5 Artistic Cities in the World

Berencana untuk berlibur keluar negeri? Mungkin kota-kota di bawah ini bisa menjadi pilihan berlibur yang pas bagi kalian yang ingin berlibur sekaligus menikmati keindahan seni kota tersebut. Patung marmer, lukisan-lukisan era Renaissance, seni jalanan perkotaan menghiasai kota-kota seni di dunia ini. Para kolektor, kritikus dan curator seni dunia pun menjadikan kota-kota ini sebagai markasnya. Yuk tonton Video Friday minggu ini: “5 Artistic Cities in The World”.

1. Paris, Prancis

Siapa yang tak kenal atau bahkan tak bermimpi untuk mengunjungi kota Paris? Rasanya semua orang ingin bisa mengunjungi ibukota Prancis ini. Paris juga merupakan ibukota budaya dunia dan tempat di mana kegiatan artistik dan kreatif tidak mengenal batas. Tari Afrika dan tango, masakan Italia dan makanan Thai… Kalian dapat mengikuti berbagai kegiatan seni yang tak terbatas untuk semua lapisan masyarakat. Apakah kalian suka bernyanyi, fotografi, makanan, patung atau kegiatan kreatif lainnya? Atau apakah kalian seorang seniman profesional, amatir atau hanya sebagai penikmat seni? Kalian bisa menemukan semuanya di Paris!

2. Roma, Italia

Roma, yang mempunyai julukan Kota Abadi, adalah ibu kota dan kota terbesar di Italia. Kota Roma terkenal akan Kekaisaran Romawi, the Seven Hills, La DolceVita, Kota Vatikan dan Three Coinsin the Fountain. Sebagai pusat kekuasaan selama berabad-abad, pusat budaya, dan pusat agama, telah memberikan pengaruh besar kepada dunia selama sekitar 2.800 tahun keberadaan kota Roma. Dengan warisan seni zaman Etruscan , Roma adalah salah satu kota besar di dunia seni. Sepanjang sejarahnya, Roma telah memainkan peran utama dalam pergolakan besar seni Barat dan hasilnya bisa terlihat dari patung-patung klasik yang menakjubkan, lukisan dinding Renaissance yang indah, dan gereja barok yang megah. Berjalan di sekitar pusat kota, kita bisa menemukan karya-karya hebat seperti patung-patung buatan Michelangelo, lukisan karya Caravaggio, lukisan dinding oleh Raphael, air mancur karya Bernini. Di Roma, seni tidak jauh dari pandangan, kita dapat menemukan karya seni di sekitar kita selama kita berada di kota itu.

3. London, Inggris

London, ibu kota Inggris Raya ini mempunyai pameran seni yang bergengsi, diantaranya Frieze Masters dan Frieze London. Frieze London memamerkan seni kontemporer, sementara Frieze Masters memamerkan barang-barang yang berasal dari awal Abad 21. Tahun lalu, kedua pameran ini melibatkan 90 pedagang internasional, dan tamunya merupakan para curator dari seluruh dunia. Barang-barang yang dipamerkan dan dijual di sana antara lain artefak-artefak dari jaman Mesopotamia kuno, pualam jaman Renaissances, sepasang lukisan asli karya Picasso, dan juga sebuah lukisan asli karya Joan Miró. London memang sarat dengan seni dan London merupakan salah satu kota yang aktif menggelar pameran seni. Pada 2013 lalu, sebuah survey dari London Art Fair mengungkapkan bahwa 64 persen dari galeri percaya bahwa London adalah pusat dari pasar seni. Untuk menikmati seni, kamu juga bisa datang ke Victoria & Albert Museum, Tate Modern the British Museum, atau Royal Academy of Arts.

4. Maastricht, Belanda

Di kota Maastricht, setiap tahun diadakan The European Fine Art (TEFAF), sebuah pecan seni yang paling bergengsi di seluruh dunia, dan biasanya dihadiri oleh para kolektor dan perwakilan museum-museum di dunia. Peserta TEFAF terdiri dari 260 galeri dari 20 negara di dunia, dan para pesertanya memamerkan karya terbaik mereka di pasaran – mulai dari lukisan tua, barang antik, perhiasan, dan sebagainya. Pameran ini juga melibatkan 175 pakar seni dari seluruh dunia, dan punya 29 kategori yang berbeda. Maastricht terletak di sebelah selatan Belanda, dekat Belgia. Orang-orang Belanda biasanya berakhir pekan di sini. Ada took buku tercantik di seluruh dunia yang bernama SelexyzDominicanen. Kalian juga bisa mengunjungi Bonnefantenmuseum, tempat karya seniter baik dipamerkan.

5. New York City, Amerika Serikat

The Empire State Building, Patung Liberty, the Guggenheim, The Metropolitan Museum of Art, adalah beberapa museum yang berada di kawasan Manhattan. Museum-museum tersebut memang berada di peringkat atas dalam jajaran museum di Amerika Serikat disertai dengan pemandangan kotanya yang terkenal di dunia. Dirancang oleh Frank Lloyd Wright, Solomon R.Guggenheim Museum adalah museum yang sangat mengesankan, baik dari dalam maupun dari luar, dengan bangunan silinder di bagian luarnya. Interior museum dipenuhi seni impresionis-kontemporer dan modern.

Keren-keren banget kan kota-kota seni dunia di atas?! Semoga kota-kota di Indonesia juga bisa menjadi kota seni berkelas dunia di masa mendatang karena seni di Indonesia tak kalah hebat dibandingkan negara lainnya. Tempat artistik seperti apa yang ada di kotamu, Crowds?

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *