Biografi Ayejay

Aye Jay, salah seorang ilustrator asal Chico, California, Amerika Serikat, yang terkenal karena karyanya pop-culturey activity books. Selain itu, ia produktif dalam membuat artworks dengan material seperti kaos, skateboard, dan material yang berhubungan dengan screenprinted. Nama Aye Jay merupakan ejaan dari huruf “AJ,” kependekan dari namanya Anthony John.

aye-jay-pic

Sebelum terjun menjadi ilustrator ayah dari tiga anak ini pernah menjadi rapper, aktor, hingga modelling. Ia bekerja keras dalam ketidakjelasan selama lebih dari satu dekade sampai anak pertamanya lahir di tahun 2000. Kejadian tersebut memantik Aye Jay lebih giat dan menyebabkan dirinya menerbitkan buku Gangsta Rap Coloring Book, yang menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Penerbitan coloring book menjadi titik balik bagi Aye Jay, dan membuka jalan ke dunia seni ilustrasi.

gangsta

Ia lahir dan dibesarkan di Chico, California, sekitar satu jam setengah sebelah utara Sacramento. Kota ini dikenal sebagai “kota pohon,” dan merupakan rumah bagi perusahaan pembuat bir Sierra Nevada. Ayahnya pindah ke kota ini awal tahun 70-an dengan sekelompok hippies lainnya dari New Jersey dan membentuk sebuah band, kenangnya. Dibesarkan dalam lingkungan yang kreatif tak ayal mempengaruhi jalan karirnya. Ditambah kesenangannya terhadap budaya populer, dan minatnya terhadap musik, film, buku komik, kartun, DVD, dll, membuatnya terus mengupdate informasi-informasi terbaru pada budaya populer.

grassroots-t-w-ahorkey-kevin-b-tom-j

Ketertarikannya kepada dunia seni muncul ketika ia melihat karya dari Andy Warhol dan Keith Harring. Sejak SMA Aye Jay telah mengekspolarsi berbagai macam seni, dan ia merasa tidak cocok dengan seni rupa murni. Sebagai ilustrator (begitu Aye Jay sering disebut) seni komersil lebih sesuai bagi dirinya. Di satu sisi ia anggap hal tersebut sebagai kutukan namun di sisi lain itu adalah berkat, sekaligus jalan hidup pilihannya. AJ terus mengasah skillnya secara otodidak, meskipun pernah diterima di Savannah School of Arts, Aye Jay memutuskan untuk tidak melanjutkan studinya karena masalah finansial.

f

Membuat ilustrasi dengan media deck skateboard merupakan salah satu hal yang paling keren yang pernah AJ kerjakan. Dari usia 11 tahun, ia telah berminat menggambari papan skateboard dengan pengaruh dari VCJ, Jim Phillips, dan Pushead. Kesempatan pertamanya muncul di tahun 2004 ketika temannya Todd Bratrud memberikan kesempatan masuk ke industri ini.

shapeshifters

Tanggapannya mengenai seni jalanan, AJ merupakan salah seorang penggemar karya-karya street art, dan ia telah merilis “Graffiti Art Coloring Book” yang bisa menjadi panduan bagi pemula. Menurut Aye Jay, Banksy dan Shepard Fairey mengerjakan sesuatu yang luar biasa menakjubkan. Ia sangat mengapresiasi tradisi dalam graffiti yang menggabungkan unsur budaya pop, meskipun ia bukan pelaku langsung. Tetapi, ia pernah iseng membuat letters yang hasilnya sangat jelek dan mengerikan, menurutnya.

Itulah sekilas mengenai Aye Jay, untuk lebih mengenal karya-karya dari ilustrator satu ini silahkan lihat melalui situs www.ayejay.com. Lalu, mengapa Wadezig! mengangkat biografinya? Karena kami akan berkolaborasi dengannya, Yeaaaahh! Tunggu informasi selanjutnya. Bagaimana menurutmu Crowds? Beri kami komentar di bawah ini.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *