Buro Destruct is Coming to Town!

So apparently BURO DESTRUCT still exists. And they’re coming to town. Whoa! Sejujurnya saya bingung mau excited atau biasa aja. Di satu sisi, saya udah ga terlalu ngikutin lagi perkembangan dunia desain grafis. Tren sudah berubah berkali-kali. Orang-orangnya juga berubah dan terus berganti. Banyak nama-nama baru bermunculan sekaligus banyak nama lama yang makin menghilang. Dan Buro Destruct, saya baru tau kalo ternyata mereka bertahan. Walaupun saya udah lama banget ga denger namanya.

Tapi di sisi lain, Buro Destruct ini adalah grup desainer asal Swiss yang dulu pada masanya sempet jadi ‘nabi’ buat saya, barengan sama ‘nabi-nabi’ lainnya seperti Michael Cina, Mike Young, Michael C. Place (Build), Ian Anderson (The Designer Republic), dan entah siapa lagi saya lupa. Udah lumayan lama, soalnya. Sekitar era 2003-2005, kalo ga salah. Tahun-tahun awal berdirinya WADEZIG!. Saya ga akan cerita lebih jauh tentang siapa mereka sih, silakan googling aja. Tapi yang jelas mereka-mereka itulah yang dulu ‘menguliahi’ saya tentang desain dan segala rupa teori-teorinya, lewat karya-karyanya. Mereka juga yang dulu bikin saya keblinger menghadapi kenyataan bahwa minimalism dalam desain itu ternyata ga sesimpel yang dibayangin, atau desain yang clean itu bisa destruktif juga. Jadi ga heran kalo desain-desain logo/tipografi WADEZIG! pada masa itu sedikit banyaknya terpengaruh sama gaya desain mereka. Contohnya seperti yang di bawah ini, logo-logo dan tipografi Wadezig! era 2003-2005 yang berhasil saya kumpulin barusan.

Makanya, waktu saya dapat kabar, UNKL347 bekerjasama dengan Norrm (desainer kolektif asal Bandung, tapi kayanya websitenya mati deh) dan HTH (kolektif dibalik event-event keren di Bandung semacam Keuken atau BirdHouse Project) mengundang Buro Destruct ke Bandung untuk mengadakan seminar, workshop, pameran, dll, saya jadi mixed feeling. Antara senang dan kesal, kenapa baru sekarang? Saya kmaren sempet browsing-browsing nyari info terbaru tentang Buro Destruct, dan ga nemu apa-apa. Websitenya masih yang lama. Ga banyak berita juga tentang mereka. Ada beberapa karya baru, tapi ya gitu-gitu aja. Keren sih, tapi kemungkinan besar, selera saya yang udah berubah.

But then again, it’s Buro Destruct. Ini event wajib, terlepas dari mereka masih eksis atau engga, karya-karyanya masih relevan atau engga dengan tren sekarang. Kalo pun bukan untuk belajar desain, paling ngga belajar sejarah penting tentang perjalanan desain grafis dunia. Terima kasih buat temen-temen di UNKL347, Norrm, dan HouseTheHouse atas event ini. BTW Norrm itu adalah desainer kolektif asal Bandung. Dan HTH adalah kolektif dibalik event-event keren di Bandung semacam Keuken atau BirdHouse Project. Silakan cek website mereka untuk tau lebih banyak. Tapi kayanya websitenya Norrm tewas deh, entah kenapa.

Untuk info selengkapnya tentang event Buro Destruct di Bandung, silakan cek blognya UNKL347 di sini.

This entry was posted by in News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *