5 Amazing Libraries in the World

Seberapa sering sih kamu pergi ke perpustakaan? Jangan-jangan jarang banget ya? Padahal kita bisa nemu banyak buku yang menarik di perpustakaan loh. Di berbagai negara, banyak banget bangunan perpustakaan yang unik dan bagus. Sepertinya kalau kita ke sana bisa buat kita betah berlama-lama membaca! Penasaran seperti apa 5 Amazing Libraries in the World versi Wadezig!? Tonton kelima videonya di bawah ini dalam Video Friday!

World’s Most Unusual Libraries

Dalam video ini, terdapat beberapa perpustakaan unik sekaligus. Seperti di Berlin, Jerman sebuah kotak telepon umum dijadikan perpustakaan mini, di Madrid terdapat perpustakaan di lorong metro yang bernama BiblioMetro. Sedangkan di Rostov-on-Don, Russia orang-orang mencari buku-buku yang unik di Lozhka Art-Café.

Library of Congress

Perpustakaan Kongres Amerika Serikat (Library of Congress) adalah perpustakaan nasional Amerika Serikat dan pusat riset Kongres Amerika Serikat. Perpustakaan ini mempunyai 3 buah gedung di Washington, D.C.. Perpustakaan ini dinobatkan sebagai perpustakaan terbesar di dunia dari segi luas, banyaknya rak buku dan total koleksi buku. Katalog perpustakaan ini mencatat terdapat lebih dari 32 juta judul buku yang ditulis dalam 470 bahasa. Perpustakaan Kongres juga menyimpan koleksi 61 juta manuskrip, dan koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan Kitab Gutenberg. Selain itu, perpustakaan ini juga menyimpan lebih dari 1 juta judul terbitan pemerintah Amerika Serikat,

Library Hotel

Apakah terbayangkan dibenak kamu menginap di sebuah perpustakaan? Hmm…sepertinya kalau kamu pergi ke New York City dan ingin merasakan sensasi menginap di perpustakaan, kamu wajib menginap di Library Hotel! Hotel unik dengan konsep perpustakaan ini didekorasi dengan framed art dan buku-buku. Nama-nama kamarnya juga sangat unik, seperti Fairy Tail Room dan Love Room. Ternyata koleksi buku di hotel ini mencapai 6000 buah loh! Sesuai dengan konsepnya, tentu saja hotel ini dilengkapi dengan ruang baca yang sangat besar dan nyaman. Penasaran seperti apa sih Library Hotel? Tonton videonya di bawah ini.

Europe’s Largest Public Library

Perpustakaan umum terbesar di Eropa baru saja dibuka di Birmingham. Inggris. Dengan struktur bangunan yang unik, perpustakaan ini menelan biaya pembangunan sebesar 188 juta poundsterling. Bangunan megah dengan 10 tingkat ini menjadi rumah bagi ratusan ribu buku dan menjadi salah satu tempat koleksi Shakespeare yang terbesar di dunia.

Centrale Bibliotheek

Centrale Bibliotheek terletak di jantung negeri kincir angin, Amsterdam. Luas bangunannya sekitar 28.000 meter persegi dan menjadikannya perpustakaan terbesar di Belanda. Sistem penerangan dan pengaturan suhu ruangan di perpustakaan ini menggunakan energi sinar matahari. Perpustakaan yang sangat ramah lingkungan.

Kalau kamu bisa membaca di salah satu perpustakaan di atas, perpustakaan mana yang ingin kalian kunjungi Crowds? Yuk mention kita di Twitter @WDZG atau kasih komentar di bawah ini! 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *