Biografi Run-DMC

Run-DMC adalah grup hip-hop asal Amerika yang berasal dari Hollis, Queen, New York, didirikan pada tahun 1981 oleh Joseph “Run” Simmons, Darryl “DMC” McDaniels, dan Jason “Jam Master Jay” Mizzel. Grup ini diakui sebagai salah satu pengaruh terbesar dalam sejarah budaya hip hop. Mereka menandai munculnya gaya baru dalam musik hiphop. Dalam prosesnya, mereka mendobrak dengan dua aliran rap yaitu rap yang berbicara tentang politik seperti Public Enemy dan Boogie Down Productions, serta rap gangsta hedonistik seperti NWA. Pada saat yang sama, Run-DMC mengubah paradigma rap dari genre yang berorientasi single menjadi full album. Mereka adalah artis hip hop pertama yang membuat album penuh, bukan hanya koleksi  dua atau lebih single yang dikumpulkan.

run-dmcKetiga anggota Run DMC berasal dari kelas menengah  New York borough Hollis, Queens. Run (Joseph Simmons, lahir 14 November 1964) ia adalah saudara kandung Russell Simmons, yang membentuk perusahaan management hip-hop Rush Production di awal tahun 80-an. Masih di tahun yang sama Russell membentuk label rekaman Def Jam dengan Rick Rubin. Kemudian, Russell mendorong saudaranya Joey dan temannya Daryyl McDaniels (lahir pada 31 Mei 1964) untuk membuat duo rap. Mereka melakukannya serta mengadopsi nama mereka Run dan DMC untuk dijadikan nama grup tersebut. Setelah lulus di universitas tahun 1982, mereka meminta teman mereka Jasson Mizzel (lahir 21 Juni 1965) untuk bergabung mengisi posisi turntable, Mizzel kemudian membuat nama panggung Jam Master Jay.

Pada tahun 1983, Run-DMC merilis single pertama mereka “It’s Like That”/”SuckerMC”, di bawah Profil Records.  Ini adalah awal dari new school of hip-hop yang direkam, dan “It’s Like That” menjadi Top 20 R&B hit, yang kemudian di susul oleh single kedua “Hard Times”/”Jam Master Jay”. Ditambah dua hit R&B lainnya pada tahun 1984 sebelum debut mereka yaitu “Rock Box” dan ”30 Days”.

ia001883King of Rock album kedua mereka di tahun 1985, Run-DMC telah menjadi rapper yang paling populer dan berpengaruh di Amerika, menjadikannya influence bagi grup sejenis. Seperti judulnya, di album ini Run-DMC melakukan gebrakan dengan menggabungkan rock & roll dan rap. Di tahun ini pula, mereka muncul dalam film rap Krush Groove, yang juga menampilkan Kurtis Blow, Beastie Boys, dan The Fat Boys.

Selama berkarir mereka telah menghasilkan tujuh album yang dibuatnya dari rentang waktu 1980-2001, yaitu Run-DMC (1984), King of Rock (1985), Raising Hell (1986), Tougher Than Leather (1988), Back From Hell (1990), Down with the King (1993), Crown Royal (2001).

Run-DMC-adidas-trainers-e1374758099559

Adidas_Run_DMC_shoeSecara historis kelompok ini mencapai sejumlah beberapa catatan penting dalam perjalan musik hip-hop. Run-DMC merupakan pendorong hip-hop menapaki jalur musik mainstream, memulai evolusi musik dan seni dan membuat pertumbuhan fenomena global yang diikuti. Pada masanya grup ini menjadi trendsetter dan ikon budaya pop dengan topi, rantai emas bling-bling, serta sneakers yang kemudian banyak diikuti di kalangan anak muda saat itu. Run-DMC adalah group rap pertama yang mendapatkan banyak penghargaan dan prestasi besar, diantaranya:

  • Grup rap kedua yang tampil di  American Bandstand (Sugar Hill Gang menjadi yang pertama pada tahun 1981)
  • Grup rap pertama yang menempati Top 40 dari Billboard Hot 100 lebih dari satu kali.
  • Grup rap pertama yang videonya muncul di MTV
  • Salah satu grup rap pertama yang menerima nominasi Grammy Award
  • Salah satu grup rap pertama dengan gold, platinum, dan multi platinum album
  • Grup rap pertama yang dijadikan sampul majalah Rolling Stone
  • Grup rap pertama yang menandatangani endorsement dengan produk major yaitu Adidas

Sumber


One reply on “Biografi Run-DMC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *