Biografi Beastie Boys

Beastie Boys (BB), grup hip-hop hasal New York City yang dibentuk sejak 1979 dan eksis hingga sekarang. Grup yang beranggotakan tiga orang ini mengusung aliran Hip Hop, Punk Rock dan Hip Rock. Beastie Boys terdiri dari, Mike Diamond a.k.a. Mike D – vocals + drums, Adam Yauch a.k.a. M.C.A – vocals + bass guitar, Adam Horovitz a.k.a. DJ Ad-Rock – vocals + guitar, (additional player = Michael Schwartz a.k.a. Mix Master Mike – turntable, sample). Sepak terjang mereka dalam dunia musik akan kami ringkas menjadi beberapa era, dari rentang tahun 1979 sampai dengan sekarang.

Era 1979-1983

Pada awalnya Beastie Boys merupakan band Hardcore Punk dengan nama ‘Young Aborigines’. Mereka, pernah masuk dalam kompilasi ‘New York Thrash with Riot Fight and Beastie’. Kemudian menurut gitaris pada waktu itu, John Berry, memberi ide band mereka diberi nama ‘Beastie’.

Reaganyouthband

Nama Beastie bukan tanpa alasan, Beastie merupakan singkatan dari ‘Boys Entering Anarchistic States Towards Internal Excellence’. Kemudian Beastie Boys mulai muncul di secara komersial pada Jum’at, 13 November 1982 dalam film milik Phillip Pucci. Sejak saat itu Beastie Boys mulai terkenal, dan menjadi band pembuka dari konser Bad Brains, Dead Kennedys, The Misfits dan Regan Youth.

Era 1984-1987

Pada masa ini, Beastie Boys mengikat kontrak dengan Def Jam Records. Masa ini pula Beastie Boys berubah format, dari full-band menjadi trio rap-crew, terutama setelah Ad-Rock masuk menggantikan John Berry. Mereka mengeluarkan album ‘Lisenced to Ill’ pada 1986 yang berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard album chart selama 5 minggu dan sempat menempati peringkat 2 dalam Urban album chart.

BeastieBoys_3

Serta single mereka yang berjudul “Fight for Your Right” sempat menduduki peringkat 7 dalam Billboard 100. Ada juga “No Sleep ‘Till Brooklyn” yang Lead guitar-nya dibawakan oleh gitaris Slayer, Kerry King. Termasuk lagu ‘Brass Monkey’ yang cukup cathcy dan funny untuk didengar. Pada masa ini juga mereka mengeluarkan album EP : “Rock Hard” pada 1984.

Era 1988-1992

Pada masa ini, BB mengeluarkan album “Paul’s Boutique” yang meraih double platinum. Album ini menduduki peringkat 156 dalam ‘500 Greatest Album of all time’ menurut majalah Rolling Stones. Serta masuk 100 besar dalam ‘100 Greatest Album of all time’ versi majalah Time.

Beastie-Boys-Pauls-Boutique-Del-1989-CD

Pada album ini ada beberapa hits seperti ‘Hey Ladies’, ‘Egg Man’, ‘The Sounds of Science’ dan ‘3-minute Rule’. Kemudian pada masa ini disusul album ‘Check Your Head’ yang rilis 21 April 1992 yang dilabeli oleh Capitol Records. Dalam album ini terlahir beberapa single seperti ‘Pass me Mic’, ‘Gratitude’, ‘So What’cha Want’, ‘Professor Booty’ dan ‘Mark on the Bus’.

Era 1993-1996

Lahir album “Ill Comunication” yang rilis pada 23 Mei 1994, dalam album ini ada beberapa track favorit, seperti ‘Sure Shot, ‘Sabotage’ dan ‘Root Down’. Sempat duduk di peringkat pertama Billboard 200 pada tahun 1994 dan semakin melejit lewat Lollapalooza dimana BB satu panggung dengan Smashing Pumpkins. Kemudian video ‘Sabotage’ juga sempat mendapat apresiasi cukup baik. Bahkan pada tahun 1996 Beastie Boys sempat mampir ke Indonesia.

Era 1998-2001

Album “Hello Nasty” keluar pasaran pada 14 Juli 1998, ada beberapa hits single seperti ‘Remote Control, ‘Body Movin’, ‘Intergalactic’ dan ‘The Negotiation Limerick File’. Khusus video ‘Intergalactic’ berhasil memenangkan penghargaan dalam MTV Video Music Awards tahun 1998. Video ini sangat unik karena dikemas seperti kid-action-series Jepang (Ultraman). Masa ini terdapat  juga single tambahan, yaitu “Alive”. Kemudian pada era ini Beastie Boys banyak mengkampanyekan dalam konser mereka bahwa umat muslim tidak bisa diidentikkan sebagai teroris. Mereka juga memberikan simpati pada Tanzania dan Kenya.

Era 2002-2006

Album “To the 5 Broughts” yang hadir pada 15 Juni 2004 didalamnya terdapat single ‘Ch-check it Out’ yang menduduki posisi pertama pada Modern Rocks Track dan Canadian Singles Chart. Ada juga single berjudul ‘Triple Trouble’, juga single ‘In a World Gone Mad’ yang diciptakan untuk menentang Perang Irak pada 2003.

Era 2007-2008

Album full-instrumental pertama milik Beastie Boys yang dibawakan dengan menggunakan semua perlengkapan bunyi-bunyian, termasuk klakson, terompet, dan bunyi bel pintu ada di dalam album ini. Track list-nya: Side A : 1.”B For My Name” 2.”14th St. Break” 3.”Suco de Tangerina” 4.”The Gala Event” 5.”Electric Worm” 6.”Freaky Hijiki”. Side B : 1.”Off the Grid” 2.”The Rat Cage” 3.”The Melee” 4.”Dramastically Different” 5.”The Cousin of Death” 6.”The Kangaroo Rat”.

Era 2009-sekarang

Direncanakan untuk merilis album “Hot Sauce Committee” pada 15 September 2009. Namun rencana itu harus ditunda dikarenakan Adam Yauch didiagnosa mengidap kanker kelenjar ludah. Namun meskipun begitu ada sebagian track yang sudah rampung (part.1).
salah satunya adalah “Too many Rappers (feat. Nas)” yang dirilis 21 Juli 2009 lalu. Selain itu Beastie Boys merilis 2 video untuk mempromosikan album mereka ini. Adalah “Lee Majors Come Again” dengan hardcore punk, serta “B-Boys in the Cut” dengan bagian acappella-nya, Hot Sauce Committee Part.2 juga hampir selesai. Setelah proses yang panjang album ini dirilis pada tahun 2011 dan di tahun yang sama mereka dinobatkan sebagai Rock an Roll Hall of Fame. Pada 4 Mei 2012 Salah satu personil mereka Adam Yauch meninggal di umur 47 tahun karena kanker. Mike D sebagai personil yang masih aktif pada Juni 2014 mengeluarkan statemen bahwa mereka tidak akan melanjutkan karir sebagai grup untuk menghormati Adam Yauch.

Sumber
Sumber


One reply on “Biografi Beastie Boys

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *