Cara Merawat Produk dengan Sablon Flocking

Sablon Flocking dikenal sebagai salah satu teknik sablon dimana desain dipotong dari foil berwarna atau kain beludru dan kemudian di-heatpress dengan panas yang tinggi. Sablon Flocking itu sendiri mengacu kepada texture yang dihasilkan dari suatu proses sablon. Bahan yang dipakai untuk sablon flock adalah material yang bila dipakai di permukaan kain menghasilkan tekstur yang timbul. Bahan atau material flock tersedia dalam berbagai tipe dan warna. Bahannya bisa berupa kertas, atau sticker (untuk sablon digital), foil berwarna silver atau gold, atau kain beludru. Kekurangan sablon flock adalah hanya tersedia warna yang terbatas dan kaos akan menjadi kaku bila gambar yang disablon besar, terutama bila bahan kaosnya tipis.

Keunggulan sablon flocking adalah:

1.  Permukaannya sangat bagus ketika disentuh dan membantu desain anda timbul dipermukaan kaos.

2. Permukaan sablon akan terasa lembut dan berbulu, jadi lebih terkesan middle dan high

3. Hasil sablon flock ini sangat bagus dan terlihat eksklusif. Hasil sablon yang sedikit timbul dan bertekstur halus seperti beludru berkesan elegan

1798621_10152261256340928_2075204830_n

Perawatan sablon flocking dengan bahan beludru pun perlu dilakukan agar sablon flock awet dan tidak mudah pudar. Untuk pencucian, sebaiknya dicuci menggunakan tangan dan menghindari penggunaan mesin cuci karena bisa merusak sablon.

Agar desain tetap terjaga dengan baik maka sebaiknya saat mencuci bagian dalam kaos harus berada diluar.

Ketika menjemur kaos dengan sablon flocking, bagian yang disablon berada di bagian dalam. Sinar matahari langsung dapat merusak sablon dan mudarkan warna.

Jangan menyetrika secara langsung pada permukaan desain.Kaos dengan sablon flock tidak cocok untuk dry cleaning.

Dikarenakan permukaan desain yang berbulu maka kemungkinan akan menarik bulu-bulu dari luar, untuk membersihkannya anda bisa menggunakan roller lengket seperti yang digunakan untuk membersihkan bulu anjing atau bisa juga menggunakan selotip yang kuat untuk menarik bulu tetapi tidak merusak hasil sablon.

1797343_10152261261185928_1570249491_nProduk Wadezig! apa sih yang kamu punya yang pakai sablon Flocking? Ada pengalaman menarik merawat sablon Flocking? Yuk dishare!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *