Enam Bagian Penting Pada Kemeja

Salah satu pakaian yang paling penting untuk pria adalah kemeja. Terlepas apakah kemeja itu kemeja lengan panjang atau pendek, benda yang satu ini sepertinya jadi item fashion paling banyak ditemukan di lemari pakaian pria. Untuk pergi ke kantor  atau acara resmi sudah pasti kita mengenakan kemeja, bahkan untuk acara kasual pun kita dapat mengenakan kemeja, tergantung bagaimana kita memadupadankannya.

shirt-basic

Karena hal itulah, tidak ada salahnya jika kita mengetahui enam bagian penting pada kemeja.

1. Kerah / Collar

Bagian yang satu ini merupakan yang paling penting dari kemeja, ada berbagai jenis tipe kerah/collar seperti button down collar, pointed collar, spread collar, pin & tab collar serta lainnya. Masing-masing tipe kerah/collar menentukan level formalitas dari suatu acara dan juga disesuaikan dengan bentuk wajah. Jenis-jenis kerah kemeja sudah pernah kita bahas di WedWearing yang satu ini.

2. Lengan

Walaupun kemeja berlengan pendek itu biasanya dikenakan untuk acara kasual, tetapi kemeja lengan panjang belum tentu untuk acara formal. Dalam memilih kemeja, lumayan sulit untuk mencari kemeja dengan lengan yang pas dengan ukuran kita, terutama kemeja lengan panjang.

3. Cuff

Walaupun bentuknya kecil, bagian yang satu ini sangat penting. Selain kerah, cuff adalah salah satu bagian yang terlihat ketika kita mengenakan jas/jacket untuk ke acara resmi atau formal. Ukuran cuff harus lebih panjang sekitar 1-1,5 inchi dari jas/jacket kamu. Ada beberapa model cuff yang bisa kamu coba, mulai dari yang standar ataupun variasi lainnya.

4. Placket

Sebagian besar kemeja formal maupun kasual memiliki bagian yang satu ini. Seperti yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini, placket terletak di bagian kiri depan dengan terdapat beberapa lubang kancing yang berbaris vertikal.

5. Yoke

Yoke adalah bagian kemeja berupa bahan yang menghubungkan kemeja bagian depan dan belakang, selain itu yoke juga berfungsi untuk menutupi tulang bahu kita. Ada dua model yoke, yaitu one-piece yoke dan two-piece yoke. Kemeja formal biasanya menggunakan one-piece yoke.

Yoke

6. Pleat

Seperti kita ketahui, punggung seorang pria tidaklah rata. Oleh karena itu banyak bagian belakang kemeja yang didesain dengan pleat yang berfungsi untuk menyesuaikan postur punggung kita. Ada 2 macam pleat yang bisa ditemui, yaitu box pleat dan side pleat. Namun banyak juga kemeja yang didesain tanpa pleat.

pleat

Memang akan terasa memusingkan jika kita memerhatikan keenam bagian dari kemeja itu pada saat membeli kemeja, tapi mungkin dengan memperhatikannya kita dapat menemukan kemeja yang benar-benar pas dengan bentuk tubuh kita. Bulan Mei ini juga Wadezig! mengeluarkan beberapa koleksi kemeja terbaru yang bisa kamu lihat di sini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *