Catatan Kaki 16 Tahun WDZG!

“… I would rather bring it to a close and celebrate it’s life with integrity rather than push it to become something I no longer believe in….”

– Benny Gold’s Farewell Letter

Usia 16 tahun pada fase perkembangan manusia adalah fase di mana para remaja sudah mulai mempertanyakan eksistensinya kepada lingkungan terdekat, (yang biasanya pertanyaan-pertanyaan itu dijawab orang tua/guru dan lembaga dengan kalimat klise “suatu saat nanti kamu akan ngerti”). Pertanyaan-pertanyaan tersebut hadir karena pada usia ini manusia sudah bisa melakukan review terhadap pengalaman hidup dan pengetahuan yang mereka dapatkan, dan fase ini juga yang kami alami. Dari sekian banyak kejadian yang kami syukuri terjadi satu tahun terakhir ini membuat kami melakukan review menyeluruh terhadap segala hal menyangkut aktivitas kami selama ini bahkan sampai di suatu titik kami mempertanyakan alasan mengapa kami harus ada?

Alasan apapun yang mendorong kita untuk membangun sebuah brand akan membawa kita ke dalam suatu kondisi dan waktu untuk mempertanyakan apakah alasan awal kita membangun brand ini masih relevan dengan keadaan kita saat ini? Sejauh apakah proses pendewasaan yang kita lalui selama ini menggeser (atau bahkan merubah) alasan awal itu?

Berbeda dengan apa yang dirasakan/dialami oleh Benny Gold dan timnya yang saya kutip di atas, saya merasakan bahwa rutinitas membangun brand ini telah membawa kami melewati sekat-sekat berpikir, dan pada usia ke 16 tahun ini WDZG! berada pada sekat di mana kami menemukan bahwa ketika kita membangun sebuah brand tanpa kita sadari ada yang terbangun secara sengaja/tidak sengaja di dalam prosesnya, yaitu kebersamaan. WDZG! adalah rumah bersama bagi mereka yang memiliki cara pandang yang sama, etos kerja yang serupa dan tujuan yang seragam.

WDZG! tetaplah sebuah kanvas tempat kami bebas berkreasi sebesar apapun bentuk korporasinya, WDZG! tetaplah sebuah rumah yang nyaman bagi kami semua yang masih mau berbagi apa yang dirasakan dan dilakukan, bersama-sama mewujudkan tujuan bersama dengan cara-cara yang selama ini kami percayai dan jalani. Terima kasih untuk tahun-tahun yang akan kita lalui bersama!

– Rizky Rahman


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *