Boxer Pants: Sejarah & Perkembangannya

Di awal abad ke-20, celana dalam berkembang menjadi industri yang kompetitif seiring dengan banyaknya produsen. Desain mulai dirasa penting pada masa ini. Di akhir tahun 1910an, Chalmers Knitting Company mendobrak desain pakaian dalam menjadi two pieces. Desain two pieces ini mendapatkan tempat sampai akhir tahun 1930an, dan baru merosot pada tahun-tahun berikutnya.

Era boxer dimulai dengan inovasi seorang pengusaha imigran bernama Benjamin Joseph Clark yang mendirikan perusahaan Bossier. Langkah Clark memproduksi boxer ini dipercaya sebagai titik balik modernisme dalam model celana dalam pria. Sementara itu, era brief dimulai pada tanggal 19 Januari 1935 ketika perusahaan bernama Coopers Inc., berdasarkan desain dari Arthur Kneibler, menjualnya untuk pertama kali di Chicago. Di masa ini pula, Jacob Golomb, pendiri Everlast perusahaan alat-alat olahraga tinju, merancang celana untuk bertinju dengan bagian pinggang yang elastic, semula celana petinju tersebut menggunakan bahan kulit seperti ikat pinggang.

original.6130

Di masa Perang Dunia I, para prajurit mengenakan celana pendek dengan kancing sebagai pakaian dalam. Celana ini bisa dikencangkan dan dilonggarkan sesuai keinginan. Setelah itu, celana dalam tanpa kancing dengan pinggang elastis mendapatkan tempatnya. Di sinilah nama “Boxer” populer karena petinju juga akhirnya menggunakan celana pendek karet tanpa kancing di bagian depan.

mayweather.mosley.4

WSM0032010 ABOVE RED IDR 85.000Di masa Perang Dunia II, celana dalam yang semula elastis di bagian pinggang berubah haluan lagi menjadi celana dalam dengan kancing sebagai pengerat. Hal ini terjadi karena karet dan logam menjadi komoditas yang diperebutkan dalam perang. Akibatnya, boxer menjadi sumber daya yang terbatas dan tentunya diperebutkan. Di Inggris, setidaknya sampai tahun 1970an, brief lebih populer daripada boxer. Tetapi, ketika musisi Nick Kamen tampil di iklan Levi’s untuk produk 501 jeans, ia mengenakan boxer saat harus beradegan menurunkan celananya, dan sejak saat itu, boxer mulai digandrungi.

4885305699_a9b22cf602

Salah satu adegan Nick Kamen dalam iklan Levi’s

 

WSM0032005 RUSH BOXER BLACK IDR 85.000Boxer menjadi populer karena adanya gaya berpakaian yang dikenal dengan istilah “sagging”. “Sagging” merupakan gaya penyanyi hip hop, yang ditandai dengan bagian pinggang celana panjang yang diturunkan sampai bokong ke bawah sehingga memperlihatkan sebagian besar celana dalam atau boxer. Namun kemudian, tren “sagging” ini telah dilarang di beberapa wilayah Amerika Serikat karena terlihat tidak sopan.

stop-the-sag

Celana boxer kini bukan sekedar celana dalam saja, dengan berbagai model serta varian yang ada celana boxer menjadikan dirinya sebagai sebuah fashion item yang harus dimiliki. Wadezig! pun memiliki beberapa koleksi celana boxer yang bisa kalian lihat disini. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *