[Case Study] The Submission

Case study kali ini mengangkat salah satu artwork yang diambil dari rilisan terbaru bulan ini yang berjudul The Submission. Artwork ini menampilkan ilustrasi seekor Gagak yang berdiri di atas tumpukan pensil, sambil mencengkeram salah satu pensil tersebut.

Dengan bulunya yang hitam mengkilap serta mata yang seperti manik-manik, burung Gagak sering dikaitkan dengan ilmu sihir, kegelapan, dan hal-hal berbau mistis. Bahkan dalam beberapa kepercayaan, gagak sering dianggap sebagai pembawa berita buruk. Suaranya yang parau dan keras sering menakutkan banyak orang.

Tapi tidak banyak yang tahu bahwa menurut penelitian ilmiah, burung gagak termasuk hewan paling cerdas. Pada tahun 2002, dalam buku hasil penelitiannya yang berjudul “Crow”, Maurice Burton dan Robert Burton menyatakan bahwa burung Gagak mempunyai tingkat kecerdasan tertinggi diantara semua burung.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar dari Vermont University Kanada dan St Andrews University Skotlandia yang dipublikasikan oleh Majalah American Scientific. Menurut mereka, burung Gagak mampu menggunakan logika mereka untuk memecahkan masalah, bahkan beberapa kemampuan burung Gagak melampaui kemampuan yang dimiliki oleh Kera besar yang dianggap cerdas.

Selain cerdas, Gagak juga memiliki sifat pemberani, terutama dalam hal mendapatkan makanan untuk kelangsungan hidupnya.

Kecerdasan dan keberanian inilah yang berusaha ditampilkan oleh artwork The Submission ini. Tanpa menghilangkan kesan ‘dark’ yang sudah menjadi ciri Gagak, munculnya visual pensil menjadi simbol penyeimbang dari sisi lain sang Gagak, yakni kecerdasannya.

Sama seperti kebanyakan karya seni lainnya, ilustrasi The Submission ini juga menyiratkan banyak makna, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Dari sudut pandang tertentu, bisa juga diartikan bahwa Gagak ini adalah sang seniman itu sendiri. Bisa dibayangkan, sang seniman memaksa matanya untuk terus terjaga di malam hari untuk mengarsir dan membuat ribuan titik demi titik di kertas gambar dengan teknik pointilisme untuk menghasilkan karya seni yang bercerita tentang dirinya sendiri. Salah satu bentuk keberanian dan ketekunannya dalam usaha menjaga kelangsungan hidup. Sama seperti yang dilakukan seekor Gagak.

Kamu sendiri, apa yang kamu lihat dalam ilustrasi Gagak ini?

Apapun yang kamu lihat, ilustrasi ini telah tersedia dalam bentuk t-shirt, dan bisa dipesan secara online di sini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *