[Case Study] Tube

 

Mereka yang mempunyai hak kekuasaan bisa menggunakan teori Edward Barneys sebagai alat tipu muslihat untuk mengendalikan masa yang berbahaya dan juga memanipulasi bagaimana  cara mereka berpikir dalam kehidupan setiap hari. Dalam film dokumenter KARYA Adam Curtis berjudul ‘The Century of the Self’ Barney melihat  bahwa apabila propaganda bisa digunakan untuk memulai suatu peperangan begitupun untuk menciptakan kedamaian di dunia. Selalu terdapat resiko saat  mengambil keputusan.

Merayu kaum wanita untuk merokok adalah salah satunya, karena pada dasarnya perempuan tidak melakukan aktivitas tersebut, Kampanye yang dikenal sebagai ‘Torches of Freedom’ tersebut dipengaruhi oleh teori dari seorang rekan sekaligus psikoanalitik pertama Amerika A.A Brille, bahwa rokok adalah simbol kekuatan daripada laki-laki dan jika seorang wanita merokok, itu dapat membuatnya terlihat powerful dan mandiri, anggapan tersebut masih terasa hingga saat ini.

Barney beranggapan untuk menjual sebuah produk bukan dari sisi intelektual Anda saja yang sudah seharusnya membeli mobil sebagai contoh akan tetapi justru Anda akan merasa lebih baik ketika sudah mempunyai mobil. Beliau lah yang mempioneri pemikiran tersebut, bahwa rasa emosional mempunyai kaitan erat dengan servis produk.

 

via GIPHY

 

Ide dan konsep pada desain ini menjadi unik ketika tulisan Katakana dari kata Wadejigu! =  ワデシグ! menjadi poin highlight sebagai penekanan ‘Low-Key Aesthetic Anime.’ Apabila Anda masih ingat saat Shonen jump  berkolaborasi denga Uniqlo, yang menjadikan inspirasi dari desain ini. Grafis bitmap yang diterapkan terlihat photorealism namun juga berkesan hasil gambar tangan. Teknik halftone menjadi gaya yang mendominasi dari gambar inti.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *