Campaign April Mop Yang Mengguncang

Bulan April identik dengan lelucon April Mop atau April Fools’ Day yang diperingati setiap tanggal 1 April. Pada tanggal tersebut semua orang dianggap berhak untuk berbohong, memberi lelucon, atau menipu orang-orang sekitarnya. Pada prakteknya kegiatan ini tak beda jauh dengan penyebaran hoax, bedanya para penyebar April Mop lebih bertanggung jawab. Biasanya mereka memberikan klarifikasi atau membawa embel-embel “April Mop” setelah kebohongan dilakukan.

Ternyata, April Mop dilakukan juga oleh berbagai perusahaan dan brand dunia sebagai bagian dari kampanye marketing. Kampanye ini mereka lakukan agar nama mereka terus diingat. Ketika mereka melakukan April Mop tak ayal kadang membuat geger dan heboh. Responnya bisa bermacam-macam ada yang percaya ada juga yang curiga. Apapun itu, April Mop bisa dilihat sebagai sesuatu yang menyenangkan asal tidak dilakukan berlebihan. Oh iya, kami akan ajak kalian melihat kampanye April Mop yang mengguncang dunia.

1. Mark Zuckerberg X H&M

Mark Zuckerberg X H&M – Foto: mashable.com

Pada 1 April 2016 muncul berita yang menyatakan bahwa akan ada kolaborasi antara brand fashion asal Swedia, H&M, dan Mark Zuckerberg. Lebih lanjut, kolaborasi bertajuk Mark Zuckerberg X H&M ini bakal merilis koleksi t-shirt abu-abu dan jeans biru, layaknya yang digunakan sehari-hari oleh bos Facebook itu. Ketika berita ini menyebar, para pecinta fashion, khususnya penggemar H&M dibuat kegirangan. Mereka tak sabar untuk mendapatkan koleksi ini. Namun hal tersebut berubah jadi kekecewaan karena setelah dikonfirmasi ini hanya tipuan April Mop. Bahkan pihak H&M pun tidak tahu-menahu soal berita yang beredar ini.

2. Oreo Double Crunch

Double Crunch Oreo – Foto: twitter.com/oreo

Bagaimana jadinya jika biskuit Oreo hadir dalam ukuran dua kali lebih banyak dari yang biasa kita makan? Kampanye ini mereka gulirkan pada 1 April 2015. Dalam gambar yang diunggah di laman twitter resmi Oreo, diperlihatkan satu Oreo memiliki dua tumpuk biskuit yang membuatnya terlihat lebih tebal. Unggahan ini di retweets 432 kali dan disukai 779 pengikut. Jika kalian melihat lebih detail pada gambar tersebut dituliskan disclaimer bahwa ini merupakan bagian dari April Mop.

3. Kacamata LEGO

LEGO mengumumkan bahwa mereka mereka membuat kacamata yang dibubuhi teknologi “wearable assistive brick-sorting technology.” Jadi, kacamata ini memiliki teknologi yang bisa menyortir setiap bentuk bata Lego. Jika benar-benar ada tentu kacamata ini akan memudahkan para penggemar Lego, bukan?

4. TOMS X UBER

Jika ada penghargaan bagi yang terbaik dalam melakukan April Mop, maka sudah pasti itu akan jadi milik kolaborasi TOMS X UBER. Tonton saja video campaign di atas, mereka seperti benar-benar akan merealisasikan kolaborasi yang disebut ShuberX. Kolaborasi antara perusahaan sepatu dan penyedia jasa transportasi online ini bermaksud untuk menjaga lingkungan dan membuat konsumennya lebih sehat. Pendiri dan pegawai kedua perusahaan tersebut di wawancara tentang kolaborasi ini, dan mereka tampak meyakinkan untuk menipu kita semua!

5. Google

Untuk yang paling konsisten dalam membuat April Mop itu pastilah Google. Setiap tanggal 1 April perusahaan ini menggebrak dengan berbagai lelucon yang mereka buat, dan hal ini telah mereka lakukan sejak tahun 2000. Tahun 2017 ini mereka membuat beberapa lelucon seperti Pac-Maps, Google Gnome, Google Assistant, Google Translate for Alien, hingga Google Play for Pets.

Lelucon April Mop mana yang menurutmu paling pecah, Crowds?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *