Football is a Game About Feelings and Intelligence

Jumat tanggal 5 Desember bertempat di home base mereka lapangan Secaba, tim Mutiara Primavera FC berkesempatan mendapatkan coaching clinic dari Indra Sjafri, salah satu pelatih terbaik Indonesia. Dalam karirnya beliau sempat menangani tim nasional U-12, U-17, dan terakhir U-19. Pelatih asal Sumatra Barat ini pun sering dimintai pendapat oleh para pemain, Indra kerap memberikan “wejangan” agar bersikap mandiri dan tidak tergantung oleh orang lain.

IMG_0507

Coaching clinic berjalan sangat serius dan disiplin. Beliau sering memotivasi para pemain muda, kedekatannya dengan para pemain, dan gaya kepelatihannya yang khas membuat para pemain tidak segan untuk bertanya bagaimana cara bermain sepak bola yang baik. Dengan mendapatkan coaching clinic seperti ini sangat membantu tim agar lebih solid. “Diberikan masukan-masukan dari pelatih berpengalaman sekelas Indra Sjafri, mudah-mudahan kedepannya lebih sering acara seperti ini diadakan seperti roadshow ke tiap daerah agar pemain kita lebih sering mendapatkan pengalaman serta pengetahuan sepak bola dari orang-orang sekelas indra sjafri”, ujar salah seorang pelatih Muver FC.

IMG_0510

Sebetulnya betapa pentingnya pembinaan pemain muda saat ini, yang sangat memegang peranan penting bagi kemajuan dan prestasi sepakbola di suatu negara. Sebagai contoh, Jerman memerlukan waktu 10 tahun lebih untuk menghasilkan tim juara dunia.  Hal tersebut merupakan bukti bahwa keseriusan pada pembinaan kelompok usia dini itu akan  menjadi kunci keberhasilan mereka.

IMG_0529

 

IMG_0563

IMG_0584

 

IMG_0548

Lihat keseriusan mutiara muda ini ketika mendapatkan coaching clinic melalui galeri foto akun flickr Wadezig!.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *