Fakta Unik Bulan Februari

Februari itu diambil dari bahasa latin, yaitu Februus, artinya dewa penyucian. Dulu, zaman Romawi kuno, dalam 1 tahun terdapat 10 bulan, karena 61 hari pada musim dingin tidak dimasukkan ke dalam kalender. Akhirnya ada seorang yang mereformasi kalender, yaitu Numa Pompilus. Dia membutuhkan kalender yang bisa dijadikan patokan kapan harus diadakan upacara untuk bertani. Akhirnya bulan baru ditambahkan, yaitu Ianuarius dan Februarius. Ianuarius berjumlah 29 hari, sedangkan Februarius berjumlah 28 hari, jadi total dalam 1 tahun adalah 355 hari. Bulan pertama adalah Martinius dan bulan ke 11 adalah Ianuarius, sedangkan Februarius adalah bulan ke 12. Pada tahun 45 SM, Julius Caesar mereformasi kalender lagi, Ianuarius menjadi bulan pertama dan Februarius menjadi bulan kedua. Di bulan Januari biasanya diadakan pemilihan konsul, dan di bulan Februarius, konsul yang terpilih dapat diberkati dalam upacara menyambut musim semi yang artinya menyambut hal yang baru.

Mau tahu kenapa Februari jumlah harinya sedikit? Dulu, pada zaman Numa Pompilus, Februari berjumlah 28 hari, dan pada zaman Julius Caesar, bulan Februari berjumlah 29 dan 30 hari pada tahun kabisat. Saaat Julius Caesar digantikan oleh Kisar Ahustus, bangsa Romawi menyebut bulan Agustus dengan sexitilis yang berarti keenam. Kemudian mereka mengubah namanya menjadi Agustus untuk menghormati pengganti Julius Caesar itu. Bulan ini dipilih karena Kisar Ahustus selalu beruntung di bulan Sexitilis. Karena ia tidak mau bulannya memiliki jumlah hari yang lebih pendek dari Julius Caesar, maka ia “mencuri” 1 hari pada bulan Februari dan ini menyebabkan Februari berjumlah 28 hari sedangkan Agustus berjumlah 31 hari.

leap-year-othercalendars

Nah, setiap empat tahun sekali Februari memiliki tanggal yang disebut kabisat. Tau apa yang dimaksud dengan tahun kabisat? Yup, tahun yang bisa dibagi 4 dan dalam 1 tahun berjumlah 366 hari, bukan 365 hari. Tahun kabisat ini berpengaruh pada bulan Februari. Biasanya Februari berjumlah 28 hari, namun pada saat tahun kabisat, Februari berjumlah 29 hari. Jadi, kamu bakal merasakan 29 hari di Februari setiap 4 tahun sekali.

Tahun kabisat berawal dari zaman Kekaisaran Romawi ribuan tahun yang lalu. Pada waktu itu pemimpinnya adalah Julius Caesar. Ia gusar sebab penanggalan yang berlaku malah membuat pusing kepala. Bulan Desember misalnya, kadang musim dingin dan kadang tidak. Kemudian, ia memerintahkan ahli perbintangan kerajaan, Sosigenes untuk membuat penanggalan baru. Dia mengatakan bahwa lama Bumi mengitari matahari adalah 365,25 hari. Namun, supaya mudah digenapkan menjadi 365 hari. Dan kekurangannya digabung menjadi 1 hari dalam setiap 4 tahun sekali. Lalu, tanggal berapakah yang hanya akan muncul tiap 4 tahun sekali? Ditetapkanlah, 1 hari akan ditambahkan pada bulan Februari setiap tahun kabisat. Mengapa harus Februari? Karena bulan Februari memiliki jumlah hari yang paling sedikit, yaitu 28 hari. Bila tahun kabisat tiba, Februari berjumlah 29 hari.

Ternyata, berdasarkan sejarah banyak kejadian penting yang terjadi selama bulan Februari, dari mulai peristiwa bersejarah, perayaan, kelahiran, hingga kematian. Apa saja kejadian yang terjadi di Februari? Berikut catatannya.

2 Februari 1979, Sid Vicious Meninggal

sid vic

Di suatu pagi di sebuah kamar Hotel Chelsea, Sid Vicious terbangun dan menemukan kekasihnya sudah dalam keadaan tak bernyawa. Ada spekulasi yang mengatakan Vicious lah yang menikam sang kekasih. Kepolisian setempat akhirnya memenjarakan ikon Sex Pistols tersebut dengan tuduhan pembunuhan kelas dua. Tak butuh waktu lama, Vicious langsung dibebaskan dengan uang jaminan sebesar 25 ribu poundsterling.

Sore hari tanggal 2 Februari 1979, perayaan kecil diadakan untuk menyambut Sid yang sudah bebas. Perayaan itu diadakan di apartemen Michele Robinson, pacar baru Sid, di New York. Sid sudah bersih dari narkoba setelah menjalani program rehabilitasi selama berada di penjara Rikers Island. Tapi dalam acara itu, Anne, ibu Sid yang juga pernah pecandu narkoba diam-diam punya stok heroin yang diberikan oleh kekasihnya. Sid sempat overdosis malam itu dan ditemukan meninggal pada pagi harinya.

4 Februari 2004, Facebook diluncurkan

mark-zuckerberg-facebook

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Kini tercatat Facebook memiliki miliaran pengguna aktif.

12 Februari tahun 1809, Charles Darwin Dilahirkan 

Charles_Darwin_photograph_by_Herbert_Rose_Barraud,_1881

Seorang ilmuwan Inggris terkenal, terlahir ke dunia. Awalnya ia belajar di bidang kedokteran di Edinburgh University. Namun, karena tidak menukai bidang ini, ia beralih belajar teologi di Cambrige University. Pada tahun 1831, ia bergabung dalam tim ekspedisi penelitian ke Amerika Selatan. Ekspedisi yang berlangsung lima tahun itu menghasilkan karya terkenal Darwin yang berjudul, On the Origin of Species by Means of Natural Selection atau Asal Mula Spesies Melalui Seleksi Alam. Buku ini diterbitkan tahun 1859 dan menimbulkan kontroversi yang sangat luas karena telah menggoncang kepercayaan yang ada saat itu mengenai penciptaan alam. Dalam buku itu, Darwin mengemukakan teorinya bahwa makhluk hidup berevolusi melalui sebuah proses yang diistilahkannya sebagai seleksi alam. Menurut Darwin, makhluk hidup yang ada saat ini adalah mereka yang berhasil lolos seleksi dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

14 Februari Dirayakan Sebagai Hari Valentine

valentines-day-clip-art-for-kids-1

Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine’s Day) atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya. Sebenarnya Valentine itu merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada pacar ataupun kekasih, Valentine merupakan hari terbesar dalam soal Percintaan dan bukan berarti selain valentine tidak merasakan cinta.

Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk “valentines”. Simbol modern Valentine antara lain sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap. Bukan hanya itu para pasangan juga saling memberikan coklat kepada masing-masing pasangannya.

14 Februari 1876, Alexander Graham Bell Mendaftarkan Hak Paten Telepon

Alexander_Graham_Telephone_in_Newyork

Pada tahun 1875 dia mulai membuat percobaan-percobaan yang mengarah pada penemuan telepon. Dia mengumpulkan paten untuk mengokohkan penemuannya di bulan Februari 1876 dan mendapat imbalan beberapa minggu kemudian. Menarik sekali untuk dicatat bahwa seorang lain bernama Elisha Gray juga mengumpulkan paten penemuan untuk pengokohan mengenai peralatan serupa pada hari yang berbarengan dengan apa yang diperbuat Bell, hanya selisih beberapa jam saja. Akhirnya diputuskan hak paten jatuh ke tangan Alexander Graham Bell. Tak lama sesudah patennya diterima, Bell mempertontonkan patennya di pameran 100 tahun kota Philadelphia. Penemuannya menarik perhatian besar publik dan mendapat penghargaan atas hasil karyanya.

15 Februari 2005, Domain YouTube Didaftarkan

Youtube

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal.Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign. Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

21 Februari 1965, Malcolm X Meninggal

malcolmxdead

Ia adalah tokoh Muslim dari kaum Afrika-Amerika yang ketokohannya dapat disandingkan dengan Dr. Martin Luther King yang berjuang menghapus segala macam diskriminasi, terlebih yang menimpa kaum Afrika-Amerika yang sering dikonotasikan dengan kaum negro yang terdiskriminasi.

Malcolm X meninggal 21 Februari 1965, pada saat akan memberi pidato di sebuah hotel di New York. Ia tewas diujung peluru tiga orang Afrika-Amerika yang ironisnya dia perjuangkan nilai-nilai dan hak-haknya, serta tidak ada yang tahu siapa dan apa di balik kematiannya. Kendati demikian, impian Malcolm X menyebarkan visi antirasisme dan nilai-nilai Islam yang humanis, menggugah kalangan Afro-Amerika dan dunia.

22 Februari 1732, George Washington Dilahirkan

Rembrandt_Peale_-_George_Washington_(Porthole_type)_-_Google_Art_Project

Seorang yang kelak akan menjadi Presiden pertama Amerika Serikat dilahirkan ke dunia. George Washington merupakan Komandan Angkatan Darat Kontinental selama Perang Revolusi Amerika, dan salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat. Dia memimpin konvensi sekaligus merancang draft Konstitusi Amerika Serikat.

24 Februari 1955, Steve Jobs Dilahirkan

Steve_Jobs_Headshot_2010-CROP

Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 adalah pendiri perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak dan tokoh utama di industri komputer. Sebagai pendiri (dengan Steve Wozniak) Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Kemudian, ia merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, dan kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Macintosh. Kini siapa yang tidak kenal produk Apple?

Untuk yang terakhir, kejadian penting terjadi di Februari adalah Wadezig! akan berulang tahun di bulan ini. Horay!

14 Februari 2003, Wadezig! Berdiri

wdzg_1stTee02

14 Februari 2003, ketika semua orang merayakan Valentine Day, Wadezig! merilis issue pertamanya, Girlogicoholic yang merupakan dua buah desain t-shirt dalam jumlah yang sangat terbatas. Salah satu desainnya bertuliskan “Healthy diet. Eat more protein.” Sarkastis, nakal, dan playful. Tahun ini Wadezig! akan menginjak umur ke 12, dan akan terus berkarya mewarnai dunianya.

*Diolah dari berbagai sumber

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *