5 Video Populer Sebelum Youtube Lahir

Jauh sebelum YouTube lahir, para pengguna internet sudah mulai mengunggah video yang mereka buat ke internet menggunakan berbagai program jaringan yang tersedia saat itu. Dari banyaknya video kala itu, ada sejumlah video yang menjadi sangat populer karena orang-orang membicarakannya serta turut menyebarkannya kembali.

Sebagai informasi YouTube didirikan pada bulan Februari 2005 oleh tiga orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hal tersebut berarti, video-video populer ini dibuat sebelum tahun 2005, dan apabila dilihat video tersebut memiliki resolusi rendah karena belum memadainya teknologi kala itu, meskipun ada video animasi dengan gambar memadai.

Dan ucapkan terima kasih kepada penemu YouTube, karena berkat merekalah kita bisa dengan mudah mengunggah video dan membagikannya ke khalayak luas. Termasuk video-video populer sebelum Youtube ada ini, beberapa orang mengunggahnya kembali, hingga kita bisa melihatnya sampai sekarang. Lalu, apa saja video yang populer sebelum Youtube ada, #VideoFriday kali ini kami menghadirkannya.

1. Star Wars Kid (2003)

Dilansir About Technology, pada awal tahun 2000-an, seorang remaja bertubuh gempal merekam dirinya sendiri. Dalam video lucu ini ia tampil dalam sebuah adegan pertarungan imajiner dengan Star Wars yang berpura-pura menggunakan pedang cahaya.

Menurut laman Know Your Meme, video ini di-upload ke sebuah program jaringanfilesharing bernama Kazaa dan kemudian tersebar secara luas. Lalu beberapa situs humor merubahnya menjadi parodi dan dibuat dengan efek khusus. Video bertajuk Star Wars Kid ini diperkirakan telah dilihat lebih dari satu miliar kali.

2. Dancing Baby (1996)

Sebelum digunakan sebagai soundtrack film Guradians of the Galaxy, lagu berjudul Hooked On A Feeling ini telah dipakai untuk backsound video yang dikenal dengan sebutan Dancing Baby atau Oogachaka Baby, dan sangat populer di tahun 1990-an. Video ini menampilkan animasi 3D bayi yang sedang menari dengan intro lagu dari band rock asal Swedia, Blue Swede.

Video tersebut tersebar melalui pesan email berantai, jauh sebelum media sosial dan era Web 2.0 melanda dunia internet. Pastinya kamu pernah melihat video ini bukan?

3. Don Hertzfeldt’s Rejected (2000)

Sebuah film komedi pendek yang disebut `Rejected` mulai bermunculan di situs humor internet di awal tahun 2000-an. Saat itu Don Hertzfeldt’s Rejected dinominasikan sebagai Best Animated Short Film pada ajang Academy Awards.

Padahal, film kartun ini berisi konten yang aneh dan tidak masuk akal. Kutipan seperti “I am a banana” dan “My spoon is too big!” dari film ini menjadi salah satu kata paling populer yang kerap diparodikan oleh berbagai kalangan.

4. Numa Numa (2004)

Video bertajuk Numa Numa ini menampilkan seorang pria yang menari dan bernyanyi  lip-synch lagu Dragostea din tei. Video ini di-upload ke situs hiburan Newgrounds pada tahun 2004 dan langsung menjadi viral.

Saat itu video lucu tersebut telah dilihat jutaan kali dan saat ini mungkin telah ditonton lebih dari satu miliar kali, mengingat banyak salinan video itu yang tersebar di Internet.

5. The End of the World (2003)

The End of the World adalah film animasi pendek konyol yang menggambarkan hari kiamat. Video ini tersebar secara luas setelah di-upload ke situs humor Albino Blacksheep pada tahun 2003.

Beberapa bagian dari narasi dalam film kartun ini menjadi ikonik, seperti “I am le tired,” dan “WTF, mate?” Kemudian video ini dengan cepat menyebar ke sejumlah situs humor lain.

Nah Crowds itulah beberapa video yang sempat populer sebelum situs Youtube ada. Video mana yang mwnjadi favoritmu?

Referensi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *