Flannel Plaid Shirts on Music Video

Rentang tahun 90’an flannel shirt menjadi fashion item yang populer  saat itu. Group band asal Seattle, Nirvana (yang di motori oleh Kurt Cobain) dan Pearl Jam mempopulerkan kembali kemeja flanel dengan motif kotak-kotak. Masa keemasan grunge saat itu ditandai dengan perubahan pola berpakaian di kalangan anak-anak muda. Tidak ada lagi jaket kulit yang sempat berjaya oleh kalangan glam rock. Trend beralih, mereka beramai-ramai mengenakan kombinasi kemeja flanel, jeans, dan sepatu boots juga sneakers.

Flannel menjadi populer di masa itu, hal tersebut dapat terlihat dalam penggunaanya di berbagai video klip saat itu, bahkan saat mereka tampil secara live. #VideoFriday kali ini kami akan berikan beberapa video dari beberapa band yang kerap menggunakan flannel sebagai fashion item mereka ketika beraksi, siapa saja mereka? Simak videonya di bawah ini.

 

1. Nirvana

Tak bisa dipungkiri sebagai pelopor yang mempopulerkan kembali flannel, Nirvana hampir selalu menggunakan kemeja ini dalam berbagai kesempatan. Termasuk ketika mereka tampil di acara “MTV Unplugged”. Kurt Cobain menggunakan kemeja flannel yang ditutupi zipper wool berwana hijau, termasuk dua additional player menggunakan flannel kotak-kotak.

2. Pearl Jam

Selain Nirvana, Pearl Jam pun terlihat menggunakan flannel dalam setiap kesempatanya, termasuk dalam video klip “Even Flow” . Sang vokalis, Eddie Vedder menggunakan kemeja flannel kotak-kotak berwarna hijau dengan bagian tangan yang sedikit dilipat.

3. The Eagles

Ya, mereka pernah membawakan hits “Hotel California” dengan beberapa personil yang menggunakan kemeja flannel dengan berbagai macam warna dan corak.

4. Gigi

Di Indonesia Sendiri penggunaan flannel dalam video klip dapat terlihat di video klip Janji. Armand Maulana bahkan menggunakan dua flannel sekaligus satu untuk dipakai dan satu lainnya diikatkan di pinggang.

So, gimana Crowds? Video-video tadi seolah menjadi bukti bahwa memang benar kemeja flannel pernah menjadi suatu trend fashion. Lagu-lagu yang ada di video ini pun dibuat rentang waktu tersebut. Sehingga bisa disimpulkan bahwa perkembangan musik selaras dengan fashion yang digunakan saat itu. Apakah kamu setuju Crowds? Atau kamu memiliki video dengan menggunakan flannel yang lebih keren? Beri kami komentar di bawah ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *