Film-Film Yang Diangkat Dari Mitologi Nordik

Mitologi Nordik, dilestarikan dalam bentuk teks Islandia kuno disebut sebagai Poetic Edda, yang kemudian dikenal diluar Skandinavia di abad 19. Dengan publikasi yang dikenal luas, cerita mitologi Norse dan legendanya menyebar dan dituliskan di berbagai karya sastra Eropa abad 20. Dewa seperti Thor, Loki, dan Odin sangat familiar di berbagai sastra fantasi, dan mitologi Norse sering dibuat fiksi ilmiah dan produk budaya lainnya, salah satunya film. Kami akan menengok film-film apa saja yang terinspirasi atau terdapat unsur mitologi Nordik didalamnya.

1. Valhalla Rising

Valhalla Rising merupakan film asal Denmark yang dibuat tahun 2009 dengan genre drama adventure disutradarai oleh Nicolas Winding Refn, dan dibintangi Mads Mikkelsen. Film ini mengambil setting waktu 1000 AD dengan seorang ksatria Norse bernama One Eye beserta anaknya yang melakukan perjalanan bersama tentara salib dalam pencarian menemukan tanah suci.

2. The 13th Warrior

The 13th Warrior merupakan film fiksi Amerika yang diangkat dari Novel Eaters of The Dead milik Michael Crichton. Dibintangi Antonio Banderas dan disutradarai John McTiernan film ini bercerita tentang seorang bernama Ahmad ibn Fadlan yang diselamatkan dari perompak Turki oleh sekumpulan Viking.

3. The Mask Sequel

The Mask merupakan film fantasi yang dirilis 29 Juli 1994, dibintangi Jim Carrey, disutradari Chuck Russel, dan diproduksi oleh Dark Horse Entertainment bersama New Line Cinema. Bercerita tentang Stanley Ipkiss yang menemukan topeng Loki yang dapat mengubahnya menjadi The Mask, seorang berwajah hijau dengan kekuatan magis. Film ini memiliki sekuel dengan judul Son of the Mask yang dirilis tahun 2005.

4. Thor Sequel

Thor merupakan film superhero Amerika yang diangkat dari karakter komik buatan Marvel, film ini diproduksi Marvel Studios di tahun 2011, didistribusikan Paramount Pictures, dan dibintangi oleh Chris Hemsworth dan Natalie Portman. Pasti kamu pernah menonton film ini kan? Dan tak perlu lagi kami ceritakan jalan ceritanya. Sekuel film ini dirilis tahun 2013 dengan judul Thor: The Dark World.

5. The Runestone

The Runestone merupakan film horor Amerika yang disutradarai oleh Willard Carroll. Film ini merupakan update dari legenda Ragnarok dimana Fenrir keluar dari dalam runestone yang berada di Pennsylvania, Amerika Serikat, dan membunuh banyak orang.

Itulah Crowds, film-film yang terinspirasi dari mitologi Nordik, apakah kamu pernah menonton salah satunya? Beri kami komentar di bawah ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *