5 Video Klip Terbaik David Bowie

Empat dekade berkarya, David Bowie merupakan seniman dalam segala hal. Dari cara berpakaian, aksi panggung, serta hal-hal lain diluar musik seperti menjadi kolektor seni. Ia pun merupakan pelopor dalam video musik, Bowie menyebut video klip sebagai salah satu bentuk seni, oleh karena itu ia terus bereksplorasi dengan klip-klip miliknya sepanjang karirnya. Bahkan beberapa hari sebelum kematiannya ia merilis video klip terbaru, “Lazarus,” dengan menampilkan Bowie terbaring di rumah sakit dengan mata tertutup.

1. Space Odditty

Video yang merupakan salah satu track di album 1969 ini tetap menjadi ikonik bahkan bertahun-tahun setelahnya. Hal itu terjadi karena di masa-masa tersebut masih sangat sedikit seniman yang terpikirkan membuat video klip. Meskipun telah lama dirilis, video klip ini baru diputar di MTV 12 tahun kemudian.

2. Life On Mars?

Fotografer rock asal Inggris Mick Rock adalah sutradara video klip “Life on Mars?” yang merupakan lagu dari album Hunky Dory tahun 1971. Konsep video ini sangat sederhana, menampilkan Bowie bernyanyi dalam latar putih dengan rambut merah menyala, setelan jas biru muda, dan eye shadow yang senada dengan pakaiannya. Sungguh sangat berkesan video ini!

3. Heroes

Dalam video ini Bowie hanya mengenakan jaket kulit dengan bagian dada terlihat, dan berdiri sepanjang lagu. Video ini sangat terlihat biasa, apabila bukan Bowie yang bernanyi kamu mungkin bosan dan memutuskan untuk tidak menontonnya lagi bahkan sebelum lagunya usai. Tapi Bowie membuatnya berbeda, karisma dan kebintangannya yang kuat membuat video ini tetap dilihat hingga usai.

4. I’m Affraid of Americans

Lagu yang berasal dari album Earthling di tahun 1997 ini menampilkan Bowie yang ketakutan berjalan di sekitar jalanan New York dan terus diikuti oleh frontman Nine Inch Nails Trent Reznor.

5. Blackstar

Karir Bowie dipenuhi dengan referensi-referensi fiksi ilmiah dan luar angkasa, maka tak heran dalam salah satu video terakhirnya ia kembali ke ruang angkasa. Video klip yang lebih cocok disebut film pendek ini berjudul “Blackstar” dengan durasi 10 menit. Dalam video ini juga menampilkan beberapa footage untuk video “Lazarus” yang dirilis beberapa hari sebelum kematiannya.

Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *