Biografi Public Enemy

Public Enemy adalah grup hiphop yang terdiri dari Chuck D, Flavor Flav, DJ Lord, Khari Wynn dan Professor Griff. Dibentuk di Long Island, New York pada tahun 1982, mereka dikenal karena lirik mereka bermuatan politis dan kritik terhadap media Amerika, serta keadaan sosial masyarakat Afrika Amerika. Empat album mereka di rentang tahun 1980 hingga 1990 semuanya mendapatkan gold maupun platinum. Pada tahun 2004, Rolling Stone Magazine menempatkan mereka di urutan 44 dalam daftar 100 Greatest Artists of All Time. Public Enemy juga masuk kedalam Long Island Music Hall of Fame pada tahun 2007. Sedangkan pada 11 Desember 2012 grup ini masuk menjadi bagian Rock and Roll Hall of Fame class of 2013, menjadikan mereka sebagai grup hip hop keempat yang dilantik setelah Grandmaster Flash dan Furious Five, Run-DMC dan The Beastie Boys.

pe1Chuck D (Carlton Ridenhour, lahir 1 Agustus 1960) membentuk Public Enemy pada tahun 1982, saat ia menyelesaikan studi desain grafisnya di Adelphi University, Long Island dan bekerja di stasiun radio mahasiswa WBAU. Di sana ia bertemu Hank Shocklee (Bomb Squad) dan Bill Stephney (Ekskutif Def Jam), mereka bersama berteman dan sering membicarakan politik, filsafat, hip hop hingga larut malam. Chuck D kemudian mengeluarkan rekaman dengan judul Public Enemy #1 untuk mempromosikan tempat radio dimana ia bekerja.  Single ini diciptakan Chuck D dibantu kontribusi Flavor Flav sebelum Public Enemy terbentuk. Karena rekaman inilah nama Public Enemy diangkat menjadi nama grup terinspirasi Chuck D yang merasa di intimidasi oleh orang-orang yang berada di sekitarnya.

Photo of Flavor FLAV and Chuck D and PUBLIC ENEMYMenyebut diri mereka “Prophets of Rage”, Public Enemy merilis album debut mereka Yo!, Bum Rush Show, pada tahun 1987. Sebuah versi yang lebih canggih dari era awal East Coast rapper gangsta seperti Boogie Down Production, Public Enemy awalnya tidak diperhitungkan dalam scene hip hop New York bahkan tidak dikenal dikalangan para kritikus. Baru di album kedua mereka mulai diperhitungkan, It Takes a Nation of Millions to Hold Us Back yang terjual satu juta kopi. Dengan hit “Bring the noise” Public Enemy memuali kontroversi dengan menyebut Pemimpin muslim kulit hitam Afrika Amerika sebagai nabi.

pePublic Enemy memberikan kontribusi kepada dunia hip hop dengan  kesadaran politik, sosial, dan budaya melalui lirik-liriknya. Selain itu, mereka juga aktif mengkampanyekan persamaan hak terhadap kulit hitam. Tindakan tersebut membuat Public Enemy menjadi revolusioner di dunia hiphop, sehingga style rap nya banyak diikuti rapper lain. Banyak rapper yang kemudian mengangkat tema afrocentic dalam lirik-liriknya.

Rentang waktu 1987 hingga kini mereka telah menelurkan banyak album diantaranya: 1987: Yo! Bum Rush the Show, 1988: It Takes a Nation of Millions to Hold Us Back, 1990: Fear of a Black Planet, 1991: Apocalypse 91… The Enemy Strikes Black, 1992: Greatest Misses, 1994: Muse Sick-n-Hour Mess Age, 1998: He Got Game, 1999: There’s a Poison Goin’ On, 2002: Revolverlution, 2005: New Whirl Odor, 2006: Rebirth of a Nation, 2007: How You Sell Soul to a Soulless People Who Sold Their Soul?, 2012: Most of My Heroes Still Don’t Appear on No Stamp, 2012: The Evil Empire of Everything.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *