Fakta Menarik Tentang Bangsa Viking

Dengan semua stereotip tentang Viking, mungkin masih banyak yang belum kamu dengar tentang bangsa pelaut Skandinavia yang menyerbu dan menetap di pesisir di Kepulauan Inggris dan sekitarnya antara abad ke-9 dan ke-11 itu. Jelajahi 10 fakta mengejutkan tentang Viking di bawah ini.

1. Tidak memakai helm bertanduk

081

Penggambaran berasal dari zaman Viking tidak menunjukkan hal itu. Helm Viking yang otentik, yang pernah ditemukan, bebas tanduk. Pelukis tampaknya telah membuat tren bahwa helm Viking bertanduk selama abad ke-19, mungkin terinspirasi oleh deskripsi tentang orang-orang Eropa Utara oleh penulis sejarah Yunani dan Romawi Kuno. Jauh sebelum era Viking, imam Norwegia dan Jerman memang memakai helm bertanduk untuk tujuan seremonial.

2. Sangat higienis

viking-antler-combs

Berdasarkan bukti arkeologis, bangsa Viking telah memiliki pinset, pisau cukur, sisir dan pembersih telinga yang terbuat dari tulang hewan dan tanduk. Mereka juga mandi setidaknya sekali seminggu―jauh lebih sering daripada bangsa Eropa lainnya―dan berendam di air panas alami.

3. Cairan unik

chuabavang_Gallery_thumb_20532014_045322

Mereka mengumpulkan jamur yang disebut “kayu sentuh” dari kulit pohon, lalu mendidihkannya selama beberapa hari dalam urin. Natrium nitrat yang terkandung dalam air seni akan memungkinkan material terbakar sehingga orang-orang Viking bisa mengambil api di mana saja.

4. Dikuburkan di perahu

article-2050619-0E6E5CAA00000578-375_634x365

Viking amat mencintai kapalnya. Menurut kepercayaan Norwegia, prajurit akan memasuki alam yang mulia setelah kematian dan kapal yang melayani mereka semasa hidup akan membantu mereka mencapai tujuan akhir akhirat itu. Perompak ulung dan perempuan terkemuka juga dikuburkan di kapal dengan dikelilingi oleh senjata, barang-barang berharga dan kadang-kadang budak yang dikorbankan.

5. Aktif dalam perdagangan budak

slave trade

Mereka akan menangkap dan memperbudak wanita dan pria muda saat menjarah Anglo-Saxon, Celtic dan Slavia. Tangkapan itu kemudian dijual di pasar budak di seluruh Eropa dan Timur Tengah.

6. Wanita Viking menikmati haknya

Fantasy_Actress_in_the_role_of_a_Viking_girl_093523_

Rata-rata gadis Viking yang berusia 12 tahun sudah berumah tangga, namun lebih banyak tinggal sendirian karena suami mereka berlayar. Meski demikian, mereka memiliki lebih banyak memiliki kebebasan daripada wanita lain di zaman mereka. Selama mereka bukan budak, wanita Viking bisa mewarisi harta, meminta cerai dan merebut kembali mahar mereka jika pernikahan mereka berakhir.

7. Pria Viking bertani

img20

Benar. Bangsa Viking memang identik dengan kapal dan bajak laut. Tetapi, itu hanya berlaku bagi mereka yang tak berperasaan. Sebaliknya, yang menyukai kedamaian lebih suka menabur barley, rye dan gandum. Mereka juga beternak sapi, kambing, babi dan domba yang biasanya hanya menghasilkan makanan yang cukup untuk mendukung keluarga saja.

8. Pelesiran dengan ski

carreradef-515x385

Skandinavia mengembangkan ski primitif setidaknya 6.000 tahun yang lalu, meskipun Rusia Kuno mungkin telah menemukannya lebih awal. Pada era Viking, ski dianggap sebagai cara yang efisien untuk rekreasi. Mereka bahkan menyembah dewa ski, Ullr.

9. Rambut pirang

wE49r01

Agar sesuai dengan cita-cita budaya mereka, pria-pria Viking akan menggunakan sabun dengan kandungan alkali tinggi untuk memirangkan rambut mereka. Di beberapa daerah, jenggot juga dipirangkan. Kemungkinan, perawatan ini juga membantu mereka mengatasi masalah yang jauh lebih merajalela: kutu.

10. Tidak pernah menjadi satu kelompok

vikingas-piratas1

Pada kenyataannya, mereka tidak menyebut diri mereka sebagai Viking: istilah ini hanya sebutan bagi orang-orang Skandinavia yang mengambil bagian dalam ekspedisi di luar negeri. Selama zaman Viking, tanah yang sekarang membentuk Denmark, Norwegia dan Swedia merupakan hasil tambal sulam kepala-kepala suku yang sering berperang melawan satu sama lain―ketika mereka tidak sibuk mendatangkan malapetaka pada negara asing.

Sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *