Bangkitkan Keberanian Dalam Dirimu!

Bulan Februari yang bertepatan dengan ulang tahun ke-13 kami mengusung tema “Bravery”. Dalam bahasa Indonesia bravery berarti keberanian, dan untuk menjadi diri kita sendiri dibutuhkan sifat satu ini. Keberanian merupakan modal dasar melangkah, prinsip dan keteguhan hati dibangun dengan hal ini. Lalu, bagaimana untuk membangkitkan keberanian yang ada pada diri kita? Berikut informasinya.

1. Terimalah Ketakutan Anda

Bersikap berani untuk melakukan sesuatu meskipun takut. Ketakutan berasal dari respons alami tubuh ke respons perlawanan atau penghindaran otak. Otak mengirimkan kortisol, hormon yang menimbulkan stres, ke seluruh sistem saraf tubuh, sehingga tubuh memiliki energi berlebihan. Ketakutan adalah perilaku yang dipelajari, berdasarkan reaksi kimia otak, namun diperkuat dengan dunia di sekitar kita yang telah melatih kita untuk takut. Belajar mengatasi ketakutan dan melewatinya adalah melatih kembali pikiran. Tidak dilawan, tapi menyerapnya dengan membuka diri terhadap hal-hal yang ditakuti.

2. Usahakan Untuk Tidak Ragu-Ragu

iStock_000033474628Small

Semakin lama otak membuat alasan untuk tidak berani, semakin lama waktu yang Anda lalui untuk bersikap panik terhadap efek negatif yang hanya berdasarkan dugaan. Jika Anda berada dalam situasi di mana harus menangkap laba-laba, melompat dari pesawat terbang, atau mengajak seseorang untuk berkencan, lakukan tanpa ragu dan lakukan sepenuh hati.

3. Belajarlah Untuk Bersikap Sadar

130922-130551

Bersikap sadar adalah ketika Anda benar-benar hadir dalam momen saat ini. Kesadaran bisa membantu mengubah otak untuk mengatasi ketakutan dengan cara yang lebih efektif. Anda harus memberi waktu untuk diri sendiri untuk mempelajari kemampuan ini dan hal ini membutuhkan latihan.

4. Keluarlah Dari Zona Nyaman

Keluar dari zona nyaman bisa menyebabkan kecemasan, namun ini adalah cara yang baik untuk belajar berani. Melakukan sesuatu yang tidak biasa Anda lakukan akan membantu Anda mengatasi hal yang tak terduga, di mana ketakutan sering kali muncul. Belajar mengatasi ketakutan, dalam situasi yang telah Anda pilih, bisa membantu Anda bertindak dengan berani ketika hal tak terduga muncul.

5. Bangunlah Rasa Percaya Diri

2015-12-04-1449210149-2724155-SelfConfidence

Memiliki rasa percaya diri membuat Anda percaya pada kemampuan dan diri sendiri serta menyadari bahwa Anda lebih dari sekadar ketakutan yang Anda miliki. Ketika memiliki rasa percaya diri, Anda akan menyadari bahwa akan lebih mudah untuk melakukan tindakan berani. Dibutuhkan latihan untuk membangun rasa percaya diri, dan bisa dimulai dari kehidupan sehari-hari.

Sumber


One reply on “Bangkitkan Keberanian Dalam Dirimu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *