Festival Musik Terbesar di Dunia

Buat yang suka banget sama musik, wajib tahu daftar-daftar festival musik terbesar dan terbaik di dunia ini. Saking seru dan ramainya festival-festival musik ini, tidak jarang banyak orang yang sengaja menggelar tikar bahkan membangun tenda dan tidur di lokasi, lho. Nah, jadi kebayang kan betapa serunya festival-festival musik di berbagai negara ini.

Woodstock Festival

woodstock

Festival musik yang satu ini pertama sekali diadakan di dekat Woodstock, New York. Pada 16 Agustus 1969. Sejak itu, acara musik ini menjadi simbol ‘counter culture’ Amerika Serikat dan menjadi mula perkembangan sejarah musik rock disana. Festival ini didirikan oleh Michael lang yang manajer sebuah band rock, Artie Kornfeld, eksekutif di capitol dan dua modal ventura yaitu John Roberts dan Yoel Rosenman.Woodstock merupakan salah satu festival musik legendaris yang diadakan di USA dan dalam setiap pergelarannya dihadiri oleh ratusan ribu penonton, tercatat yang terbesar dihadiri sekitar 400 ribu orang. Bahkan ada penonton yang berkemah di area festival hanya untuk dapat menyaksikan idola mereka manggung. Artis yang pernah tampil di woodstock diantaranya: Jimi Hendrix, Janis Joplin, Santana, The Who, dll.

Glastonbury Festival

Glastonbury Festival

Glastonbury Festival adalah festival musik terbesar yang ada di dunia. Festival tersebut berlangsung di selatan inggris selama beberapa hari. Tak hanya musik, berbagai macam jenis seni kontemporer juga ditampilkan di festival ini. Berbagai macam aliran musik seperti Folk, Rock, Jazz, Reggae, dan Hip Hop ditampilkan di beberapa panggung yang terdapat di festival ini. Festival ini pertama kali diadakan pada awal ’70-an oleh Michael Eavis. Festival ini dahulunya bernama Pilton Festival. Ide festival ini muncul setelah Michael melihat Bath Blues Festival di Shepton Mallet, Inggris. Glastonbury kini menjadi salah satu festival legendaris di Inggris. Artis yang pernah tampil di sini: U2, Gorillaz, The Cure, The Smiths, dll

Lollapalooza Festival

lollapaloza

Pada awalnya Perry Farrel mengadakan festival ini sebagai tur perpisahan dari band nya sendiri Jane’s Addiction. Karena bentuknya tur, maka tempatnya pun berpindah-pindah di sekitar Amerika dan Kanada dari 1991 sampai 1997. Namun sejak 2005, Giant Park menjadi tempat tetap penyelenggaraan musik yang sudah berumur 23 tahun ini. Namun sejak 2011 festival ini mulai merambah Amerika Latin seperti Chile dan Brazil. Nama Lollapalooza berarti sebuah permen lollipop yang besar. Dalam festival musik ini kalian bisa melihat berbagai genre seperti hip-hop, electronica, reggae, indie rock, dan heavy metal. Artis yang pernah tampil: Eminem, Foo Fighters, Muse, Coldplay, dll.

Bonnaroo Music & Arts Festival

bonnaroo2010_day3-7368as

Festival ini diadakan oleh Superfly Productions dan AC entertainment. Sejak diadakan pertama kali pada 2002, Bonnaroo sudah menjadi sebuah festival tahunan yang diselenggarakan selama empat hari setiap Juni. Pengunjung festival ini bisa menemunkan, live band, bioskop dalam tenda, silent disco, dan kincir raksasa. Selain itu, Bonnaroo juga jadi tempat berkumpulnya para seniman juga pengrajin untuk menjual hasil karya mereka yang unik dan hanya bisa ditemukan di festival ini saja. Kata Bonnaro sendiri dipopulerkan oleh seorang gitaris r ‘n’ b asal New Orleans, Dr John, dalam albumnya Desitively Bonnaroo yang dirilis pada 1974; artinya, a really good time. Artis yang pernah tampil: Radiohead, Nine Inch Nails, Jay Z, dll.

Fuji Rock Festival

fuji-rock-main-stage

Ini adalah festival musik yang paling besar di Jepang, Fuji Rock Festival menampilkan musisi-musisi besar dunia. Acara ini di selenggarakan di sebuah resort ski Naeba yang terletak beberapa jam dari Tokyo. Festival ini akan dilaksanakan di pertengahan musim panas yakni bulan Juli. Lebih dari ratusan musisi Jepang dan dunia akan menyemarakkan event yang berlangsung selama tiga hari ini. Artis yang pernah manggung: Coldplay, Artic Monkeys, Asian Dub Foundation, Steve Aoki, dll.

 

Tak hanya di berbagai belahan dunia tersebut, Indonesia pun ternyata memliki festival musik berskala internasional.

Djakarta Warehouse Project (DWP)

dwp

Djakarta Warehouse Project (DWP) merupakan festival musik dansa terbesar di Indonesia dimulai sejak 2009, bahkan mungkin di Asia. Siapkan dirimu, karena mungkin di festival ini kamu tidak akan bisa berhenti berdansa diiringi musik electronic dance, seperti remixdubstep, trance, dan techno bersama DJ-DJ lokal dan internasional. Artis yang pernah tampil: David Guetta, Steve Aoki, Showtex, Martin Solveig, dll.

Rock in Solo

Berangkat dari festival lokalan, Rock in Solo mencuri perhatian khalayak ketika embrio tersebut semakin membesar dari tahun ke tahun. Puluhan band cadas lokal maupun internasional bermain di festival ini. Seperti namanya, festival ini bertempat di Kota Solo. Artis yang pernah tampil: Cannibal Corpse, Dying Fetus, Death Angel, Kataklysm, dll.

Hammersonic Festival

hammersonic

Selain Rock in Solo, metalhead di Indonesia pun dimanjakan dengan gelaran Hammersonic festival yang dimulai tahun 2012. Semenjak kehadirannya tiga tahun lalu, festival musik metal ini pernah diramaikan oleh sejumlah nama besar semisal Kreator, Hatebreed, Bullet For My Valentine, dan juga metal head lokal seperti Jasad, Siksa Kubur, Koil, dan Funeral Inception.

Jakarta International Java Jazz Festival

java jazz

Apabila DWP merupakan salah satu yang terbesar di genre electronic dance, ini adalah salah satu festival musik jazz terbesar di Indonesia bahkan di Asia. Festival ini selalu sukses setiap tahunnya dengan melibatkan banyak musisi dari seluruh dunia. Sejumlah nama seperti Earth, Wind And Fire, James Brown, Stevie Wonder, pernah bermain dalam festival ini. Digelar di Jakarta, festival ini sendiri sudah memulai jejak rekam eksistensinya sejak 10 tahun yang lalu. Saat ini festival ini sudah menjadi salah satu festival musik tahunan ikonik di Indonesia.

Nah gimana Crowds? Apakah ada dari kalian yang pernah mengunjungi salah satu festival musik tersebut?

 

*Diolah dari berbagai sumber. Foto hanya sebagai ilustrasi.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *