Asal Mula Waistpack

Waist pack atau waist bag merupakan tas berukuran kecil yang biasana dikenakan di sekitar pinggang dan pinggul. Terdapat banyak istilah untuk tas ini, orang Amerika saja menyebutnya dalam delapan istilah berbededa seperti: ‘fanny pack’, ‘belt pack’, ‘belly bag’, ‘chaos pouch’, ‘buffalo pack’, ‘hip sack’, ‘phany pack’, dan ‘butt pack’. Sedangkan Inggris dan Australia menyebutnya sebagai ‘hip pack’, dan ‘bum bag’. Daerah Amerika Utara serta Irlandia menyebutnya ‘Koala’, dan di Afrika Utara tas kecil ini disebut ‘Moon Bag’. Untuk Indonesia sendiri kita menyebutnya dengan tas pinggang.

WBM0032016 LUSLIG BROWN IDR 159.000

Ada yang menarik dari istilah ‘fanny pack’ yang berekembang di Amerika Serikat. Menurut cerita, penamaan tersebut muncul dikarenakan kebiasaan menggunakan tas ini yang menghadap ke pantat bagian belakang. ‘Fanny’ dalam bahasa slang Amerika berarti pantat. Namun, penggunaan ‘waist pack’ dengan bagian tas menghadap kebelakang jarang dilakukan karena sulit untuk dijangkau serta rawan terhadap pencopetan.

fannypack

Banyak pengamat fashion beranggapan penggunaan tas ini kuno dan ketinggalan zaman. Streotipe pengguna waist pack melekat pada turis-turis yang sedang berlibur dan juga orang tua. Musisi ‘Weird Al’ Yankovic bahkan mengolok-olok pemakaian tas ini dalam lirik lagunya yang berjudul ‘White & Nerdy’.

When my friends need some code who do they call?
I do HTML for them all
Even made a homepage for my dog!
Yo! Got myself a fanny pack
they were having a sale down at the GAP
Spend my nights with a roll of bubble wrap
POP POP! Hope no one sees me gettin’ freaky!

Sifat waistpack yang mudah dijangkau serta praktis ketika digunakan, dalam perkembangannya kadang digunakan sebagai tempat menyimpan pistol. Bahkan akhirnya, banyak produsen membuat waistpack yang dirancang untuk membawa barang tersembunyi hingga berbentuk khusus pistol didalamnya.

ESCORT_b

Pada tahun 2011 seorang desainer handbag keturunan Korea-Amerika bernama Sang A Im-Propp, mencoba mengembalikan kejayaan tas ini dengan membuat desain yang elegan dan stylish. Tas yang dibuatnya terbuat dari bahan kulit buaya dan berhasil terjual 1.995 dollar. Seiring perkembangan mode, kini banyak model waistpack yang dibuat dengan lebih stylish. Penggunaannya pun kini tidak hanya di bagian pinggang saja, namun bisa juga dipakai ala slingbag yang membuatnya lebih fashionable. Memakai waistpack kini tidak akan terlihat ketinggalan zaman atau jadul malah akan tampak keren.

18 resize

Waistpack saat ini merupakan fashion item yang wajib dimiliki berkat kepraktisannya dan kegunaannya. Wadezig! pun memiliki koleksi waistpack yang bisa kalian cek di sini.

Sumber


2 replies on “Asal Mula Waistpack

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *