8-Bit (Bagian Kedua): Musik dan Chiptunes

drop1410_gameboy_set_2_big

Setelah kemarin melihat asal mula konsol dan video game http://bit.ly/1lQ8uoI. Kali ini kami mau ajak kalian tahu lebih dalam tentang 8-Bit dari sisi musik. Udah pada tahu ‘Chiptune’? Kalau belum semua akan dijelaskan dalam artikel kali ini.

Dalam sebuah video game dibutuhkan suatu musik latar untuk menambahkan kesan ketika bermain game tersebut. Suara yang Masih ingat dengan musik latar dalam game Mario Bros yang dimainkan dalam Nintendo atau game Boy? dihasilkan sangat sederhana dan mempunyai ciri khas tersendiri. Ya, itu adalah salah satu contoh dari musik 8-bit atau biasa disebut dengan Chiptune. Chip Music atau Chiptune adalah musik yang dibuat dari sound format yang telah disentiskan secara realtime oleh komputer atau video game sound chip. Berawal ketika bangkitnya era home computer dan konsol game pada awal 80an. Musik ini dibuat dengan menggunakan komputer kuno seperti Commodore 64, Commodore Amiga atau Atari ST dan konsol video game seperti Gameboy, NES dan Atari 2600. Secara garis besar, musik 8-bit dibuat dengan menggunakan tracker.

Musisi chiptune pada masa itu membuat musik untuk mengisi soundtrack atau elemen efek game console. Keunikan dari musik chiptune adalah pada sound 8 bit dan 16 bit (4.41khz-48khz-96khz). Di bawah itu hanya menyerupai dalam 4 gelombang dasar. Di dalam 8 bit (chiptune) sendiri terdapat 4 jenis basic waveform yaitu sine wave, squere wave, pseudo-triangle dan low-resolution noise. Chiptune sangat populer pada periode pertengahan 1980 sampai awal 1990. Dimana pada saat itu untuk membuat musik dengan komputer hanya tersedia sound chip tersebut. Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para komposer dalam menciptakan instrument sendiri. Tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih kompleks. Dalam perkembangannya banyak musisi yang membuat musik chiptune secara komersil.

Contoh musik chiptune

Ada banyak sekali jenis musik 8 bit berdasarkan konsol atau komputer yang digunakan. Salah satu yang populer digunakan sampai saat ini adalah Gameboy. Musik 8 bit yang dibuat dengan menggunakan Gameboy sangat terkenal kepraktisannya. Tingkat kepopuleran Gameboy musik bermula pada tahun 1998, ketika seorang art student dari Jerman bernama Oliver Wittchow merilis cartridge bernama Nanoloop. Sebuah kaset game gameboy yang digunakan khusus untuk membuat musik.

nanoloop-lotNanoloop Cartridge

Disusul oleh Johan Kotlinski dari Swedia yang merilis Littlesounddj atau LSDJ pada tahun 2000. Kedua program itu sangat banyak digunakan oleh para musisi yang menggunakan Gameboy.

Lsdj_gameboyLSDJ Cartridge

Musik chiptune kadang terdengar “kasar” dan “menciut” bagi para pendengar yang tidak biasa dengan musik tersebut. Wadezig! juga sempat ngobrol-ngobrol dalam ThurstyTalk dengan komunitas Chiptune Indonesia http://bit.ly/1kASClO dan salah satu band chiptune asal Bandung yang bernama Syubidupidapap http://bit.ly/1igvcki. Udah pernah dengerin musik chiptune? Siapa sih musisi chiptune favorit kalian, Crowds?

Sumber: http://bit.ly/1mtB0iH


One reply on “8-Bit (Bagian Kedua): Musik dan Chiptunes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *