Festival Street Art Di Seluruh Dunia

Selain galeri, salah satu cara mengapresiasi karya street art adalah dengan membuat festival yang dikhususkan bagi karya-karya seni jalanan ini. Rangkaian festival telah menjadi gaya hidup bagi beberapa street artist, dengan nomaden menghabiskan hari-hari mereka mengunjungi kota-kota baru. Tak hanya itu, festival juga memberi dampak yang besar, kota penyelenggara suatu festival tidak hanya akan mendapatkan ketenaran tetapi juga bisa menghasilkan perhatian lebih dari sponsor. Lebih lanjut, festival juga cenderung mengangkat potensi seniman-seniman lokal untuk tampil disamping karya seniman terkenal. Berikut festival street art dari berbagai belahan dunia.

Open Wall Baltimore

baltimore

Lokasi: Baltimore, Amerika Serikat

Festival ini merupakan persembahan street artist bernama Gaia untuk kota yang ia cintai dan sudah ditinggali semenjak Gaia duduk di bangku sekolah. Festival ini menandai eksistensi Gaia di dunia street art.

Mural Festival

,mural

Lokasi: Montreal, Kanada

Festival ini membawa mural-mural terbaik dari para seniman untuk dibuat di Montreal. Dengan 16 bangunan besar yang siap dijadikan kanvas, Mural Festival mengguncang dengan beberapa seniman internasional dan seniman lokal.

Nuart Festival

nuart

Lokasi: Stavanger, Norwegia

Salah satu kota di Norwegia ini tak disangka-sangka telah menjadi ‘hot spot’ untuk seni jalanan berkat penerimaan dari kota ini. Pada Nuart Festival seniman dipersilahkan menggambari bangunan besar yang ada di Stavanger. Selain itu, diadakan juga diskusi dan artist talk sebagai rangkaian acara festival.

Mural-ist Festival

muralists

Lokasi: Istanbul, Turki

Dikala kondisi politik Turki sedang memanas, festival ini hadir dengan sindiran-sindiran dan karya-karya yang sarat pesan politik. Hal tersebut memberikan inspirasi bagi seniman jalanan internasional dan lokal untuk menggambar tembok-tembok bangunan Kadıköy.

Latido Americano

latido americano

Lokasi: Lima, Peru

Festival ini menampilkan percampuran gaya street art dengan ciri khas Amerika Selatan. Graffiti writers bersama muralists, menampilkan banyak gaya dari abstrak hingga representasional. Mereka semua membuat serangkaian visual menarik dengan tumpukan warna menarik di dinding.

Pow! Wow! Hawaii

pow wow

Lokasi: Hawaii

Festival yang mempertemukan sekaligus merayakan budaya, musik, dan seni. Berpusat di sekitar Hawaii selama satu minggu lebih, Pow! Wow! telah menjadi jaringan seniman global, sekolah seni, proyek mural,  ruang kreatif, dan instalasi seni dari seluruh dunia. Festival ini berlangsung setiap tahun di bulan Februari.

Urban Forms Festival

lodz

Lokasi: Lodz, Polandia

Pertama kali digelar tahun 2009, festival ini berfokus pada budaya kota yang didefiniskan secara luas sekaligus mempromosikan dan mendukung seni independen di ruang publik. Bermaksud mengubah ruang kota dengan meningkatkan kualitas dan estetika dengan bentuk menggelar pameran seni jalanan di ruang publik kota Lodz.

All City Canvas

all city

Lokasi: Mexico City, Mexico

All City Canvas adalah festival seni urban yang lahir di Meksiko dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Beberapa seniman urban terkenal dari berbagai belahan dunia turut ambil bagian, seperti ROA dan Vhils. Mereka mengintervensi dinding-dinding di Mexico City, dan menawarkan ruang terbaik untuk berbagai bakat dari seluruh dunia.

Traffic Design Festival

trafic design

Lokasi: Gdynia, Polandia

Festival ini menekankan pada karya geometri abstrak dan kebanyakan karya menyoroti tema yang muncul di Polandia dan dunia internasional. Traffic Design Festival adalah contoh bagaimana mural hidup di tengah-tengah kota.

Los Muros Hablan

jnvwfrriooucll10zrsm

Lokasi: New York, Amerika Serikat, dan Santurce, Puerto Rico

Berasal dari Puerto Rico, festival ini merambah ke jalanan East Harlem dan South Bronx, New York. Festival berfokus pada yang mewakili diaspora dan pengalaman hispanic. Los Muros Hablan merupakan festival urban internasional di dunia yang menyajikan seni dan musik , menampilkan beberapa seni terbaik yang sebagai jembatan budaya antara NYC dan Puerto Rico.

Fame Festival

fame

Lokasi: Grottaglie, Italia

Terakhir kali diselenggarakan di tahun 2013, festival ini menjadi sarana beberapa seniman menuju tangga ketenaran. Meskipun di selenggarakan dua tahun kebelakang tetapi keberadaan karya masih bisa dilihat hingga saat ini.

Referensi

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *