Fakta Menarik Tentang Kumis

Bagi kaum pria, kumis bisa jadi merupakan sesuatu yang sangat diinginkan. Namun sebagian pria juga beranggapan tidak terlalu menginginkannya. Suka atau tidak suka, rambut yang satu ini akan selalu muncul. Allan Peterkin mengungkapkan fakta menarik mengenai kumis dalam bukunya, “One Thousand Mustaches: A Cultural History of the Mo”. Sesuai dengan tema Wadezig! “Movember” yang merupakan penggabungan dari kata “moustache” dan “November”, #TrueTues kali ini kami mengulas beberapa hal yang tidak diketahui tentang kumis sebagai berikut:

1. Punya banyak julukan

Sebagian besar menghubungkannya untuk menahan makanan dan minuman atau menghubungkannya dengan seks seperti Tongkat bulu; Bro-stache; Kain lap; Penangkap remah; Renda wajah; Rumput nyengir; Bayangan bibir; Manometer; Alis mulut; Kutukan; Penggelitik; Saringan teh; Lipholstery atas; Berewok; Sayap.

2. Bersifat Magnetis

Rata-rata pria berkumis menyentuh kumisnya 760 kali per hari.

3. Semakin lebat, semakin mahal

Indian-Police_2945

Polisi di kota-kota besar India tak jarang mendapat bonus jika mereka menumbuhkan kumis, karena kumis dianggap sebagai simbol kejantanan dan kekuasaan.

4. Kumis Fu Manchu

Fu-Manchu

Rambut manusia rata-rata tumbuh dengan panjang 0,014 inci per hari, atau sekitar 5 atau 6 inci per tahun. Jadi, seorang pria bisa memiliki kumis yang sangat panjang seperti tokoh fiksi kriminal Fu Manchu.

5. Menjadi ikon

burt

Ikon kumis, Burt Reynolds memiliki hampir 4.000 penggemar di Facebook.

6. Musiman

Kumis merupakan rambut yang tumbuh lebih cepat dibandingkan rambut di bagian tubuh lainnya. Akan semakin tumbuh cepat di musim semi dan musim panas daripada di musim gugur dan musim dingin.

7. Menyembunyikan sesuatu

SGT-PEPPER-sgt-peppers-lonely-hearts-club-band-28076292-800-600

Pada tahun 1967, The Beatles mengenakan kumis di sampul album mereka yang kedelapan, Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Ternyata hal itu merupakan respon pragmatis untuk menyembunyikan bibir bengkak Paul McCartney akibat jatuh dari sepeda motor tahun 1966.

8. Pelamar yang baik

Dalam jajak pendapat 2008 di surat kabar Inggris, The Guardian, 61 persen responden berpendapat bahwa kumis untuk menjadikan seorang pria lebih sopan dan menyenangkan, sementara 39 persen percaya bahwa hanya orang-orang bodoh dan jahat yang memiliki kumis.

9. Penyerap yang baik

Kumis mampu menyerap 20 persen dari beratnya sendiri dalam bentuk cairan.

10. Memiliki daya pengaruh

Martin-Luther-King-Jr

Martin Luther King, Jr dikenang sebagai salah satu orang Amerika berkumis paling berpengaruh dalam sejarah, sebagaimana dikemukakan American Mustache Institute.

11. Waktu cukur

Sembilan puluh persen pria mencukur sekali sehari. Mencukur akan menghabiskan total lima bulan hidup seorang pria jika ia mulai mencukur di usia 14 tahun.

12. Kelenjar yang sangat banyak

Rata-rata pria memiliki sekitar lima juta kelenjar kumis. Atau, kira-kira tiga kali lebih sama banyaknya dengan gorila, tapi masih kurang dari simpanse.

13. Mesin pencetak uang

dali

Kumis mendorong lahirnya alat cukur dan pisau yang menghasilkan industry dengan nilai US$ 1,1 miliar. Namun, menjaga kumis tetap panjang bisa membantu imej dan daya ‘jual pria. Seniman Spanyol, Salvador Dali mencintai kumisnya yang luar biasa dan mengaku bahwa kumisnya bak dua penjaga yang berdiri tegak menjaga pintu masuk ke dirinya yang sebenarnya.

Sumber


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *