Cari Spray Cans, Caps, Atau Peralatan Graffiti Lain? Ini Daftar Tokonya

Sekitar tahun 2006 kami merilis koleksi aerosol caps berisikan enam jenis caps berbeda. Yang mendasari kami menghadirkan produk tersebut karena kala itu mencari peralatan graffiti begitu sulit dan terbatas. Beberapa pegiat kadang harus memesan langsung dari luar negeri untuk mendapatkan tools incarannya. Begitupun dengan caps ini, kami mengimpornya dari negeri sakura, Jepang.

Seiring berkembangnya geliat komunitas street art, ditambah pesatnya arus informasi dan internet, kini peralatan graffiti lebih mudah didapatkan. Diberbagai belahan kota Indonesia terdapat toko art supply yang menyediakan beragam kebutuhan ini. Dari merek lokal sampai internasional, semua mereka punya dan lengkap.

Dengan jejaring yang ada, toko-toko ini tidak sebatas menjual tetapi juga membangun komunitasnya. Mereka tak jarang berkontribusi men-support event, atau bahkan mereka sendiri yang menginisiasi event tersebut, Gardu House dengan ‘Street Dealin’, misalnya.

Jika kamu ingin mencari peralatan graffiti seperti caps, cans, marker, blackbook, atau yang lainnya, pertimbangkan untuk berkunjung ke toko-toko ini.

1. Gardu House (Jakarta)

A post shared by GARDUHOUSE (@garduhouse) on

Toko yang merangkap galeri ini beralamat di Jl.Ciputat Raya No. 324, Kebayoran lama, Jakarta selatan. Kami pernah menyambanginya tahun lalu. Barang-barang yang terdapat di sini terhitung lengkap seperti spray cans Montana, MTN, hingga merek lokal seperti Rhema dan Zebra, caps male dan female, ink, aksesoris, hingga pakaian. Mereka juga menyanggupi pembelian online melalui website garduhouse.com. Gardu House juga rutin menggelar event tahunan bertajuk Street Dealin yang telah memasuki 10 jilid penyelenggaraan.

2. MDFK (Jakarta)

Mad Fake atau MDFK bisa dikunjungi di Jl. Lenteng Agung Barat No.44 RT.5/RW.3, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Selain sebagai brand yang membuat pakaian, di sini bisa ditemukan juga beragam keperluan graffiti. Oh iya, di tahun 2015 silam kami berkolaborasi bersama merilis capsule collection t-shirt dan tas dengan kompartemen khusus spray cans.

3. Dripsndrops (Bandung, Jakarta, Yogyakarta)

Brand berlogo bintang, Dripsndrops atau DND, merupakan pionir yang membawa spray cans asal Jerman, Montana Cans, ke Indonesia. Jika kamu cek di situs montana-cans.com, Dripsndrops tercatat sebagai salah satu distributor resmi mereka. Jangan heran jika kalian berkunjung ke tokonya banyak didapatkan pernak-pernik Montana. Sampai saat ini Dripsndrops memiliki tiga toko yang tersebar di Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta.

4. Butdift (Surabaya)

A post shared by Subcity Runners® (@butdift) on

Butdift merupakan singkatan dari But Different, brand yang dirintis oleh street artist asal Surabaya, Pino. Mengusung tagline “Sporting Goods”, konsep yang ditwarkan Butdift lekat dengan budaya graffiti. Selain clothing line, Butdift juga menyediakan peralatan graffiti yang koleksinya tak kalah banyak. Toko ini beralamat di Gubeng Kertajaya X, Jl. Karangmenur No.17, Surabaya.

5. Flame (Yogyakarta)

Kota Yogyakarta dikenal memiliki skena street art yang aktif sekaligus produktif. Jika kamu pernah berwisata ke kota gudeg ini pasti banyak menemukan gambar-gambar bertebaran di seluruh sudut kota. Seolah para street artist tak akan menyisakan dan membiarkan tembok kosong tanpa gambar. Dengan skena yang aktif, kebutuhan akan cat semprot dan keperluan lain tentu sangat besar. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi yaitu Flame berlokasi di Jl.Affandi CT28, Deresan, Sleman, Yogyakarta.

6. The SVOA (Makassar)

A post shared by THE SVOA (@thesvoa) on

Bagi yang mencari kebutuhan graffiti di Makassar dan sekitarnya bisa ditemukan di SVOA. Mereka punya koleksi spray cans Ironlak dan beragam tools lain. SVOA juga rutin menyelenggarakan event untuk lebih mengenalkan street art di Makassar.

7. Triumph of the Year (TOTY) (Jakarta)

Berdiri tahun 2012, Triumph of the Year disingkat TOTY, adalah brand milik street artist Zany13. Dengan latar belakang tersebut tentu ia tahu apa saja yang dicari dan dibutuhkan writers lain. Menengok tokonya di Jl.Terogong Raya No. 1, Jakarta Selatan, banyak koleksi bisa ditemukan di sini seperti masker 3M, cat semprot One Take, marker, dll.

8. All Caps (Bali)

A post shared by Allcapsgallery (@allcapsgallery) on

Jika berada Bali tidak ada salahnya untuk berkunjung ke All Caps yang berlokasi di Jl. Raya Canggu 18A, Bali. Selain graffiti shop, tempat ini merupakan galeri urban art dan meeting space yang diklaim sebagai yang pertama hadir di pulau dewata. Jadi, selagi mencari alat-alat graffiti kamu bisa melihat-lihat karya-karya yang dipajang. Hebatnya lagi, mereka pernah mendatangkan kolektif crew asal Berlin, 1UP, untuk pameran di sana.

9. Fortis (Palembang)

Palembang memiliki graffiti shop yang merangkap creative studio bernama Fortis, beralamat di Jl. Arjuna Raya No.4C Perumnas Sako, Palembang. Selain keperluan graffiti dan apparel, di sini terdapat koleksi artwork yang mengagumkan.

10. Riverbank (Bekasi)

Meskipun baru dibuka pertengahan tahun lalu, jangan sangsikan kelengkapan tools yang ada di sini. Mereka punya cans Ironlak, Sugar, Zebra, One Take, dll. Riverbank bisa dtemukan di Jl.Baru Patal Bekasi RT6/RW7 Bekasi Timur (Koma Junkyard).

Diluar daftar di atas masih banyak toko atau online shop yang menyediakan alat keperluan graffiti. Jika kamu punya informasi serupa yang tidak ada di artikel ini sila tambahkan di kolom komentar.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *