Bernostalgia Dengan MS Paint, Aplikasi Pengolah Gambar Semua Kalangan

Kehadiran Microsoft Paint tidak terlepas dari peluncuran komputer IBM pada tahun 1981, saat itu perangkat komputer tersebut hanya mendukung satu input saja yaitu keyboard. Hingga pada akhirnya perusahan bernama Mouse System memperkenalkan perangkat mouse tahun 1983, yang sekaligus mempengaruhi revolusi perkembangan perangkat komputer hingga sekarang. Microsoft pun turut berkolaborasi dalam mengembangkan mouse dengan menciptakan Microsoft Mouse tahun 1984.

Munculnya mouse merambah pada pengembangan software pengolah gambar berbasis mouse. Software Paint pertama kali diciptakan tahun 1984 dengan nama PC Paintbrush di bawah naungan ZSoft Corporation, yang diperuntukan untuk Microsoft pada sistem operasi Windows 1.0 dan hanya mendukung grafis monokrom 1-bit.

Minimnya fitur yang ada tanpa ada bantuan ruler atau grid. Tidak ada layer yang bisa Anda mainkan dimana kala membuat kesalahan. Sistem pengolah gambar ini bahkan tidak mendukung gradasi dan hanya memiliki dua tipe brush.

Pada era 90’an nama PC Paintbrush berubah nama menjadi Paintbrush saja seiring keluarnya Windows versi Windows 3.0. Dukungan warna 24-bit dengan alat retouching foto sederhana juga ikut ditambahkan, serta kemampuan untuk membuka lebih dari satu gambar dalam satu waktu. Program ini juga menambahkan banyak simulasi dari media nyata, seperti cat minyak, cat air, dan pensil warna. Selain itu, memiliki sejumlah alat smudge baru yang mengambil keuntungan dari versi sebelumnya.

Hingga pada Agustus 1995 Microsoft kembali memperkenalkan MS Paint. Aplikasi ini muncul bersamaan dengan peluncuran Windows 95. Penambahan fiturnya antara lain sentuhan palet warna yang sangat beragam dan dapat dikreasikan menjadi outpout grafis berwarna.

Perubahan signifikan pun terjadi ketika sistem operasi Windows 7 diluncurkan tahun 2009, dengan menambah fitur Artistic Brush yaitu variasi brush yang bermacam-macam. Hingga saat ini Ms Paint pun masih tetap eksis dengan memiliki tempat dan rumahnya sendiri. Bagi pengguna Windows 10, setelah memperbarui versinya menjadi versi Creators Update kalian dapat mengunduhnya di Microsoft Store dengan gratis.

Kita tahu bahwa ini hanya program pengolah grafis sederhana, tidak seperti software tingkat mahir yang diperuntukan untuk kalangan professional. Akan tetapi apabila anda ingin membuat gambar cepat dengan hanya memakai bantuan mouse atau hanya sekedar media output hasil copy-paste dari aplikasi Snipping-Tools, Ms Paint akan selalu siap menemani kapanpun.

A post shared by WADEZIG!™ (@wdzg) on

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

 


One reply on “Bernostalgia Dengan MS Paint, Aplikasi Pengolah Gambar Semua Kalangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *