Beginilah Lika-Liku Di Balik Penciptaan Logo Adidas

Salah satu logo brand paling ikonik yang mudah diingat adalah milik Adidas. Hanya dengan grafis tiga garis minimalis yang biasa disebut “The 3-Stripes”, Adidas merajai merek sportswear yang ada di dunia. Merek asal Jerman bentukan Adi Dassler yang berdiri tahun 1947 ini memiliki cerita menarik di balik penciptaan logonya.

Bermula ketika kakak beradik Rudolf dan Adolf “Adi” Dassler membuat perusahaan sepatu bernama Dassler Brothers Shoe Factory tahun 1924. Sepatu buatan perusahaan ini memiliki dua garis di bagian tengahnya yang berfungsi untuk mempertahankan struktur atau bentuk sepatu. Perusahaan ini terus berjalan sampai akhirnya Perang Dunia II meletus. Seperti kebanyakan pabrik di Jerman saat itu, pabrik-pabrik milik mereka dialihfungsikan untuk menyuplai kebutuhan militer.

Dikala perang berkecamuk, hubungan Rudolf dan Adi ikut retak karena saling curiga. Hal ini membuat keduanya berpisah dan mendirikan perusahaannya masing-masing. Rudolf membuat RuDa yang kemudian dikenal sebagai PUMA, dan Adi memulai Adidas. Awal menjalankan Adidas masalah sudah muncul, Adi tidak diperkenankan menggunakan fitur dua garis dari perusahaannya terdahulu. Solusinya? Adi menambahkan garisnya menjadi tiga, menciptakan “The 3-Stripes” yang dikenal hingga saat ini. Menarik untuk dibahas bahwa logo Adidas berawal dari fungsi atau fitur penunjang sepatu bukan dari hal yang menyangkut estetika.

Apakah cerita selesai sampai di sini? Tunggu dulu! Ketika Adi ingin mendaftarkan hak cipta “The 3-Stripes” untuk Adidas ternyata ada brand asal Finlandia, Kahru, telah mendaftarkan nama dan simbol ini jauh sebelumnya. Beruntungya, brand tersebut setuju menjual hak ciptanya kepada Adidas seharga $ 1,800 dan dua botol whiski dalam negosiasinya.

Beberapa dekade berlalu, kini Adidas jauh melampaui sebagai merek yang digunakan hanya untuk olah raga saja, tetapi telah menjadi bagian gaya hidup. Kolaborasi bersama Kanye West dan Pharell Williams adalah tandanya.

Lihat video di balik penciptaan logo Adidas di bawah ini.

Referensi 1
Referensi 2


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *