5 8-Bit Video Games of the 80’s

Pada tahun 80-an, game konsol berkembang dengan pesat dan menjadi hiburan andalan kaum muda pada zaman itu. Generasi pertama konsol video game dimulai pada tahun 1972. Generasi ketiga mulai berkembang pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM yang kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia. Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Permainan 8-bit apa sajakah yang paling terkenal di tahun 80-an? VideoFriday kali ini ingin menyegarkan kembali ingatan kalian tentang permainan konsol era 80-an. Bisa jadi salah satunya ada yang menjadi favorit kalian?!

1. Super Mario Bros

Super Mario Bros dikenal juga sebagai Mario, Super Mario atau SMB adalah suatu permainan platform yang dikembangkan dan dirilis oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System. Permainan ini membawa pengaruh yang besar pada perkembangan dunia hiburan rumahan dan merupakan salah satu permainan terlaris dengan penjualan lebih dari 40 juta copy hingga saat ini. Dengan latar permainan yang cerah dan alur cerita yang berkembang, Super Mario Bros. berhasil mengubah wajah industri permainan video. Dengan menyuguhkan tingkat yang berbeda pada setiap babak serta perkembangan karakter yang unik, permainan ini menjadi salah satu standar dalam permainan video rumahan.

2. The Legend of Zelda

The Hyrule Fantasy: The Legend of Zelda atau lebih dikenal dengan The Legend of Zelda) adalah suatu permainan petualangan yang didesain oleh Shigeru Miyamoto dan dikembangkan dan dirilis oleh Nintendo. Permainan ini bertempat pada sebuah dunia fantasi bernama Hyrule, pada permainan ini pemain berperan sebagai anak lelaki bernama Link yang berusaha menyelamatkan puteri Zelda dari Ganon, dengan mengumpulkan tiga potongan Triforce, sebuah artefak yang memiliki kekuatan besar, yang biasanya dijaga oleh tujuh pendeta atau keluarga kerajaan Hyrule. Sebagai permainan pertama dari seri The Legend of Zelda, permainan ini dirilis di Jepang pada periferal Famicom Disk System pada tahun 1986.

3. Mega Man 2

Mega Man 2, atau di Jepang dikenal sebagai Rockman 2: Dr. Wily no Nazo adalah permainan platform yang dikembangkan dan dirilis oleh Capcom untuk Nintendo Entertainment System (NES). Permainan ini dirilis di Jepang pada tahun 1988, dan di Amerika Utara di tahun-tahun berikutnya. Mega Man 2 masih menyajikan pertempuran protagonis melawan antagonis Dokterr Wily dan robot jahatnya. Permainan ini memiliki grafis dan gameplay yang berubah dari permainan Mega Man yang pertama.

4. Metal Gear

Metal Gear adalah video game aksi-petualangan yang dibuat oleh Hideo Kojima dan dikembangkan serta dirilis oleh Konami. Game pertama, Metal Gear, dirilis pada tahun 1987 untuk MSX2. Pemain mengambil kendali dari pasukan khusus dalam operasi Solid Snake yang ditugaskan untuk menemukan superweapon yang bernama “Metal Gear”, sebuah tank bipedal dengan kemampuan untuk meluncurkan senjata nuklir. Beberapa sekuel telah dirilis untuk beberapa konsol setelah permintaan dari Konami untuk menghasilkan game Metal Gear baru.

5. Tetris

Tetris adalah teka-teki yang didesain dan diprogram oleh Alexey Pajitnov pada bulan Juni 1985, pada saat ia bekerja di Pusat Komputer Dorodnicyn di Akademi Sains Uni Soviet di Moskow. Namanya berasal dari awalan numerik Yunani tetra yang bermakna bangun dengan empat bagian. Tetris terdapat pada hampir setiap konsol permainan video dan komputer pribadi, begitu juga pada peralatan lainnya seperti kalkulator, ponsel, pemutar media portable dan PDA. Walaupun Tetris muncul kebanyakan pada komputer rumahan, permainan ini lebih sukses pada versi Gameboy yang dirilis pada 1989 yang membuatnya sebagai permainan paling populer sepanjang masa.


Crowds, apakah kalian sudah mencoba semua permainan di atas? Permainan apa yang paling kalian sukai? Ayo tulis komentar di bawah ini atau mention @WDZG di Twitter.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *