[Case Study] Morris

Sesuai namanya, artwork bertajuk Morris ini merupakan sebuah persembahan atau dedikasi untuk salah satu inspirasi terbesar, William Morris. Beliau adalah seorang polimatik, novelis, penerjemah, dan aktivis seni. Dia memainkan peran penting dalam menyebarkan gerakan sosialis awal di Inggris khususnya dalam kebangkitan kembali seni tekstil dan dekoratif tradisional Inggris. Karya-karyanya juga memainkan peranan penting dalam terciptanya the modern fantasy genre.

Kelahiran Walthamstow, London, Inggris 183 tahun yang lalu, William Morris merupakan salah satu seniman yang terkenal dengan pattern berpola keritingnya yang padat, yang mana sangat populer pada rumah-rumah kelas menengah di tahun 70-an.

Selain karya seninya, beliau juga dikenal karena pemikiran-pemikirannya yang dituangkan dalam bentuk karya sastra. Salah satu pemikirannya adalah beliau sangat percaya bahwa seni adalah untuk semua orang, “that beauty was a basic human right, cutting across barriers of class, race and wealth.”

Berangkat dari kekaguman terhadap sosok William Morris dan karya-karya ornamentalnya, kami mencoba mengadaptasi genre fantasi modern ini ke dalam salah satu karya kami. Huruf yang dipilih adalah W, yang tentunya merupakan inisial dari WADEZIG!. Sementara huruf-huruf lanjutannya yaitu D, Z, dan G dibuat samar diantara ornamen-ornamen lainnya.

Selain ornamen-ornamen floral khas Victorian yang menjadi elemen utama dalam karya ini, pemilihan warna juga memiliki peranan penting dalam memunculkan aura fantasi modern.

Keseluruhan karya dibuat secara analog pada selembar kertas dengan menggunakan drawing pen dalam berbagai ukuran. Seperti biasa, sebelum dicetak pada t-shirt, karya ini terlebih dahulu melalu prosedur standar digitalisasi; scanning, editing/retouching, vectorizing, dan coloring.

Setelah selesai, selanjutnya karya tersebut kami cetak pada t-shirt long sleeve. Hasilnya bisa dilihat pada foto di bawah ini, atau bisa langsung dipesan secara online di sini.


One reply on “[Case Study] Morris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *