Dewa-Dewi Mitologi Nordik

Setelah di seri sebelumnya membahas mengenai penciptaan alam semesta menurut mitologi Nordik, kali ini akan kami bahas dunia para Æsir atau golongan Dewa-Dewi tinggi dan yang paling berkuasa. Diceritakan, dewa-dewi ini tinggal di Asgard yang terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh Mata Air Urd.

Æsir adalah merupakan salah satu Ras Dewa yang tinggal di Asgard. Æsir memiliki musuh utama, yang selalu mereka perangi, yaitu Vanir. Æsir sangat suka dan terobsesi dengan perang dan pertempuran, sedangkan Vanir kebalikan dari Æsir dimana Æsir lebih suka perang dan pertempuran yang cenderung merusak sementara para Vanir lebih dekat pada alam dan kesuburan, mencintai alam tanpa merusaknya. Ketika Æsir dan Vanir berdamai, beberapa Dewa/Dewi Vanir, seperti Njord, Freyja, dan Freyr menjadi Æsir. Pada tatabahasa Norse Awalan As adalah nama tunggal untuk Æsir. Wanita Aesir disebut Asynia (jamaknya Asynior/Asyniur). Bebarapa Deities Æsir antara lain:

1. Odin

Odin

Odin adalah penguasa Alam dan pemimpin para Æsir walaupun pada akhirnya Ia gugur dalam pertempuran maha dahsyat yang disebut Ragnarok. Odin sendiri adalah putra dari Raksasa Bor dan Bestla. Odin bertempat di Asgard didalam aula-nya yang megah Valaskialf yang beratapkan perak murni. Disini terdapat tahtanya yang disebut Hlidskialf, dimana dia bisa melihat seluruh dunia. Selain Valaskialf, Odin juga punya aula lain yang disebut dengan Valhalla. Odin bersenjatakan Tombak maha sakti bernama Gungnir sedangkan cincin yang ia kenakan bernama Draupner (Cincin Kekuatan) yang dibuat oleh kurcaci kembar, Brokk dan Eiti. Tidak hanya itu Odin punya dua serigala yang bernama Freki dan Geri. Dua gagak, Huginn (Pikiran) dan Muninn (Ingatan), yang bertugas membawa berita dari seluruh penjuru dunia untuk dirinya.

2. Lodur

Lodur

Lodur adalah saudara Kandung Odin. Dikenal juga dengan Nama Ve. Pada Mitologi Norse dikisahkan Lodur Bersama dengan dua saudaranya yang lain yaitu Odin dan Hoenir membunuh Raksasa Ymir dan setelah itu mereka bersama sama menciptakan dunia.

3. Thor

Thor

Thor adalah sang Dewa Petir. Thor merupakan Putra dari Odin hasil perkawinan dengan Raksasa Wanita yang bernama Jörd, Fjörgyn atau disebut pula Hlódyn (Dewi Bumi). Thor mempunyai Wilayah kekuasaan yang cukup luas bernama Thrudvangar dengan 540 bangunan aula. Thor mempunyai aula megah tempat dimana ia tinggal yang disebut dengan Bilskirnir. Thor memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing Tanngniost dan Tanngrisnir. Senjata sakti dimiliki Thor ialah senjata khusus berupa Palu yang bernama Mjolnir, buatan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti . Setiap kali Thor melemparkannya ke musuh-musunya, palu tersebut selalu kembali ke tangannya. Hal ini disebabkan karena Thor memakai sarung tangan besi ajaib yang bernama Járngreipr. Selain itu, Thor juga punya Megingjarpar (girdle of might / girdle=korset), yang membuat dia menjadi tidak terlihat. Musuh utama Thor adalah Jörmungand alias Midgard Serpent.

4. Loki

Loki

Dewa api. Anak dari raksasa Fárbautia (Farbautia, “Cruel-Striker”) dan Laufey (“Tree Island”) atau Nal. Saudara dari Byleist dan Helblindi. Menikah dengan Sigyn, ayah dari Narfi (Narvi) dan Vali (Beda dengan Vali anak Odin dan Rin). Melalui raksasa Angerboda (“Distress Bringer”), Loki menjadi ayah dari Hel, dewi kematian Jörmungand (Jormungand), sang Misgard Serpent, dan Fenrir, si serigala raksasa. Loki juga menjadi ibu dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari. Ceritanya, Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina untuk menjauhkan Svadilfari dari pemiliknya, raksasa Hrimthurs, untuk mencegah sang raksasa menyelesaikan pembangunan Asgard. Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Æsir, namun tidak jarang menimbulkan kesulitan untuk dewa-dewa tersebut. Loki dikenal sebagai Trickster dan Shape-changer. Sebenarnya Loki adalah frost giant, tetapi sejak menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Æsir yang sangat penting. Meskipun tidak ada dewa yang seperti dia, Loki diperkenankan untuk makan di Asgard. Lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap dan sinis, mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandingan para dewa baik. Dia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu Frigga untuk mengetahui apa yang bisa membunuh Balder dan menggunakan Hod, saudara Balder untuk membunuh dewa tersebut. Atas kejahatannya, Loki dihukum dengan dikurung di sebuah gua. Pada saat Ragnarok tiba, Loki memimpin perlawanan terhadap para dewa.

5. Frigga

Frigga

Frigga merupakan istri Odin, dan ia memiliki kemampuan meramal yang kuat. Ia bergelar: Ratu para Æsir, pemimpin para Dewi, Dewi kasih sayang, Dewi kesuburan, Dewi rumah tangga, Dewi perkawinan, dan Dewi langit. Dalam beberapa cerita dia digambarkan menenun masa depan manusia dan dewa, meskipun ia tidak mampu mengubah takdir mereka. Anak-anaknya bernama: Balder, Hodhr, dan Wecta. Anak-anak tirinya bernama: Hermodhr, Heimdall, Tyr, Vidar, Vali, Skjoldr. Thor adalah saudaranya sekaligus anak tirinya. Dalam Asgard ia mempunyai aula bernama Fensalir.

6. Freyja

Freyja

Freyja (kadangkala disebut Freya atau Freja) adalah adik Freyr, puteri dari Njord, yang sering disebut sebagai Dewi kesuburan dalam Mitologi Nordik. Ia berasal dari ras Vanir yang kemudian diangkat menjadi Æsir. Freyja memiliki wajah yang jelita dan bahkan pernah dinobatkan sebagai dewi tercantik diseluruh valhalla. Semua makhluk hidup yang ada di dunia mengagguminya dan banyak yang ingin mendapatkan cintanya.

7. Balder

Balder

Balder adalah dewa kecantikan. Tinggal di istananya yang bernama Breidablik bersama dengan istrinya Nana anak perempuan dari Nep. Dari perkawinan Balder dan Nana lahirlah Forseti. Balder merupakan dewa yang paling dicintai dari seluruh dewa yang ada. Sayangnya, menurut ramalan, Balder akan mati. Karena itu, ibunya, Frigga meminta semua mahluk dan benda yang ada untuk tidak melukai anaknya itu. Sayangnya, dia tidak meminta hal yang sama kepada Mistletoe (sejenis tanaman) karena menyangka tanaman tersebut tidak mungkin melukai Balder.

8. Heimdall

Nordisk oldtid og dansk kunst

Dikenal juga sebagai White As. Merupakan anak dari Nine Waves (9 raksasa perempuan yang semuanya bersaudari). Itu artinya Heimdall punya 9 ibu. Nine Waves merupakan anak dari Aegir. Heimdall dikenal juga sebagai Rig, pencipta umat manusia. Nama lainnya adalah Hallinskidi dan Gullintanni. Heimdall adalah penjaga Bifrost. Dia tinggal di aulanya, Himinbjörg (“Cliff of the Hills” atau “Heavenly Fall”) yg terletak di ujung Asgard. Heimdall punya pendengaran dan penglihatan yang super tajam. Dia adalah penjaga yang tidak pernah tidur yang bertugas mencegah para raksasa memasuki Asgard. Pedangnya disebut Hofund (Heimdall’s Head). Seperti Odin, Heimdall juga minum air dari sumur Mimir dan untuk itu dia mengorbankan salah satu telinganya. Pada perang terakhir antara para dewa dan raksasa jahat, dengan menunggang kudanya Gulltopp dan membawa pedangnya Hofund, Heimdall dan Loki saling berbunuhan dalam pertempuran.

9. Tyr

Tyr

Dewa bertangan satu. Kemungkinan anak dari Odin dan Frigg atau raksasa perempuan Fjorgyn. Tyr adalah saudara mudanya Thor. Ia mengorbankan tangannya kepada serigala yang bernama Fenrir sehingga ia hanya memiliki satu tangan.

10. Freyr

Freyr_by_Johannes_Gehrts

Merupakan saudara kembar dari Freyja, ia juga berasal dari ras Vanir yang kemudian diangkat menjadi Æsir. Merupakan dewa cahaya, matahari, hujan, pertanian, kesuburan dan kemakmuran. Freyr memliki nama lain, Yngvi atau Yngvi-Freyr. Nama lainnya lagi Ingi-Freyr. Hewan keramat Freyr adalah babi dan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti membuatkannya seekor babi hutan dengan bulu emas yang bernama Gullinbursti yang berarti bulu emas untuk menarik keretanya.

Itulah beberapa dewa-dewi yang menghuni Asgard, sebenarnya masih ada beberapa dewa-dewi lainnya seperti Ull, Bragi, Vidar, Foresti, dll.

Sumber


One reply on “Dewa-Dewi Mitologi Nordik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *