Cerita Dibalik Artwork ‘Raptor’

Wadezig! baru saja mengeluarkan t-shirt terbarunya yang diberi nama RAPTOR MISTY GREY. Tak berapa lama setelah rilis banyak yang bertanya, binatang apakah di dalam ilustrasi tersebut? Serta, apa arti dibalik desainnya? Maka untuk menjawab pertanyaan itu, semua akan kami bahas dalam case study kali ini.

WTM0033022 RAPTOR MISTY GREY IDR 119.000

Sebelum bercerita desain, kami ingin terlebih dahulu menjelaskan binatang yang menempel pada ilustrasi ini. Ayo tebak binatang apa menurutmu? Kalau kamu jawab musang, tebakanmu sedikit meleset! Karena, dalam ilustrasi ‘raptor’ ini kami menggambarkan binatang yang meskipun masih serumpun dengan musang tetapi berbeda disebut weasel, diserap kedalam bahasa Indonesia dengan sebutan cerpelai. Hewan mamalia ini berukuran kecil, merupakan predator aktif, bertubuh panjang dan ramping dengan kaki-kaki pendek. Hewan ini memiliki ordo karnivora yang berarti pemakan daging, oleh karena itulah kami menyebutnya raptor.

weasel

Nah, setelah mengetahui jenis binatangnya, mari kita masuk ke bagian proses kreatif. Dalam secarik kertas berukuran A4 dengan bantuan drawing pen dan penghapus, tim kreatif Wadezig! mulai membuat sketsa dasar. Pertama, menggambar ilustrasi dari weasel yang seolah-olah sedang di sinar-x atau x-ray, sehingga terlihat struktur tulangnya. Proses menggambar menjadi sedikit rumit ketika harus membuat struktur tulang weasel, harus sangat detail agar menghasilkan bentuk semirip mungkin. Pada bagian lain, untuk menambahkan kesan ‘wild’ penggambaran dilanjutkan dengan membuat bunga-bunga di sekitar kaki weasel. Selanjutnya, agar tampak simetris dibuat dua lingkaran yang saling mengisi dan melingkari binatang karnivora ini.

draft raptor

Setelah penggambaran manual selesai, dilanjutkan dengan proses digital imaging. Proses ini bertujuan untuk menghaluskan beberapa bagian ilustrasi, mempertegas garis outline, pewarnaan, hingga pemberian font atau tulisan. Ilustrasi mentah tadi di scan, dan retouch menggunakan software komputer. Oh iya, tipografi ‘WADEZIG!’ di bagian atas menggunakan font Tattoo Ink dengan sedikit di ‘path transform’ agak melengkung, sedangkan tulisan ‘Come on Superstar’ dan ‘Since 2003’ menggunakan font Sreda. Akhirnya, ilustrasi siap dibuatkan filmnya untuk dicetak kedalam t-shirt. Ilustrasi tadi dicetak dalam t-shirt berwarna misty grey dengan material cotton combed 30s dan jenis sablon plastisol.

162 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *