5 Pemain Band Ini Ternyata Jago Gambar Loh!

Setiap orang dianugerahi berbagai macam talenta dan keahlian pada berbagai macam bidang. Keahlian seseorang biasanya jadi ciri khas dan melekat pada citra yang ditampilkannya. Ini bisa berawal dari hobi atau memang seseorang tersebut serius menekuninya dengan belajar terus menerus, formal maupun otodidak. Tak jarang keahlian tersebut jadi pekerjaan yang digelutinya setiap saat.

Seperti yang akan kami ceritakan kali ini, kami punya daftar para musisi yang tidak hanya jago bermain musik tetapi mereka juga lihai membuat artwork atau ilustrasi. Disela-sela kesibukan bermusiknya seperti manggung atau latihan bersama band, mereka mengisinya dengan membuat artwork. Karya gambar mereka tak bisa dipandang sebelah mata, berbagai pameran dan kolaborasi jadi bukti bahwa keahlian menggambar dan bermain musik mereka sama bahayanya, seimbang! Berikut daftarnya.

1. Farid Stevy (FSTVLST)

Sumber foto: instagram.com/faridstevy/

Pria yang merupakan vokalis band asal Yogyakarta, FSTVLST (dibaca: Festivalist), ini dikenal dengan karya visual khas. Skema warna merah, hitam, putih, dan permainan kata-kata sarat makna jadi andalannya. Jika kalian pernah melihat logo Kereta Api Indonesia dan logo snack keripik pedas Maicih itu juga merupakan hasil karyanya. Pada tahun 2016 silam Farid menggelar pameran tunggal bertajuk Too Poor For Pop Culture, Too Hungry For Contemporary.

2. Morggth (Rajasinga)

Sebuah kiriman dibagikan oleh @morrgth pada

Sumber foto: instagram.com/morrgth/

Selain sebagai pembetot bass band grindcore Rajasinga, Indra Wirawan, alias Morggth ini dikenal juga sebagai freelance artist & ilustrator. Suasana kelam, drama visual naratif, dan fantasi psikedelia merupakan karakter dari gambar-gambar Morggth. Dalam berkarya, lulusan Jurnalistik Unikom Bandung ini banyak menggunakan medium cat air dan kertas. Dengan ciri khas karyanya, artwork dan ilustrasi Morggth banyak digunakan oleh band-band underground lokal maupun internasional.

3. Ken Terror (Kontra Sosial)

Ken Terror merupakan seorang seniman otodidak yang aktif membuat karya sejak dekade 90-an akhir. Ilustrasinya memiliki ciri khas gambar hitam-putih yang sarat dengan sinisme sosial, sarkasme, dan sering kali menyiratkan kritik terhadap sistem yang mapan. Ken dikenal juga sebagai musisi yang tergabung di beberapa band seperti Radio Riot, Hard To Find, Domestik Doktrin, Tuberculosis, Hark! It’s A Crawling Tar-Tar, dan Kontra Sosial.

Wadezig! pernah berkolaborasi dengan Ken Terror untuk edisi Wadezig! Horoscope Series tahun 2015. Karyanya merepresentasikan zodiak Aquarius, Gemini, dan Virgo.

4. Tremor (Milisi Kecoa)

Tremor, merupakan graphic designer dan ilustrator yang berasal dari scene punk sekaligus vokalis salah satu band punk, Milisi Kecoa. Karya-karyanya bertema horror dan punk dengan ciri khas hitam-putih menggunakan medium tinta dan kertas.

Pada edisi Rocktober tahun 2014 kami mengajaknya berkolaborasi membuat karya mash-up, spoof/parodi cover album band punk menjadi bertema zombie.

5. Danang Prihantoro/Unbound (Speedkill & Petaka)

Sumber foto: instagram.com/unboundkill/

Unbound, nama alias yang digunakan oleh Danang Prihantoro ketika berkarya. Pria asal Jakarta ini dikenal sebagai tattoo artist, ilustrator, dan vokalis untuk band Petaka dan Speedkill. Karya-karya bertema tengkorak dan pewarnaan hitam-putih jadi ciri yang melekat. Tidak hanya kertas, berbagai bagian tubuh manusia jadi kanvas ketika ada yang ingin dibuatkan tattoo olehnya.

Diluar daftar ini masih banyak musisi-musisi lain yang jago menggambar dan membuat ilustrasi. Ada yang ingin menambahkan? Tulis di kolom komentar ya.

Foto banner: pixabay.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *