Cara Merawat Dompet Kulit Sintetis

Pada artikel #WedWearing minggu lalu kita sempat membahas tentang dompet dari segi fungsi dan estetikanya. salah satu point pentingnya yaitu pilihlah dompet dengan bahan kulit ataupun kulit sintetis karena faktor ketahanannya. Yang menjadi permasalahan yaitu apabila kita sudah memiliki dompet berbahan kulit bagaimana cara merawatnya? Artikel kali ini kami akan bahas semua cara tentang merawat dompet berbahan kulit sintetis.

dompet 1

Sering kita dengar tentang dompet berbahan kulit sintetis, lalu apakah yang dimaksud dengan kulit sintetis itu sendiri? Dalam Bahasa Indonesia kita menyebutnya kulit sintetis. Pertanyaannya, apakah beda dengan kulit asli? Jelas berbeda, karena kulit sintetis ini adalah bahan yang dibuat oleh pabrik tekstil untuk menghasilkan jenis bahan yang “serupa” dengan kulit asli, baik dari segi tekstur maupun penampilan. Selain itu bahan kulit sintetis ini juga memiliki tingkat ketahanan yang berbeda dengan kulit asli.

Hal yang wajib menjadi perhatian, kulit dompet sintetis pasti mengelupasHal ini pasti terjadi pada 80% dompet kulit sintetis walaupun hal tersebut tentunya bergantung pada kualitas bahan yang di gunakan. Ada beberapa bahan yang awet ada juga yang cepat mengelupas (dalam hitungan bulan) karena pengaruh panas atau lembab (kondisi lingkungan). Maka berikut adalah beberapa tips dari kami, agar dompet kalian lebih awet dan tidak mudah rusak:

1. Hindari benda tajam, tergores , atau terlipat berlebihan

2. Selalu jaga agar tersimpan dalam keadaan kering / tidak lembab. Tempat yang lembab akan membuat bahan kulit sintetis rapuh sehingga cepat mengelupas. Selain itu dompet juga akan cepat jamuran dan berbau apek. Jika anda menyimpan di dalam lemari selalu gunakan produk/alat penyerap kelembapan di dalam lemari tas anda. (khusus untuk dompet yg tidak dipakai)

3. Lebih sering dipakai akan lebih baik dibanding disimpan lama

SONY DSC

4. Hindari panas berlebihan dan jika terkena air segera dikeringkan

5. Gunakan dustBag dan Silica Gel (jika ada) untuk penyimpanan jika tidak dipakai

car-parts-diy-installation-projector-headlights-corners-tail-lights-silicone-apply-to-headlights-silica-gel-everything-car-parts-ecp

6. Angin-anginkan dompet anda di tempat teduh selama 1-2 jam, 1-2 kali dalam seminggu.

7. Apabila dompet kalian memiliki resleting, gosokkan lilin di sekitar resleting untuk memperlancar restleting . Hal tersebut berguna untuk merawat resleting terhindar dari karat dan agar ujungnya tidak macet.

That’s it, mudah kan untuk diaplikasikan? hanya dengan mengikuti itu saja di jamin dompet kulit sintetis anda akan lebih awet. Semoga Tips ini berguna dan selamat mencoba ya, Crowds!


One reply on “Cara Merawat Dompet Kulit Sintetis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *