Belajar Kaligrafi dan Hand Lettering Bersama @Kaligrafina

Seni menulis indah atau kaligrafi sudah dikenal sejak lama, bahkan mungkin kita pernah mempelajarinya tatkala duduk di bangku sekolah dasar. Tetapi, hal tersebut tak pernah dianggap serius, banyak orang mengabaikan bentuk tulisan mereka sendiri. Sedangkan penelitian mengatakan bahwa kepribadian seseorang dapat terlihat dari tulisan tangannya.

Berbicara mengenai tulis-menulis, kami akan ajak kalian berkenalan dengan teman-teman Kaligrafina. Bagi mereka ukiran huruf dan kata adalah hal yang sangat serius dan menjadikannya karya seni mengagumkan. Tengok saja laman instagramnya, di sana terdapat banyak postingan karya kaligrafi dan hand lettering yang indah. Komunitas ini menjadi wadah untuk bertukar informasi seputar kaligrafi di Indonesia, tak jarang Kaligrafina memberikan tips-tips bagi mereka yang ingin belajar seni ini. Lebih dari itu, satu bulan sekali komunitas ini rutin menggelar kegiatan bernama “Pen Meet Up,” dimana pecinta dan penggiat kaligrafi yang tersebar di berbagai penjuru kota berkumpul di kotanya masing-masing untuk belajar kaligrafi bersama.

Tak habis rasa ingin tahu kami mengenai kaligrafi dan hand lettering, oleh karena itu kami mendatangkan Kaligrafina pada edisi #ThurstyTalk (21/01), simak obrolannya di bawah ini.

@WDZG: Yup, ini Kamis artinya #ThurstyTalk datang kembali. Kali ini kami bakal kedatangan @kaligrafina siapa mereka? Pantengin terus timeline kita

@WDZG: Nah, buat yg penasaran, kita langsung sapa mereka. Halo-halo @kaligrafina apa kabar? Kita mau tanya-tanya nih, boleh kan? Hehe #ThurstyTalk

@kaligrafina: @WDZG Halo Wadezig .. Senang deh diajak bertamu. Boleh banget tanya-tanya.

@WDZG: Langsung aja nih, mungkin ada yang belum tau, boleh dikenalkan lagi apa itu @kaligrafina? #ThurstyTalk

@kaligrafina: @WDZG Kaligrafina itu wadah utk komunitas para pengemar kaligrafi dan lettering di Indonesia. Misi kami utk mempopulerkan seni ini .. (1)

@kaligrafina: @WDZG salah satu cara mempopulerkannya adalah dengan belajar bersama melalui instagram, pen meet up dan kelas yang kita buat. (2)

@WDZG: Lebih lanjut, selain kelas dan pen meet up, untuk saat ini apa saja kegiatan reguler dari @kaligrafina yang rutin dilakukan? #ThurstyTalk

@kaligrafina: @WDZG Kalau aktifitas yang online di instagram ada #AksaRabu sbg hari posting karya dgn tema yg ditentukan. Ada juga #Kaligrafigur ..(1)

@kaligrafina: @WDZG Ada juga #Kaligrafigur dimana kita mewawancarai 1 figur yg memberi inspirasi di seni lettering & kaligrafi.. kl kegiatan yg lain (2)

@kaligrafina: @WDZG Oh iya, kl kegiatan spt Pen Meet Up diadakan hampir sebulan sekali & tidak cuma di Jakarta tp oleh teman2 di kota2 luar Jakarta. (3)

@kaligrafina: @WDZG di #PenMeetUp, teman2 yg suka & mau belajar lettering bs lgs ikut aja krn GRATIS & pasti ada teman2 yg siap membantu ngajarin.. (4)

@kaligrafina: @WDZG asal bawa ala tulis dan kertas sendiri ya. Pengumumannya bisa liat di IG atau via IG per kota masing2. Kalau utk kelas, kami .. (5)

@kaligrafina: @WDZG Kalau utk kelas, kami buat sendiri per bulan dgn nama #KelasKaligrafina (6)

@WDZG: Wah seru ya! Lalu, sebagai dasar, apa saja yang harus dipelajari pemula agar bisa membuat kaligrafi & lettering? @kaligrafina #ThurstyTalk

@kaligrafina: @WDZG seru bangett 🙂 Wah pertanyaan ini sering banget kami dapat. kami terangkan dulu ya satu satu 🙂

@kaligrafina: @WDZG Kaligrafi & lettering itu sdkt berbeda. Kaligrafi itu MENULIS huruf supaya indah , kalau Lettering itu MENGGAMBAR huruf spy indah (1)

@kaligrafina: @WDZG sblm mulai, sebaiknya tentukan dulu mau bisa menulis huruf seperti apa? Krn biar bisa lebih mudah nentuin target belajarnya (2)

@kaligrafina: @WDZG Dasarnya spy huruf terlihat baik & proposional yaitu cari tahu ttg Bentuk & Tinggi Huruf, Kemiringan & Spasi yg konsisten (3)

@kaligrafina: @WDZG Selalu pakai guide/garis bantu ketika belajar & ikuti aturan yang berlaku sesuai contoh huruf yang disukai (4) ..

@kaligrafina: @WDZG yg terakhir, rajin untuk latihan setiap hari untuk melatih mata dan membentuk muscle memorynya. 🙂 (5)

@WDZG: Selain pensil tentunya, adakah alat-alat khusus yang digunakan dalam pembuatan kaligrafi atau lettering? @kaligrafina #ThurstyTalk

@kaligrafina: @WDZG Alat khusus ada beberapa macam, cuma kalau untuk latihan kami saranin pasti pakai Pensil dulu. Kita terangkan bedanya ya (1)

@kaligrafina: @WDZG Untuk lettering, krn mengambar huruf alat yg dibutuhkan hanya Pensil, Penggaris, Kertas & Drawing Pen/spidol untuk mewarnai (2) ..

@kaligrafina: @WDZG Alat lain untuk lettering, biasanya tergantung dari hasil akhir yg mau didapat. Bisa dengan Cat, Spidol, Kapur dan sebagainya (3) ..

@kaligrafina: @WDZG Kl utk kaligrafi, krg lbh ada 3 macam yg menghasilkan bentuk huruf yang berbeda. Yg pertama dng pena yg ujungnya lebar .. (4) ..

@kaligrafina: @WDZG Ujung Pena lebar bisa utk menulis Gothic/ Blackletter, Italic, Roman. Bisa pakai spidol yg ujungnya lebar yg skrg banyak dijual (5) .

@kaligrafina: @WDZG Yg kedua, dgn ujung pena tajam tp fleksibel kalau ditekan ketika nulis, namanya PointedPen. Yg ini bisa utk nulis Copperplate (6) ..

@kaligrafina: @WDZG alatnya bisa dibeli di tk buku yg jual peralatan manga, Pen Holder & ujung pena namanya Nikko G. Yg ketiga, (7) ..

@kaligrafina: @WDZG Yg ketiga Brush, biasanya untuk menulis jenis Script / tulisan sambung. Kl brush, paling gampang dicari & banyak bgt macamnya .. (8)..

@kaligrafina: @WDZG Peralatan tulis lain bs dieksplorasi stlh mulai belajar. Jng pakai yg mahal dulu, mantapin dulu dasarnya. (9)

CZO9MHEWcAE5ELn

@WDZG: Mantap! Kami semakin penasaran nih, kalau boleh, lihat beberapa hasil karya dari teman-teman @kaligrafina dong? 🙂 #ThurstyTalk

@kaligrafina: @WDZG Boleh .. atau liat aja di instagram kami di Kaligrafina atau #Kaligrafina .. (1)

CZO_8FbWwAIO_Nk

CZO_zvaWAAAWSiM

CZO_yXwW0AAGFan

CZO_6L1WEAAnzE1

@kaligrafina: @WDZG ini tulisan mengunakan Pointed pen dari @inthedoing dan @cforcalligraphy dan banyak lagi . 🙂

CZPA47oWwAA0tam

CZPA3RbXEAEKhj2

@kaligrafina: @WDZG Di 2016, kami harap semoga seni kaligrafi & Lettering yg sudah jadi ‘a dying art’ semakin populer, digemari .. (1)..

@kaligrafina: @WDZG lalu seni ini bisa dinikmati di Indonesia, dan para pengemar & pelaku seni ini bisa menjadikannya sebagai profesi. (2) ..

@kaligrafina: @WDZG Pesan kami, kalau mau belajar kaligrafi & lettering silahkan datang ke Pen Meet Up yg diadakan teman2. GRATIS & terbuka untuk umum 🙂

@WDZG: Sip! Terima kasih @kaligrafina buat ilmu dan ngobrol-ngobrolnya. Sukses selalu! Sampai berjumpa di lain kesempatan. 🙂 #ThurstyTalk

@kaligrafina: @WDZG Terima kasih banyak tim Wadezig .. Senang bisa ikut sharing di #ThurstyTalk Semoga berguna. Yuk ikut ke Pen Meet Up @BandungMenulis

Gimana Crowds, semakin penasaran sama komunitas ini? Buat kamu yang mau belajar kaligrafi atau hand lettering bisa kunjungi website mereka di www.kaligrafina.com atau melalui instagram @kaligrafina.


One reply on “Belajar Kaligrafi dan Hand Lettering Bersama @Kaligrafina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *