffiti hampir tidak dikenal sebelum tahun 1990-an. Dimulai oleh seniman asing, seni graffiti mulai digeluti oleh seniman lokal beberapa tahun kemudian. Salah satu seniman lokal yang menjadi pelopor adalah Xeme yang memulai karirnya di tahun 2001, dan saat ini dianggap sebagai salah satu seniman yang paling menonjol di Hong Kong. Xeme dikenal sebagai salah satu seniman pertama yang menggunakan tulisan Cina dalam graffiti-nya. Selain karyanya yang luar biasa, Xeme dikenal sebagai pencipta Invasian Magazine, majalah yang didedikasikan sebagai dokumentasi seni jalanan di Asia.

2. Jung Lee- Fotografi dan Light Installations

02-Jung-Lee

Jung Lee merupakan seorang fotografer asal Seoul, Korea Selatan, yang karyanya menyebar di berbagai media dari patung hingga fotografi. Lee terkenal karena foto-foto yang berbasis teks surealis dengan instalasi cahaya yang terbuat dari tabung neon yang mengeksplorasi citra bahasa. Foto-foto Lee memberikan kesempatan untuk menemukan jalan sendiri ke dunia magis kenangan dan perasaan.

3. Mamafaka – Graphic Designer

03-Mamafaka

Pharuephon Mukdasanit atau dikenal sebagai Mamafaka merupakan salah seorang seniman urban dan desainer grafis yang paling menonjol asal Thailand. Dia merupakan pendiri BORED designer collective dan pencipta Mr. Hellyeah!, salah satu karakter yang paling dikenal pop art Thailand. Mr. Hellyeah! merupakan raksasa berbulu bermata satu dengan kumis yang muncul di mural, papan skateboard, Iphone, dan barang-barang fashion lainnya. Mamafaka merupakan seniman yang luar biasa, dengan passion yang tinggi terhadap ilustrasi dan tipografi. Dia memiliki rasa yang luar biasa dalam desain dan memiliki selera humor yang baik. Karyanya membuat Mamafaka terkenal dan menjadi salah satu seniman yang diperhitungkan. Sayangnya, ia meninggal pada 2013 karena kecelakaan ketika surfing di umur 34 tahun.

4. Lady Aiko – Mixed Media Art

04-Lady-Aiko

Lady Aiko Nakagawa adalah seniman jalanan kelahiran Jepang yang tinggal dan bekerja di New York. Dia dikenal sebagai pendiri kolektif artist Faile, tapi karirnya memuncak tatkala ia membuat mixed media art yang menawan di 2006. Aiko menggabungkan beberapa teknik dalam karyanya, dari stensil, kolase, spray paint, dan brushwork, dengan subjek karyanya berkisar tentang seksualitas, feminitas, dan keindahan hidup. Inovasi Aiko dalam berkarya menghasilkan keindahan yang luar biasa, menggabungkan beberapa pengaruh yang ketika kita melihatnya akan ditemukan jejak seni kontemporer Amerika, estetika tradisional Jepang, pop art, graffiti, dan street art, semua digabung menjadi satu dalam karya yang luar biasa.

5. James Jean – Fine Art Paintings

05-James-Jean

Artist asal Taiwan James Jean diakui secara internasional untuk karya fine art paintings dan ilustrasi komersial yang telah mengumpulkan banyak penghargaan bergengsi. Lulusan dari New York School of Fine Arts ini terkenal karena ilustrasinya yang menempel di cover DC Comics, dan klien lainnya seperti Rolling Stones Magazine, Time Magazine, Atlantic Records, dan Playboy. Pada tahun 2008 Jean berhenti bekerja pada ilustrasi komersial dan berfokus pada penciptaan lukisannya.

6. Alex Face – Baby Mardi

06-Alex-Face

Patcharapol Tangruen, lebih dikenal sebagai Alex Wajah merupakan seniman asal Thailand yang dikenal berkat karakter bayi yang dapat ditemukan di dinding bangunan yang ditinggalkan di Bangkok dan seluruh dunia. Bayi yang tampak lucu ini bernama Mardi dan terinspirasi oleh putri Alex Face. Karakternya mengungkapkan kesadaran sosial yang mendalam dari sang artist yang selalu marah dan terus-menerus khawatir tentang masa depan abu-abu dunia yang ia lihat melalui mata ketiga.

7. Haroshi – Skateboard Sculptor

07-Haroshi

Haroshi adalah pematung Jepang, tukang kayu otodidak, dan pemain skateboard dari Tokyo, dikenal karena patung besar yang unik dibuat dari bekas deck skateboard. Haroshi menciptakan patung melalui proses yang cermat dan beberapa langkah pengerjaan. Pertama dipilih skateboard secara bersamaan, kemudian ia mengukir dan memoles mereka, membuatnya menjadi patung pop yang khas dengan tampilan natural. Haroshi menghindari pewarna untuk patungnya, ia tetap mempertahankan warna asli dari deck yang digunakan.

8. A1ONE – Kaligrafi Persia dan Graffiti Barat

08-A1one

A1one merupakan seniman asal Teheran dan pelopor seni graffiti di Iran, diakui untuk gaya dinamis yang menggabungkan beberapa gaya berbeda, dan yang paling diakui adalah kaligrafi persia yang digabungkan dengan graffiti barat. Ketika ia memulai karir jalanannya di tahun 2003, A10ne merupakan orang pertama yang mencorat-coret dinding di kampung halamannya. Ia telah ditangkap beberapa kali oleh pihak berwenang karena kegiatannya, namun hal tersebut tidak menghentikan praketk ‘subversif’-nya. Lebih penting lagi, kini virus graffiti telah menyebar di Teheran dan beberapa seniman lain turut ambil bagian menyemprotkan spraycan dan mengikuti langkahnya. 

9. DALeast – International Urban Art Figure

09-DALeast

Pelukis dan pematung yang sangat produktif asal Cina DALeast adalah salah satu tokoh seni jalanan yang paling menonjol dari negaranya dan bisa dibilang salah satu nama terbesar di kancah seni urban dan graffiti internasional. Gelap namun memikat, lukisan rumit yang dapat ditemukan di lanskap dinding perkotaan seluruh dunia. Ia sangat terampil dalam memainkan cat untuk membuat berbagai objek, dari hewan hingga manusia.

10. Two-One – Visual Artist

10-Two-One

Hiroyasu Tsuri, atau dikenal dengan Two-One merupakan seniman jalanan Jepang, pelukis, dan pematung yang hidup dan bekerja di Collingwood, Australia. Visual artist ini memiliki minat awal terhadap graffiti, tetapi karirnya meroket setelah ia pindah ke Australia dimana ia dengan cepat menjadi salah satu tokoh yang menonjol di skena street art Melbourne. Karyanya berupa karakter yang mudah dikenali dengan estetika unik dan narasi metafisis yang telah berada di berbagai dinding seluruh dunia. Dalam setiap perjalannya ke berbagai belahan dunia ia selalu meninggalkan tanda khasnya.

Itulah sepuluh urban artist asal Asia yang menjadi bahan perbincangan dunia, kamu mengenal salah satunya Crowds? Beri kami komentar di bawah ini.

Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *