Band Dengan ‘Gimmick’ Topeng

Kostum bagi para musisi ketika tampil diatas panggung, saat ini bukan hanya sebagai pelengkap saja, melainkan lebih dari itu, baik itu topeng atau aksesoris yang dikenakannya bagi mereka sudah menjadi ciri khas suatu band. Maka tak heran, apabila ada suatu band tersebut yang sudah terbiasa memakai topeng atau aksesoris, tidak memakai kostum kebesarannya akan terlihat aneh. Berikut beberapa band yang memakai kostum:

Kiss

Kiss adalah salah satu american rock band yang terbentuk di New York, Desember 1972. Mereka terkenal dengan tampilan cat wajah dan performa live-nya yang gila-gilaan dimana mereka menampilkan aksi fire breathing, blood spitting, smoking guitars, dan pyrotechnics. Band ini telah memperoleh 24 sertifikat gold dan sukses menjual 80 juta keping kopi album mereka.

kiss

Berzerker

Band ini berasal dari Australia, mereka mengusung aliran Industrial Death Metal. Sebagian besar video musik mereka telah dilarang untuk ditayangkan, karena diketahui video musik mereka menyebabkan serangan epilepsi. Bahkan dari salah satu video musiknya, mereka menggunakan bagian-bagian tubuh mayat untuk penampilan mereka.

berzerker

Slipknot

Band ini terdiri dari 9 personil. Mereka telah merilis 4 album studio. Setiap anggota band memiliki topeng yang sesuai dengan kepribadiannya masing-masing. Kontroversi seputar topeng mereka, yaitu mereka di tuduh telah mencuri gaya “Mushroomhead”. Namun terlepas dari kontroversi itu, mereka telah dipilih menjadi “best live act”.

slipknot

Buckethead

Dia adalah seorang musisi dan penulis lagu, yang telah merilis 27 album solo. Dia memainkan semua jenis aliran musik dari bluegrass sampai thrash metal. Dan yang membuat dia semakin aneh adalah dia mengaku telah dibesarkan oleh ayam!. Inilah sebabnya mengapa dia memakai “bucket” di kepalanya. Dia ingin semua orang sadar akan bencana pembantaian yang terjadi di restoran ayam di mana-mana.

Vegoose Music Festival - Day One

Daft Punk

Daft Punk terdiri dari dua musisi asal Perancis. Mereka adalah duo elektronik yang terkenal dalam dunia “House Music”. Identitasnya tertutup rapat bahkan ketika menghadiri Grammy Award mereka tetap mengenakan topeng.

daft punk

GWAR

GWAR adalah band thrash metal dengan lyrics vulgar. Mereka mengaku datang dari luar angkasa untuk memerintah planet ini. Mereka mengatakan bahwa mereka harus kuat untuk alam semesta dan sekarang mereka hanya akan mengambil alih dunia ini.

Gwar In Concert - Los Angeles, CA

The Residents

Band ini terdiri dari 4 anggota dengan aliran avant-garde dan telah merilis 60 album! dengan film pendek, 3 CD-ROM dan 10 DVD.

the residents

Mushroom Head

Band Alternative Metal ini menggabungkan berbagai jenis aliran musik seperti alternative, heavy metal, dan electro-industrial musik ke dalam satu sub-genre. Selama bertahun-tahun pemakaian topeng telah mengalami perubahan sesuai dengan kepribadian masing-masing anggota.

mushroomhead

Lordi

Band ini berasal dari Finlandia, mereka mengusung genre Hard Rock/Heavy Metal. Karakter dari film horror favorit mereka menjadi pilihan dalam penggunaan kostumnya.

lordi

Beberapa band di Indonesia pun menggunakan topeng sebagai ciri khasnya, diantaranya:

Mesin Tempur

mesin tempur

Mesin Tempur adalah band dengan genre Grindcore yang bersal dari Ujung Berung Bandung. Mereka terkenal akan kelakuan gila saat berbincang sebelum membawakan lagu seperti membagi-bagikan makanan hingga celana dalam. Lagu mereka pun cukup fenomenal seperti lagu dengan judul ‘Bom Bali 1’ yang hanya berdurasi 5 detik saja.

Purgatory

purgatory

Purgatory adalah sebuah grup musik death metal asal Jakarta, grup musik ini dibentuk pada tahun 1994 oleh Lutfi sang gitaris bersama dengan adik kandungnya yaitu Al yang memainkan drum. Lirik yang dibawakan oleh Purgatory adalah berkisar tentang ajaran agama Islam, perang Uhud, kematian, dan lain-lain.

 


One reply on “Band Dengan ‘Gimmick’ Topeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *