Come On Superstar Wheatpaste x Merxdar

Kita berkolaborasi bersama @merxdar untuk menghiasi jalanan kota Bandung dengan wheatpaste bertemakan Come On Superstar reissue kolaborasi bersama FAB pada tahun 2009.⁠⠀Wadezig! pun pernah terlibat project wheatpaste poster ini dengan berkolaborasi dengan FAB Bandung. Bombing poster di beberapa spot kota Bandung dengan poster bertuliskan “Come On Superstar” yang menjadi ciri Wadezig! selama ini. Di balik poster itu memberikan pesan bahwa kita semua adalah superstar bagi diri kita sendiri dengan keunikan masing-masing, kita harus tampil dan menunjukan keunggulan kita didepan semua orang.

Kegiatan campaign Come On Superstar dengan FAB kami angkat lagi ke dalam edisi Smash-HIt Vo.2, cek disini

Dalam kegiatan ini Merxdar menggunakan “Goodboy Merxdar” by Wadezig! product Artist for Wadezig! Edisi terbatas.

Siapa disini yang masih asing dengan wheatpaste?

Yuk simak baik-baik!

Flyposting atau wheatpaste, atau “bom poster” adalah salah satu bentuk street art yang menggunakan media poster untuk penyampaiannya. Wheatpaste poster biasanya digunakan para street artist untuk menyampaikan pesan bahkan isu-isu yang ingin mereka kemukakan. Biasanya, poster ditempelkan di tempat-tempat strategis agar dapat dilihat dan dibaca semua orang.

Nama wheatpaste poster sendiri muncul di Amerika Serikat, karena wheatpaste merupakan lem yang sering digunakan dalam menempelkan poster. Wheatpaste adalah lem yang dibuat dari tepung atau tepung kanji dan air. Lem ini telah digunakan sejak zaman dahulu untuk berbagai kegunaan sebelum cairan perekat konvensional yang kita kenal saat ini muncul. Faktor ekonomis lah yang membuat lem ini lebih dipilih dibandingkan lem-lem yang beredar dipasaran. Biaya yang lebih murah serta bisa dibuat dalam jumlah yang banyak membuat wheatpaste dipilih para artist untuk menempel poster mereka.

Kembali ke wheatpaste poster, poster-poster biasanya terbuat dari kertas ringan yang dicetak dengan flexography, digital printing, bahkan sablon. Teknik cetak modern memungkinkan poster memiliki fitur desain penuh warna, halftone, bahkan memasukan foto, meskipun ada beberapa artist yang membuat posternya secara manual. Sama seperti pamflet, fungsi dari wheatpaste poster pun beragam ada yang membuatnya sebagai iklan, pesan-pesan politik, acara konser, propaganda, dan lain-lain. Bahkan ada poster yang hanya menampilkan karya seni atau artwork saja tanpa unsur pesan didalamnya, pesan-pesan inspirasional dan positif, hingga pesan agama.

Di sebagian besar wilayah termasuk Indonesia, menempel poster tanpa izin pemilik properti, atau tanpa persetujuan pemerintah setempat untuk tempat umum merupakan kegiatan yang illegal. Namun, itulah keunikan street art seni jalanan yang ditempatkan di jalanan dan dinikmati di jalanan pula. Maka untuk mensiasatinya biasanya para artist melakukan bombing poster di malam hari atau dengan istilah gerilya.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *